Mengenal 5 Emosi Positif Di Dalam Diri Anda Lebih Baik

Pada sebuah penelitian membuktikan jika emosi positif dapat memicu untuk meningkatkan kesehatan fisik, memupuk kepercayaan, serta kasih sayang. Selain itu akan menjauhkan depresi, membantu memulihkan dari stres, dan mematahkan amarah karena emosi negatif. Merasakan emosi baik setiap hari memiliki fungsi sebagai nutrisi kesehatan pada diri.

Apa yang terjadi dalam diri dengan emosi baik hari ini tidaklah terbatas untuk hari ini saja, melainkan berpengaruh untuk hari berikutnya bahkan membantu kesehatan bulan depan. Emosi merupakan reaksi terhadap situasi tertentu yang dilakukan oleh tubuh. Sesuatu hal yang mempunyai kaitan dengan aktivitas berpikir atau kognitif seseorang. Emosi sebagai sifat dan intensitas dihasilkan karena hasil dari persepsi mengenai situasi yang terjadi.

Salah satu aspek yang mempunyai pengaruh besar atas sikap manusia selama ini adalah emosi. Ada dua aspek lain yang ikut mengiringi, yakni adanya daya pikir atau kognitif serta psikomotorik atau konatif. Emosi termasuk dalam aspek afektif sebab sebagai hasil dari penentuan sikap yang menjadi salah satu predisposisi juga perilaku manusia.

Salah satu cara untuk meningkatkan dan mengembangkan kematangan emosi di diri adalah pengetahuan yang mendalam tentang emosi sendiri. Kurang pemahaman terhadap aspek emosi pada diri akan cenderung mempunyai sifat negatif terhadap emosi. Sehingga, tidak mengetahui emosi apa yang sedang dirasakan.

Emosi pada diri dapat terjadi karena berasal dari sumber-sumber yang bisa memicunya. Seperti kepribadian, kualitas tidur, olahraga, stres, gender, usia, aktivitas sosial, dan suasana hari dalam seminggu serta waktu dalam sehari.

Emosi positif atau positive emotion sebagai suatu perasaan bahagia yang biasanya tergambar pada diri seseorang. Akan tetapi, perasaan emosi sebenarnya mencakup jangkauan yang luas. Nah, di bawah ini beberapa positive emotion pada diri yang perlu dikenali :

1. Sukacita atau Gembira

Emosi positif yang pertama adalah gembira. Perasaan gembira secara harfiah mempunyai arti sama dengan bahagia. Tetapi, kalau dalam penggambaran perasaan suka cita hanya terjadi dalam waktu cukup singkat. Bisa jadi suka cita ada dalam momen-momen tertentu saja. Seperti melihat senyuman bayi baru lahir, pergi mengunjungi tempat wisata, dan lainnya.

2. Tenang

Perasaan riang yang mellow dan santai merupakan penggambaran dari rasa tenang. Kemunculan perasaan tenang ini apabila diri sedang merasakan kedamaian serta dalam keadaan memanjakan diri berlibur maupun melakukan hobi. Perasaan ini mendorong untuk menikmati sesuatu, mengevaluasi, dan memahami diri sendiri dengan lebih baik.

3. Humor

Menonton sesuatu yang lucu akan membuat diri terhibur dan tertawa. Acara-acara seperti komedi di televisi maupun channel lain bisa menjadi hiburan dan banyak disukai. Hal ini sebagai cara mudah dalam mempererat dan memperkuat hubungan diri dengan orang lain.

4. Bersyukur

Perasaan yang memotivasi diri seseorang untuk membalas sesuatu melalui berbagai cara adalah rasa syukur. Bukan hanya sekedar ucapan terima kasih, namun mempunyai makna yang lebih mendalam dan berkesan. Rasa emosi ini untuk menyadarkan seseorang menjadi diri pribadi lebih baik lagi.

5. Bangga

Apabila ingin mencapai sesuatu yang diinginkan tentu tidak selalu mudah. Dipastikan membutuhkan ketekunan, kerja keras, dan waktu. Jika, sudah berjuang keras dan pada akhirnya berhasil, sudah pasti akan merasa bangga pada diri sendiri. Rasa bangga dalam usaha akan membantu mengenal kemampuan dan memotivasi diri untuk masa depan.

Mengenal dan mengetahui emosi positif dalam diri tentu akan membuat seseorang tidak mudah menyerah dan putus asa. Perasaan itu akan memicu untuk meningkatkan kualitas diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami