Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Mengenal Analisis Laporan Keuangan dan Manfaatnya

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Analisis laporan keuangan penting dipelajari untuk mengembangkan usaha.

Analisis laporan keuangan sangat penting bagi sebuah badan usaha. Baik itu usaha kecil hingga berskala besar. Hasil analisis tersebut nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan terkait jalannya usaha. Maka dari itu, bagi Lemonizen yang sedang atau baru mau menjalankan usaha, sebaiknya perlu untuk mengenal hal ini lebih lanjut. Mulai dari definisinya sampai manfaat analisis laporan keuangan. Simak di bawah ini.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan


Menganalisa laporan keuangan merupakan sebuah kegiatan menilai, mengidentifikasi, dan membandingkan. Tujuannya adalah untuk mengetahui data laporan keuangan yang ada dari tahun ke tahun. Laporan keuangan yang seharusnya dianalisis antara lain neraca, laba rugi, cash flow, perubahan modal, dan lainnya. Semua yang berkaitan dengan keuangan tercantum dalam objek analisis.


Selain itu, perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi keuangan. Misalnya, inflasi, pajak, tingkat suku bunga, kondisi pandemi, dan lainnya. Johar Arifin dalam buku “Cara Cerdas Menilai Kinerja Perusahaan” berpendapat, bahwa analisa laporan keuangan adalah sebuah proses penelaahan dan pembedahan berbagai unsur dalam laporan keuangan. Sedangkan, dalam bahasa Inggris menyebutnya dengan nama financial analysis.

Manfaat Analisis Laporan Keuangan


Setelah memahami pengertiannya, selanjutkan kamu harus tahu manfaatnya. Terdapat beberapa manfaat yang perlu diketahui, berikut ini penjelasannya.

1. Mengetahui Relasi Antar Usaha

Ketika menjalankan sebuah usaha, terkadang terdapat rekan bisnis untuk memperlancar kegiatan usaha. Keduanya tentu akan saling menguntungkan. Menganalisa laporan keuangan yang masuk dari kerja sama juga termasuk hal penting. Dengan begitu, bisa memastikan bahwa hubungan keduanya terjalin baik dan keuangan stabil. Jika seandainya mengalami penurunan, maka bisa segera mencari solusi di antara keduanya.

2. Mengetahui Beberapa Kelemahan pada Bisnis

Laporan keuangan tentu akan menampilkan diagram atau grafik pada uang yang masuk dan keluar. Dari laporan tersebut, bisa melihat titik kelemahan berada di mana, sehingga bisa memperbaikinya. Kelemahan pada suatu usaha akan membuat timpang sehingga menyebabkan kerugian. Maka dari itu, setidaknya bisa menstabilkan semua aspek yang berhubungan dengan keuangan.

3. Mengetahui Posisi Keuangan pada Periode Tertentu

Dengan menganalisa laporan keuangan, maka bisa melihat posisi keuangan dari tahun ke tahun. Kemudian, melakukan penilaian terhadap faktor yang memengaruhi naik turunnya. Dengan begitu, keputusan yang diambil dalam perencanaan berikutnya bisa lebih baik. Hal ini akan membuat suatu usaha mengalami perkembangan dan kemajuan.

4. Melakukan Perencanaan untuk Kedepannya

Salah satu manfaat analisis adalah bisa memperkirakan kondisi keuangan kedepannya seperti apa. Meskipun apa yang terjadi di masa depan belum pasti, tetapi sedikit banyak hal ini akan membantu. Dengan begitu, bisa melakukan perencanaan untuk meningkatkan uang yang masuk. Dengan perencanaan yang matang, maka kemungkinan besar akan tercapai sesuai prediksi.

5. Evaluasi Kinerja Karyawan

Karyawan pada suatu usaha biasanya dikelompokkan ke beberapa bagian. Mengenai jumlahnya tergantung usaha atau bisnis apa yang sedang dijalankan. Lalu, mengapa analisis keuangan berhubungan dengan kinerja karyawan?


Hal itu karena tarik turunnya posisi keuangan juga dipengaruhi oleh prestasi karyawan. Khususnya pada bagian marketing. Jika pekerjaannya baik dan mencapai target, maka keuangan akan stabil.

Begitu pula sebaliknya, jika tidak bisa mencapai target, keuangan akan mengalami penurunan. Hal itu bisa saja berdampak pada bisnis tersebut. Dengan begitu, bisa segera melakukan penanganan atau perbaikan.

6. Menggali Informasi Lebih Banyak

Informasi tentang strategi, perbaikan, dan lainnya bisa ditemukan lebih lengkap jika melakukan analisa laporan keuangan. Hal itu karena laporan keuangan merupakan inti dari sebuah usaha atau bisnis.


Itulah beberapa manfaat dari analisis laporan keuangan yang sangat penting untuk diketahui. Sebab, terkadang sebuah bisnis hanya mendata keuangan tanpa melakukan analisa. Padahal, pengusaha perlu melakukan analisis laporan keuangan untuk menjadikan usaha lebih maju. Jadi, jika kamu memiliki usaha, jangan lupa untuk melakukan analisis pada keuangan usaha kamu, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.