Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kepribadian Introvert!

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Nov 2021
Clock Icon
4 menit
Kepribadian introvert penting diketahui dan dipelajari sejak dini.

Kepribadian introvert sering kali diartikan dengan karakter yang jarang gaul dan cenderung antisosial. Padahal seseorang yang pemalu dan pendiam tidak bisa diberi label sebagai seseorang yang introvert. Pada dasarnya kepribadian ini hanyalah nyaman memiliki waktu sendiri dan tidak suka banyak bicara.


Karakteristik kepribadian ini lebih fokus kepada pikiran, perasaan serta emosi yang datang dari dalam diri mereka sendiri. Cenderung mengabaikan atau tidak mementingkan rangsangan dari luar diri, seperti orang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Seseorang tidak bisa memilih untuk menjadi introvert atau ekstrovert.


Semua ini dipengaruhi perbedaan pada neurotransmitter yang bertugas menyampaikan pesan antara sel saraf neuron ke sel saraf target. Sayangnya, seseorang yang memiliki kepribadian introvert sering dicap sebagai orang yang sombong. Hal ini disebabkan karena mereka biasanya cenderung cuek dan kurang asyik diajak bercanda. Inilah beberapa ciri seseorang yang memiliki kepribadian introvert:

1. Senang Berimajinasi


Senang menyendiri meskipun tidak melakukan apa-apa bisa menjadi tanda memiliki kepribadian ini. Hanya merenung dan menikmati kesendirian tanpa teman, bahkan disaat berkumpul dengan orang banyak pun cenderung melamun.


Hal ini disebabkan karena imajinasinya yang luar biasa di dalam pikirannya. Penjelajahan batin untuk melepaskan diri dari suasana kurang nyaman dan membosankan. Sehingga orang introvert tidak masalah saat dikucilkan atau tidak memiliki teman sama sekali.

2. Tidak Suka Basa-Basi


Orang dengan kepribadian introvert tidak menyukai basa-basi. Lebih senang membahas tentang sesuatu hal secara mendalam dan tidak heboh. Bukan basi-basi yang ringan tanpa topik yang jelas. Namun bukan berarti mereka ini selalu pendiam dan tidak suka berbicara. Kalau dapat lawan yang tepat mereka akan menjadi teman berbincang yang baik dan menarik.

3. Produktivitas Meningkat Saat Bekerja Sendiri


Melakukan pekerjaan sendirian sangat menyenangkan bagi orang introvert. Karena bisa lebih fokus, sehingga bisa berpikir lebih kreatif dan orisinil. Karena tidak adanya gangguan atau rangsangan dari luar untuk mengerjakan hobi maupun pekerjaannya dengan lancar.


Memiliki pendirian yang teguh dan memiliki komitmen untuk mencapai target adalah salah satu kelebihan yang menguntungkan. Karena tidak mudah terpengaruh dengan pandangan negatif dari luar, biasanya lebih mudah sukses. Bahkan 40 persen pemilik usaha di dunia ini ternyata adalah orang introvert.

4. Menyukai Lingkaran Pertemanan Kecil


Kalau orang ekstrovert menyukai lingkaran pertemanan yang besar, dengan jaringan yang luas. Maka orang dengan kepribadian introvert lebih suka lingkaran pertemanan yang kecil. Memilih bergaul intens hanya dengan orang-orang dekat dan memiliki kesetiaan yang tinggi.


Karakteristik introvert ini memiliki sifat peduli yang tinggi dan dapat menyimpan rahasia dengan baik. Namun berkebalikan dengan sifatnya, orang introvert sulit menemukan orang yang dapat dipercaya karena sikapnya yang penuh kehati-hatian.

5. Tidak Suka Menjadi Pusat Perhatian


Diperhatikan banyak orang bukanlah hal yang menyenangkan. Bahkan sering kali bermasalah dengan tampil di depan umum,  seperti berpidato di panggung atau melakukan pertunjukan. Bahkan bisa mengalami  gemetaran sebelum tampil, namun hal ini bisa diatasi dengan berbagai cara. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak merasa malu dan gemetaran ketika di depan umum adalah:

  • Menggerakan tubuh seperti tangan atau kaki.
  • Tetap tenang dan atur pernafasan. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan. Cara ini bisa diulangi beberapa kali sampai tubuh bisa rileks dan tidak gemetaran lagi.
  • Fokus pada materi yang sudah akan disampaikan.
  • Atur nada bicara dan latih intonasi ketika berbicara.
  • Yakinkan diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja dan harus melakukan yang terbaik.

6. Lebih Suka Menulis Daripada Berbicara


Sulit mengungkapkan pendapat dengan berbicara, orang introvert lebih suka mengungkapkannya dengan menulis. Sehingga bisa menyampaikan detail-detailnya secara terperinci dan benar. Hal ini terjadi karena sebelum menulis bisa dipikirkan terlebih dahulu.


Orang dengan kepribadian introvert juga memiliki kemampuan untuk mendengar, memahami dan memberikan wawasan yang lebih mendalam. Kemampuan ini lebih tinggi dibanding orang biasa karena mampu memproses informasi secara interaktif.


Itulah berbagai ciri dari kepribadian introvert dalam diri seseorang. Jika kamu merasa memiliki berbagai ciri ini, maka besar kemungkinannya jika kamu adalah seorang introvert. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.