Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Mengenal Bulimia Nervosa, Penyebab dan Gejala

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Bulimia nervosa penting diketahui penyebab dan gejalanya.

Sebagian orang pasti pernah atau sedang mengalami gangguan makan. Salah satunya yang sering terjadi adalah bulimia nervosa, yang merupakan gangguan mental yang cukup membahayakan nyawa penderitanya. Gangguan makan satu ini biasanya ditandai dengan kecenderungan seseorang memuntahkan atau mengeluarkan secara paksa makanan yang sudah dikonsumsinya.


Gangguan bulimia nervosa bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun remaja yang merasa tidak puas dengan bentuk tubuhnya atau berat badannya. Kebanyakan dari mereka cenderung merasa kurang percaya diri dengan tubuhnya sendiri. Akibatnya,  penderita bulimia nervosa kerap kali melakukan cara yang kurang sehat dalam menurunkan berat badannya.


Mengeluarkan makanan yang sudah dikonsumsi secara paksa memang sebuah cara yang salah dalam menjaga berat badan tetap ideal. Cara paling baik yang dianjurkan yakni dengan mengonsumsi makanan sehat dan menjaga pola makan secara teratur. Lalu, apa saja gejala dari bulimia nervosa?

Gejala Bulimia Nervosa


Gangguan makan ini termasuk jenis penyakit mental yang memengaruhi perilaku makan seseorang. Sebagian besar memang dialami oleh perempuan  dan remaja dewasa di usia muda yang dituntut untuk menjaga bentuk tubuh. Meskipun sebagian besar dialami oleh kalangan perempuan, gangguan makan ini juga bisa dialami oleh kalangan laki-laki. Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami bulimia nervosa berikut tanda atau gejala yang biasanya terjadi:

  • Terlalu memikirkan berat badan dan bentuk tubuh secara berlebihan.
  • Muncul rasa takut dan cemas berat badannya naik.
  • Biasanya suka menyendiri dan menghindari orang-orang di lingkungannya.
  • Merasa kurang percaya diri.
  • Cenderung tidak nyaman makan di hadapan orang lain atau di tempat umum.
  • Mengalami radang tenggorokan, perut kembung, gigi rusak, bau mulut, atau mengalami pembengkakan pada pipi dan rahang.
  • Tubuh terasa lemah tidak seperti sebelumnya.
  • Setelah mengonsumsi makanan cenderung memaksakan diri untuk mengeluarkan semua isi perut dengan cara dimuntahkan, menggunakan obat pencahar dan obat diet, atau memaksakan diri untuk melakukan berolahraga berat.
  • Mengonsumsi suplemen khusus untuk diet secara berlebihan.
  • Kebiasaan buang air besar yang semakin berkurang.
  • Tangan berkeringat tapi tubuh terasa kedinginan.
  • Kuku mudah mengelupas dan rapuh disertai kulit kering.
  • Luka pada tubuh sulit sembuh.

Ketika seseorang mengalami gejala-gejala di atas sebaiknya segera melakukan konsultasi dengan dokter gizi. Dokter gizi akan memberikan solusi dan cara yang tepat untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Biasanya penderita gangguan makan ini tidak menyadari dirinya mengalami bulimia nervosa tapi orang di sekitarnya akan dengan mudah mengenali gejala-gejala tersebut.

Penyebab Bulimia Nervosa


Masih belum diketahui penyebab gangguan makan ini secara pasti tapi ada beberapa faktor yang disinyalir memicu seseorang menderita bulimia nervosa yaitu:

  • Faktor keturunan, seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang menderita gangguan makan satu ini akan berisiko mengalami hal yang sama.
  • Faktor psikologis, penyebab paling utama seseorang mengalami bulimia nervosa yaitu karena mengalami gangguan emosional dan psikologis, seperti depresi, mengalami gangguan stres pasca trauma atau PTSD, dan obsessive compulsive disorder atau OCD.
  • Faktor lingkungan, pengaruh tekanan dari orang-orang di sekelilingnya terkait dengan kebiasaan makan, berat badan, dan bentuk tubuh membuat seseorang mengalami gangguan makan satu ini.

Selain ketiga faktor tersebut, penderita bulimia nervosa juga bisa terjadi karena tuntutan pekerjaan, seperti pada beberapa kasus kebanyakan penderitanya dari kalangan model yang dituntut harus memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang ideal.


Itulah informasi tentang gejala dan penyebab bulimia nervosa. Bagi penderita gangguan makan ini, harus segera mendapatkan penanganan ahli atau profesional. Segera konsultasikan ke dokter ya, apabila kamu sudah mengalami gejala bulimia nervosa di atas.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.