Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Mengenal Attention Deficit Disorder (ADD) dan Gejalanya

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
ADD adalah gangguan kesehatan mental yang harus diketahui gejala-gejalanya.

ADD adalah kelainan yang membuat seseorang kesulitan dalam mengontrol tindakannya. Sering kali, anak yang memiliki gangguan ADD dianggap sebagai anak yang malas. Hal ini dikarenakan mereka nampak tidak bisa memperhatikan guru di kelas dengan baik dan tidak bisa menyelesaikan tugas yang diberikan.


Selain itu masih banyak sekali yang menyamakan ADD dengan ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. ADD pada dasarnya merupakan bagian dari ADHD. Agar lebih tepat, yuk cari tahu informasi lebih lengkap mengenai ADD dalam pembahasan berikut ini.

Apa itu ADD?


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Attention Deficit Disorder atau ADD adalah gangguan perkembangan yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk fokus pada sesuatu atau kesulitan untuk memperhatikan situasi atau sebuah wacana. Penderitanya juga akan sulit mengendalikan tindakannya.


Pada umumnya, munculnya ADD dapat mulai diketahui sejak masa kanak-kanak. ADD merupakan bagian ADHD dan keduanya bukanlah hal yang sama. Karenanya, kondisi ini bergantung pada gejala yang muncul serta hasil diagnosa dari dokter.

Apa Penyebab ADD?


Pada dasarnya penyebab ADD belum dapat diketahui secara pasti. Namun, menurut hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti, munculnya ADD bisa jadi merupakan akibat adanya perbedaan respons kimiawi, struktur, dan jaringan pada otak. Sering kali, hal tersebut dipengaruhi oleh faktor genetik.


Bukan hanya itu saja, hasil penelitian juga menunjukkan adanya kelainan kerja neurotransmiter otak penderita ADD. Selain itu, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, stres, dan gaya hidup yang buruk selama hamil, serta cedera otak traumatis juga dicurigai sebagai penyebab munculnya ADD.

Apa Saja Gejala Umum ADD?


Berikut ini beberapa gejala yang secara umum muncul pada seorang pasien dengan Attention Deficit Disorder. Gejala ini bisa semakin memburuk jika penderita tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

1. Sulit Mengikuti Instruksi dan Sulit Fokus Pada Tugas

Karena memiliki kesulitan untuk memperhatikan sesuatu, penderita ADD umumnya tidak bisa menjalankan instruksi dengan baik. Mereka juga tidak dapat mengerjakan tugas dengan benar karena kesulitan untuk memfokuskan diri.

2. Sering Mengalami Masalah di Sekolah dan Prestasi Rendah

Sebagian besar anak penderita attention deficit disorder juga tidak mampu mengikuti pembelajaran dengan baik. Inilah mengapa ada banyak kasus dimana anak ADD berulang kali mengalami masalah di sekolahnya.

3. Senang Melamun dan Pelupa

Salah satu gejala ADD yang paling mencolok adalah kecenderungan penderitanya untuk melupakan berbagai hal dan suka melamun. Inilah yang kemudian membuat penderitanya tidak fokus dalam sebuah pembicaraan atau situasi di sekitarnya.

4.Tidak Mampu Memperhatikan Detail

Akibat lain dari sulitnya untuk berfokus pada sesuatu adalah tidak mampu memperhatikan detail. Ini menjadikan anak sulit untuk mengerjakan tugas yang membutuhkan narasi atau data terperinci. Anak juga menjadi lebih ceroboh.

Bagaimana Cara Mengatasi ADD?

Salah satu cara untuk mengatasi gangguan ADD yaitu dengan memberikan obat stimulan. Obat ini akan membantu penderitanya untuk tetap fokus. Sayangnya, beberapa jenis obat juga membawa efek samping yang membahayakan. Karena itu banyak yang merasa enggan untuk menggunakan obat tersebut.


Kebanyakan dokter dan para ahli psikologi anak pun lebih menganjurkan untuk melakukan intervensi perilaku. Hal ini bermanfaat untuk mengajarkan keterampilan perilaku adaptif pada anak. Selain itu juga berguna untuk mengurangi perilaku sulit fokus yang dimilikinya.


Jika hal ini dilakukan secara konsisten, perawatan intervensi perilaku dapat menghasilkan peningkatan konsentrasi dan fokus anak secara permanen. Karena ADD adalah kelainan yang membutuhkan penanganan khusus dan tidak bisa langsung dihilangkan begitu saja. Intinya, segera konsultasikan pada dokter seputar kondisi ADD ini, ya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.