Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Mengenal Arti Mood Swing Secara Mendalam Di Sini

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Mood swing artinya suasana hati yang berubah dengan cepat.

Pada dasarnya, mood swing artinya adalah perubahan suasana hati secara mendadak atau dalam kurun waktu sangat singkat. Beberapa penderitanya akan merasa kebahagiaan yang teramat dalam hatinya, kemudian selang beberapa waktu perasaannya itu bisa berubah drastis dikarenakan suatu sebab. Dalam hal ini, sebab perubahan mood seseorang cukup beragam.


Mulai dari stres, kadar gula dalam darah yang tinggi, riwayat penyakit psikologis seperti bipolar disorder, terlalu banyak begadang, hingga datangnya tamu bulanan bagi kaum wanita. Berdasarkan pendapat dari buku Psikologi Abnormal, gangguan perubahan mood dibagi dalam 2 jenis, yakni:

1. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar adalah suatu gangguan psikologis yang ditandai dengan perubahan mood seseorang dari perasaan senang yang ekstrem dan bisa tiba-tiba bergerak turun sehingga mengalami kondisi depresi ekstrem, atau sebaliknya.


Di satu sisi, penderitanya bakal merasakan euforia atau kebahagiaan hanya karena ini adalah hari tertentu, tanpa disertai dengan momen kebahagiaan lainnya. Acap kali disertai dengan perilaku menuntut, dan bahkan cenderung memperlihatkan penilaian yang buruk, senang memperolok orang lain, hingga sangat argumentatif kepada orang lain.


Di sisi lainnya, mereka bisa menjadi sangat dermawan dan memberikan sejumlah kontribusi ataupun melakukan suatu hal melebihi kapabilitas mereka. Saat dalam episode manik (perasaan senang-ekstrem), biasanya seseorang bakal mengalami peningkatan self-esteem. Mulai dari rasa percaya diri yang meningkat tajam, halusinasi, hingga deliso. Sebagai contoh, bisa saja orang tersebut meyakini dirinya sendiri sebagai titisan dari Tuhan. Gangguan bipolar sendiri terbagi menjadi 2 tipe, yakni bipolar I dan bipolar II.

2. Gangguan Siklotimik

Gangguan siklotimik diartikan sebagai gangguan mood kronis yang meliputi beberapa episode hipomanik dan periode mood tertekan atau hilangnya keinginan seseorang untuk melakukan suatu aktivitas. Akan tetapi, tingkat keparahannya tidak memenuhi kriteria episode depresi-mayor.


Gangguan siklotimik biasanya bermula pada akhir masa remaja atau dewasa awal, dan bisa berlangsung selama beberapa tahun. Secara umum, episode hipomanik lebih ringan dibandingkan dengan episode manik, serta tidak disertai dengan masalah sosial maupun pekerjaan yang sifatnya berat. Kala episode hipomanik berlangsung, seseorang akan merasa self-esteem nya meningkat, perasaan kewaspadaan tak biasa, lebih mudah gelisah, merasa memiliki energi yang penuh, juga lebih mudah tersinggung dibandingkan biasanya.

Cara Mengendalikan Perubahan Mood

Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan perubahan mood pada kehidupan sehari-hari.

1. Menuliskan Emosi Lewat Buku Diary


Seseorang bisa mencoba menuliskan segala emosi yang dirasakannya berikut respon yang timbul akibat emosi tersebut. Upaya ini bertujuan untuk lebih menyadari jenis emosi dan perasaan yang dirasakan kala episode rasa itu terjadi. Cobalah untuk menuliskan hari atau tanggal kejadian tersebut berlangsung, bagaimana bentuk pikiran yang muncul saat menghadapinya, jenis emosi yang dirasakan, serta respon perilaku yang dimunculkan saat merasakan emosi itu, juga dampak yang terjadi dari perilaku tersebut.

2. Rutin Berolahraga


Olahraga diklaim ampuh meningkatkan perasaan positif dan menurunkan emosi marah, lelah, atau tegang secara signifikan. Terutama bagi orang-orang yang sedang menghadapi kondisi mood depresi. Adapun untuk jenis olahraga yang bisa dipilih sejatinya cukup beragam, mulai dari berenang, berlari, mengangkat beban, bersepeda, sampai yoga.

3. Istirahat Cukup dan Berkualitas dan Meditasi


Kurangnya waktu istirahat bisa menjadi penyebab timbulnya masalah pada mood seseorang. Maka dari itu, usahakan untuk istirahat dengan cukup agar terhindar dari mood swing. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan meditasi. Melakukan meditasi secara rutin bisa menurunkan mood negatif seseorang, sekaligus meningkatkan fokus dan kinerja memori terhadap suatu hal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.