Chia Seed, Si Kecil Kaya Manfaat

17 Mei 2017 @ 12:01:01
Oleh OT Handoko
Chia Seed, Si Kecil Kaya Manfaat

Chia seed atau biji chia merupakan salah satu jenis makanan paling sehat di dunia yang sedang menjadi perbincangan belakangan ini. Kecil, namun menyimpan banyak kandungan alami penting untuk tubuh Anda seperti serat, protein, dan karbohidrat. Kandungan seratnya yang tinggi cukup ampuh dalam menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan.   

Untuk mengonsumsi chia seed, Anda sebaiknya terlebih dahulu merendamnya untuk beberapa saat. Bentuknya yang kecil akan mengembang setelah direndam beberapa saat di dalam air. Di dalam perut, bentuk chia seed akan mengembang lagi. Itulah sebabnya Anda akan merasa kenyang lebih lama ketika menyantap makanan ini.  

Selanjutnya, Anda bisa mencampurkannya dengan makanan dan minuman favorit Anda. Rasanya yang cenderung hambar tidak akan mengubah rasa dari makanan dan minuman yang Anda nikmati bersama chia seed

Lalu, apakah sebenarnya chia seed itu dan apa saja khasiatnya? 

Chia seed berasal dari tanaman Salvia hispanica L. yang secara alami tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Pada masa peradaban Aztec, jenis biji-bijian ini dikonsumsi oleh para prajurit Aztec untuk memberikan tenaga dan ketahanan tubuh. Satu sendok chia seed diyakini mampu mendukung aktivitas tubuh mereka selama 24 jam. 

Di dalam bahasa Maya, chia berarti “kekuatan”. Oleh karena itu, jenis makanan ini sering digunakan oleh para pelari dan prajurit suku Maya sebagai ‘bahan bakar’ untuk berlari jauh dan saat perang.

Manfaat chia seed tersebut tidak terlepas dari kandungan alami yang terkandung dalam chia seed. Dalam 100 gram penyajian, chia seed mengandung:

34.4 gr serat

16.5 gr protein

30.7 gr lemak

631 mg kalsium

2.72 mg mangan

335 mg magnesium

860 mg fosfor. 

Selain itu, chia seed juga diketahui mempunyai kandungan vitamin (A, B, E, dan D), mineral (sulfur, zat besi, yodium, niasin, dan tiamin) dan antioksidan. Melihat begitu banyak zat dan senyawa yang terkandung dalam chia seed, tak heran jika biji-bijian ini banyak digunakan dalam program diet sehat.   

Jadi, apa saja manfaat chia Seed?

Anda yang menyukai makanan organik tentu pernah mencari tahu atau mendengar manfaat dan superfood ini. Chia seed yang kaya akan nutrisi penting bagi tubuh memiliki manfaat dan khasiat sebagai berikut: 

1. Chia Seed Baik Untuk Kesehatan Kulit & Mencegah Penuaan Dini

Suatu penelitian dari Meksiko mengungkapkan bahwa chia Seed kaya akan antioksidan yang mampu menangkal hingga 70% aktivitas radikal bebas. Kekayaan antioksidan ini mampu mempercepat regenerasi kulit dan mencegah Anda dari resiko penuaan dini. 

2. Chia Seed Menjaga Kesehatan Pencernaan

Chia Seed memiliki kandungan serat 34.4 gram dalam setiap 100 onsnya yang cukup untuk membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan Anda. Hal ini diperkuat oleh penelitian American Dietetic Association yang mengatakan bahwa konsumsi 100 gram chia seed mampu mencukupi kebutuhan serat harian tubuh Anda. 

3. Chia Seed Membantu Menurunkan Berat Badan

Tak hanya kaya serat, chia seed juga merupakan sumber makanan yang rendah kalori. Untuk itu, Anda tidak perlu takut gemuk ketika mengonsumsi makanan ini. Tak hanya itu, chia seed juga mengandung asam lemak omega 3 dan alpha-linoleic yang juga berguna untuk mempercepat penurunan berat badan.

4. Chia Seed Menjaga Kesehatan Jantung

Chia seed mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat (LDL), dan peradangan. 

5. Chia Seed Membantu Menguatkan Tulang & Gigi

100 gram chia seed mengandung 631 mg Kalsium yang cukup untuk menguatkan tulang dan gigi Anda. Anda juga sebaiknya memberikan chia seed untuk anak-anak Anda untuk mendukung pertumbuhannya. Chia Seed juga mengandung Boron, sebuah zat yang membantu mengolah kalsium, magnesium, mangan, dan fosfor dalam tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot. 

Selain manfaat diatas, chia seed juga diketahui baik untuk penderita diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi mampu mengontrol gula darah. Bentuk chia seed yang kecil ternyata mampu mencukupi kebutuhan kalori dan zat penting dalam tubuh Anda. Biar begitu, pengolahan yeng tepat bisa menjaga kandungan nutrisi di dalamnya tetap ada. Tambahkan chia seed ke dalam makanan Anda dan keluarga dan jadilah sehat bersama lemonilo.com!


Cek juga kategori kami: Jual Chia Seed Harga & Manfaat Terbaik

Artikel Terkait

Oleh S Nurfauzia
We hear you! Menyambut hari raya Tahun Baru Islam 1 Muharram dan juga HARPITN..
Oleh OT Handoko & V Istarinda
Sebagai start up healthy lifestyle ecosystem pertama di Indonesia, Lemonilo memiliki misi untuk memastikan seluruh masya..
Oleh OT Handoko
Berbelanja merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk dilakukan. Jelas akan lebih menyenangkan jika setiap pemb..