Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Mengandung Kalium Tinggi, Ini 6 Manfaat Kecombrang untuk Kita

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Nikmati manfaat kecombrang dengan mengonsumsinya setiap hari.
Salah satu bahan masakan yang cukup terkenal di kalangan para pecinta kuliner adalah bunga kecombrang. Tanaman rempah ini berbentuk bunga berwarna merah yang dapat tumbuh hingga 5 meter. Nama lain dari bunga kecombrang adalah adalah kantan. Bunga kecombrang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti besi, fosfor, kalium, magnesium, mineral, seng, dan kalsium. Berikut deretan manfaat kecombrang untuk tubuh kita yang perlu kamu ketahui. banner consideration shipping bg blue

1. Membantu Membersihkan Darah



Tubuh manusia memiliki darah kotor yang perlu pembersihan secara rutin agar metabolisme tubuh tidak terganggu. Kecombrang memiliki senyawa alami yang bermanfaat untuk membersihkan darah kotor dalam tubuh. Dengan begitu, darah yang mengalir pada tubuh tidak akan membawa virus atau bakteri berbahaya.

Darah kotor biasanya juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat di wajah maupun bagian tubuh lainnya. Untuk itu, pembersihan darah kotor sangat diperlukan oleh tubuh. Darah yang bersih tentu akan memberi pengaruh baik bagi tubuh kita.

2. Menguatkan Tulang dan Gigi



Seperti yang diketahui kecombrang memiliki kandungan mineral, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng. Kelima bahan aktif yang ada pada kecombrang ini diketahui dapat memperkuat tulang dan gigi. Untuk anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan, mengkonsumsi kecombrang akan membantu tumbuh dan kembang si anak.

Tidak hanya baik untuk anak kecil saja, orang dewasa yang rutin mengkonsumsi kecombrang mampu meminimalisir pengeroposan tulang yang umumnya terjadi di masa tua.

3. Mencegah Dehidrasi



Keadaan dimana tubuh kekurangan asupan air atau dehidrasi sering terjadi yang mengakibatkan proses metabolisme tubuh tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Meski terlihat sepele, dehidrasi bisa menempatkan tubuh dalam keadaan bahaya. Untuk itu, perlu nutrisi dan asupan air yang cukup agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.
banner consideration promotion bg blue
Bunga kecombrang yang kaya akan kandungan mineral dan air dalam tubuh dipercaya ampuh meminimalisir terjadinya dehidrasi. Dengan tingginya kandungan mineral dan air ini, bunga kecombrang bisa menjadi asupan gizi pendamping yang tepat selain air putih.

4. Memperlancar ASI



Manfaat kecombrang yang satu ini khusus untuk ibu-ibu yang sedang dalam tahap menyusui. Seorang ibu yang masih dalam tahap menyusui membutuhkan lebih banyak asupan makanan yang bisa memperlancar ASI. Sebagai sumber makanan bagi anaknya yang baru lahir, asupan ASI tidak boleh sampai terhambat.

Salah satu cara memperlancar ASI adalah dengan mengkonsumsi bunga kecombrang secara rutin. Bunga kecombrang ini bisa diolah menjadi makanan yang lezat atau penyedap tambahan yang biasa dipakai untuk memasak.

5. Sebagai Makanan Pendamping Diet



Sedang menjalani diet sehat untuk menurunkan berat badan? Bunga kecombrang bisa menjadi makanan pendamping yang tepat. Bunga kecombrang memiliki kadar lemak yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan diet sehat.

Tidak hanya memiliki kandungan lemak yang rendah, bunga kecombrang juga dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar.

6. Menyembuhkan Luka dan Mengobati Batuk



Bunga kecombrang dapat digunakan untuk menyembuhkan luka luar. Di Thailand dan Malaysia, tunas muda serta kuncup bunga kecombrang biasa dikonsumsi mentah karena khasiatnya sebagai obat yang cukup manjur. Rebusan bunga kecombrang diketahui dapat mengobati sakit dan menyembuhkan luka.

Tidak hanya bagian kuncup dan tunas saja, bagian batang dari bunga kecombrang ini juga dapat digunakan sebagai obat batuk.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Demikianlah daftar manfaat kecombrang untuk tubuh kita. Meski memiliki banyak manfaat dan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, sebaiknya tidak mengkonsumsi bunga kecombrang dalam porsi yang berlebihan.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.