Mengenal Aneka Jenis Diet dan Menu Makanan Diet Sehat Alami

14 Feb 2017 @ 17:13:48
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Menu Makanan Diet Sehat Alami

Tujuan Diet Sehat

Diet identik dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Padahal, sebenarnya ada beberapa tujuan seseorang menjalankan diet sehat. Selain untuk menurunkan berat badan, menjalankan diet sehat juga dapat bertujuan untuk membentuk tubuh, meningkatkan berat badan, dan menjaga kualitas kesehatan. 

Untuk menjalankan diet sehat alami, diperlukan pengaturan pola makan yang tepat. Makanan diet sehat yang dikonsumsi bergantung pada tujuan dilakukannya diet. Hal ini penting untuk diperhatikan karena menu makanan diet sehat sangat menentukan hasil diet sehat yang ingin dicapai.

Jenis Diet Sehat Alami untuk Menurunkan Berat Badan

Diet sehat yang bertujuan untuk menurunkan berat badan merupakan tujuan diet yang paling populer. Oleh karena itu, tak heran jika saat ini terdapat begitu banyak jenis diet sehat yang bertujuan untuk menurunkan berat badan. Nah, jika saat ini Anda tengah berupaya untuk mengurangi bobot tubuh, beberapa jenis diet sehat berikut ini mungkin dapat membantu Anda:

  • Diet vegan
    Para pelaku diet sehat satu ini tidak mengonsumsi aneka makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, susu, keju, yoghurt, mayones, madu, dan aneka produk turunan lainnya. Beberapa pelaku diet vegan bukan hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan atau menjaga kualitas kesehatan saja, mereka juga ingin menjaga lingkungan dengan menghindari konsumsi produk-produk hewani.

  • Diet Keto
    Diet sehat ini dilakukan dengan cara mengonsumsi menu makanan diet sehat rendah karbohidrat atau bahkan tanpa karbohidrat sama sekali. Karena tidak adanya asupan karbohidrat, tubuh akan berada pada kondisi ketosis. Akibatnya, gula darah menjadi drop dan tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Diet ini cocok dilakukan oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas.

  • Diet Mayo
    Diet sehat ini dijalankan hanya dalam waktu dua minggu saja dan menawarkan penurunan berat badan yang cukup signifikan. Pantangan diet ini hanyalah konsumsi garam dan makanan yang digoreng. Selain itu, pelaku diet sehat ini juga harus mengimbangi dietnya dengan olahraga teratur dan minum air putih delapan gelas sehari.

  • Diet South-Beach
    Jenis diet sehat satu ini bisa disebut juga dengan diet rendah karbohidrat termodifikasi. Diet sehat ini mengutamakan makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak sehat.

  • Diet Mediteranian
    Sebagian besar makanan yang dikonsumsi oleh para pelaku diet sehat ini berupa tanaman seperti sayuran, buah-buahan, kentang, biji-bijan utuh, dan kacang kacangan. Mereka tetap mengonsumsi yoghurt, keju, susu, dan telur, namun dalam porsi kecil. Konsumsi ikan atau jenis seafood lainnya dilakukan dua kali seminggu. Konsumsi lemak sehat juga sangat dianjurkan dalam program diet sehat ini. Daging merah dan gula boleh tetap dikonsumsi namun hanya sesekali saja.

Menu Makanan Diet Sehat Alami

Jika Anda merasa kesulitan memilih salah satu dari berbagai jenis diet sehat di atas, atau mungkin Anda hanya ingin menjaga kesehatan tanpa target berat badan tertentu, maka cukup jalankan pola makan yang sehat setiap hari. 

Hindari konsumsi makanan yang tidak sehat dan konsumsi menu makanan diet sehat alami dalam porsi yang seimbang. Berikut ini adalah aneka jenis makanan diet sehat alami yang bisa Anda konsumsi sehari-hari:

  • Sayuran
    Sayuran kaya akan serat, vitamin, dan mineral, serta tidak mengandung lemak   sehingga sangat cocok dikonsumsi jika Anda ingin menjalankan diet sehat. Beberapa sayuran sangat baik dikonsumsi secara mentah, akan tetapi ada juga jenis sayuran yang justru baik dikonsumsi setelah dimasak seperti tomat. Makanan diet sehat berwarna merah ini mengandung lycopene yang justru mudah diserap tubuh jika telah mengalami proses pemanasan.

  • Buah-buahan
    Buah-buahan juga merupakan makanan diet sehat yang tidak mengandung lemak. Kandungan vitamin, mineral dan seratnya yang tinggi juga sangat membantu dalam upaya menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan pencernaan. Buah paling baik dikonsumsi secara langsung setelah dipotong-potong. Akan tetapi, jika Anda kurang menyukai konsumsi buah dalam bentuk potongan, makanan diet sehat ini dapat diolah terlebih dahulu dalam bentuk jus. Hindari penggunaan banyak gula agar jus buah yang Anda konsumsi tidak justru menambah asupan kalori dalam diet sehat Anda.

  • Biji-bijian utuh
    Makanan diet sehat ini kaya protein, serat, dan vitamin. Selain gandum utuh atau jagung, jenis biji-bijian utuh lain yang bisa Anda konsumsi adalah kacang kacangan. Hindari penambahan garam, gula, dan pengolahan dengan minyak atau sumber lemak lainnya agar kesehatan makanan diet ini tetap terjaga.

  • Daging tanpa lemak
    Daging merupakan sumber protein terbaik bagi tubuh, Hanya saja, makanan diet sehat ini bisa berubah menjadi makanan jahat jika Anda menyertakan lemak daging dan lemak tambahan dalam penyajiannya. Maka dari itu, pilihlah daging tanpa lemak danhindari memasaknya dengan minyak atau mentega agar tidak menambah kandungan lemak jahatnya.

  • Oatmeal
    Oatmeal kaya akan serat dan dapat membantu menyerap lemak dalam tubuh. Oleh karenanya, makanan diet sehat ini sangat baik dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari. Anda boleh mencampurkan buah-buahan segar dan susu rendah lemak untuk memperkaya rasa dan kandungan nutrisinya. Namun, hindari penambahan gula berlebih agar kandungan kalorinya tidak meningkat.

  • Ikan
    Makanan diet sehat yang satu ini kaya akan protein dan omega-3 yang baik bagi tubuh. Walaupun mengandung lemak, akan tetapi lemak yang terkandung di dalam ikan merupakan lemak sehat yang dapat membantu melawan lemak jahat dalam tubuh. Namun, masaklah ikan dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang tanpa minyak agar manfaat sehat dari makanan ini tetap optimal.

Artikel Terkait

Oleh V. Istarinda
Diet Ketogenic atau yang terkenal dengan “diet keto” merupakan salah satu jenis diet yang sedang naik daun di Indon..
Oleh S. Nurfauzia
Kamu sedang ingin menurunkan berat badan?Lakukan 3 kunci rahasia mudah dalam menurunkan berat badan berikut ini. Dengan ..
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Kebiasaan menikmati cemilan dianggap sebagai salah satu penyebab peningkatan berat badan. Padahal, anggapan tersebut tid..