Mengenal Manfaat Sehat Minyak Kanola, Zaitun dan Kelapa

24 Okt 2016 @ 14:48:27
Oleh GM Putri
Mengenal Manfaat Sehat Minyak Kanola, Zaitun dan Kelapa

Merasa perlu mengganti jenis minyak untuk memasak aneka santapan bersama keluarga di rumah agar lebih sehat? Ada beberapa jenis minyak yang bisa dijadikan referensi dan alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh sendiri maupun keluarga, antara lain minyak kanola (canola oil), minyak zaitun (olive oil) dan Minyak kelapa (coconut oil) yang dapat menggantikan minyak kelapa sawit (palm oil) untuk keperluan memasak.

Memiliki perhatian terhadap penggunaan jenis minyak untuk memasak merupakan salah satu langkah bijak untuk dapat menerapkan gaya hidup sehat. Bukan tanpa manfaat, minyak kelapa sawit (palm oil) yang biasa dipakai untuk memasak, memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Namun, mempertimbangkan jenis minyak lain, seperti minyak kelapa, minyak kanola dan minyak zaitun dapat membantu Anda dan keluarga dari ancaman bahaya lemak tak jenuh  yang terdapat pada minyak kelapa sawit.

Minyak kelapa (Coconut Oil)

Terdapat dua jenis minyak kelapa yang dijual di pasaran, antara lain minyak kelapa biasa (coconut cooking oil) dan Virgin Coconut Oil (VCO). Minyak kelapa dapat dijadikan pilihan untuk mengganti minyak kelapa sawit sebagai bahan keperluan memasak harian di rumah. Minyak kelapa memiliki jumlah kalori yang sedikit lebih rendah dibandingkan minyak kelapa sawit. Laman livestrong melansir bahwa pada satu sendok makan minyak kelapa memiliki 120 kalori, sedangkan porsi yang sama dari minyak kelapa memiliki 117 kalori. Kedua jenis minyak memiliki 13,6 gram lemak per sendok makan.

Penggunaan terbaik minyak kelapa adalah untuk memanggang masakan karena jenis minyak ini ringan, memiliki sensasi rasa manis dan tentu saja rasa khas kelapa. Minyak ini pun pengganti yang baik untuk penggunaan mentega dan shortening dalam resep, serta bekerja dengan baik sebagai pengganti nabati untuk resep vegan.

Manfaat Minyak Kelapa

Untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang lebih baik, pilihlah minyak kelapa murni (VCO) saat memasak dan gunakan secukupnya, sebagaimana bijak menggunakan minyak goreng. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, minyak kelapa murni memiliki potensi sifat antioksidan karena mengandung senyawa fenolik.

Minyak kelapa khususnya VCO, mengandung banyak trigliserida rantai menengah, yang dimetabolisme berbeda dan dapat memiliki efek terapi pada beberapa gangguan otak seperti Alzheimer. Trigliserida rantai menengah dalam minyak kelapa telah terbukti meningkatkan kalori yang terbakar selama 24 jam sebanyak 5%, berpotensi menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dalam jangka panjang. Minyak kelapa juga dapat memberi manfaat dalam menjaga kelembaban kulit dan rambut bila diaplikasikan secara topikal.

Minyak Kanola

Minyak kanola berasal dari biji bunga kanola. Minyak kanola merupakan salah satu minyak paling sehat yang dapat dikonsumsi. Jika Anda ragu untuk menggunakan minyak kanola karena isu buruk tentang rekayasa genetika kanola, pastikan Anda hanya memilih yang bersertifikat organik.


Manfaat Minyak Kanola

Minyak kanola merupakan sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang bila digunakan untuk menggantikan lemak jenuh seperti mentega dan keju, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) dan menurunkan risiko penyakit jantung. Kanola adalah sumber minyak goreng yang paling kaya akan asam alpha-linolenic, sebuah lemak omega-3 yang telah dikaitkan dengan kesehatan jantung.

Kanola memiliki rasa netral, tekstur ringan dan titik asap menengah-tinggi, sehingga bekerja dengan baik untuk menumis dan memanggang.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah lemak yang diperoleh dari buah Olea europaea (pohon zaitun), tanaman pohon tradisional dari wilayah Mediterania. Minyak zaitun, kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, merupakan komponen utama dari diet Mediterania.

Manfaat Minyak Zaitun

Selama 50 tahun terakhir, telah ada ribuan penelitian yang meneliti manfaat kesehatan dari minyak zaitun. Beberapa hasil temuan studi menunjukkan bahwa zaitun mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, menjaga kesehatan jantung, dapat mengurangi resiko kanker payudara dan mencegah stroke.

Minyak zaitun extra virgin juga bisa digunakan sebagai pelembap. Caranya, pijatkan ke kulit yang masih sedikit basah sehingga air yang tersisa pada kulit Anda dapat membantu menjaga kulit Anda dari perasaan berminyak. Minyak zaitun sarat nutrisi dan antioksidan seperti vitamin A dan E dan mampu meresep jauh ke dalam jaringan kulit. Khasiatnya untuk kulit, memberikan kelembapan yang dibutuhkan, melindungi kulit dan membantu memperbaiki kerusakan kulit dari paparan sinar matahari, asap rokok dan polutan.

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Menjalani pola hidup sehat secara konsisten itu tidak sulit. Jika Anda memulainya sejak hari ini, pasti Anda semakin cep..
Oleh OT Handoko
Biasakan Sarapan PagiTips hidup sehat yang paling dianjurkan adalah dengan membiasakan diri sarapan pagi. Para ahli setu..
Oleh OT Handoko
Selama Bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dengan menahan hawa nafsu yakni salah satunya adalah dengan..