Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Mengenal Mata Minus: Gejala dan Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Dilakukan!

Mondials Anindhita
Mondials Anindhita
22 Okt 2021
Clock Icon
6 menit
Mengenal Mata Minus: Gejala dan Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Bisa Dilakukan!

Mata minus atau rabun jauh yang dalam dunia medis disebut miopi, adalah kelainan refraksi mata, di mana terjadi gangguan pada penglihatan yang menyebabkan objek yang letaknya jauh terlihat kabur. Biasanya orang dengan miopi tidak mempunyai masalah melihat objek yang letaknya dekat. Normalnya, pada saat seseorang melihat suatu objek, bayangannya akan jatuh  tepat di retina, namun pada kondisi miopi, bayangan tersebut akan  jatuh di depan retina. Keadaan ini dapat disebabkan karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. 


Gejala dan Pemeriksaan


Gejala mata minus yang biasa dirasakan tidak hanya objek yang kabur saat melihat jauh, tetapi juga mata terasa tegang dan sering lelah hingga mengalami sakit kepala. Apabila Lemonizen merasakan hal serupa baiknya segera kunjungi dokter spesialis mata. Biasanya mata akan diperiksa dengan tes visus untuk menentukan ketajaman penglihatan. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui kemampuan mata melihat objek dengan jelas dalam jarak tertentu.


Terapi


Terapi yang biasanya diberikan untuk mata minus atau miopi ini adalah menggunakan kacamata. Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyatakan miopi dapat hilang dan sembuh. Untuk sembuh dari mata minus, idealnya Lemonizen perlu menjalani operasi, seperti LASIK (Laser-Assisted in Situ Keratomileusis), LASEK (Laser Epithelial Keratomileusis), atau PRK (Photorefractive Keratectomy). Perlu diketahui juga, untuk pemilihan jenis operasi ditentukan oleh keadaan mata dan penilaian dari dokter spesialis mata. 


Menjaga Kesehatan Mata


Memiliki mata yang sehat dan penglihatan yang tajam memang impian banyak orang. Diperlukan beberapa hal untuk mewujudkan hal tersebut, yaitu dengan terus menjaga kesehatan mata. Lalu, apa saja yang harus dilakukan agar kesehatan mata dapat terjaga? Simak di bawah ini ya, Lemonizen. 

  • Periksa mata secara berkala

Dengan banyaknya aktivitas saat ini, tak dapat dipungkiri setiap hari setidaknya kamu akan menghabiskan waktu depan layar, baik itu layar komputer, televisi, dan jenis gadget lainnya. Tidak jarang mata merasa kelelahan dan pada akhirnya muncul gangguan refraksi pada mata. Untuk menghindari kerusakan mata maka sebaiknya luangkan waktu minimal setahun sekali untuk memeriksakan mata ya, Lemonizen. Mulai dari tes tajam penglihatan, lapang pandang, dan tes lain yang dilakukan oleh ahlinya.

  • Makan makanan yang sehat

Mulailah perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin A misalnya pada wortel, ubi jalar, bayam, dan brokoli. Selain itu kamu juga dapat memilih makanan yang kaya dengan asam lemak omega-3, contohnya ikan salmon dan minyak ikan. Menurut Health Harvard Publishing ada beberapa vitamin yang juga turut serta dapat membantu kesehatan mata yaitu, vitamin C, vitamin E, zinc dan lutein. Oleh karena itu, mengonsumsi makan makanan yang bergizi tentu akan mencukupi kebutuhan vitamin harian sehingga kesehatan mata tetap terjaga dengan baik.

  • Gunakan kacamata hitam dengan UV protector 

Tahukah kamu, matahari ternyata juga bisa mengganggu kesehatan mata, lho. Maka sebaiknya saat kamu sedang beraktivitas diluar rumah, jangan lupa untuk menggunakan kacamata hitam yang memiliki perlindungan sinar UV untuk menjaga kesehatan mata.

  • Metode 20-20-20

Perlu diingat, agar kamu meluangkan waktu untuk mengistirahatkan mata secara berkala. Saat sedang bekerja di depan laptop, komputer atau saat membaca dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa menerapkan metode 20-20-20. Setiap 20 menit yang dihabiskan untuk menatap layar, kamu perlu mengistirahatkan mata dengan melihat benda yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Lakukan secara rutin, ya!

  • Sesuaikan kontras dan tingkat kecerahan gagdet

Nah, tips menjaga kesehatan mata berikutnya adalah pastikan kamu menyesuaikan kontras dan tingkat kecerahan gadget dengan tepat. Pasalnya, hal ini cukup penting dan berguna agar mata tidak mudah lelah dan meningkatkan risiko terjadinya miopi.

Demikian informasi seputar mata minus dan tips menjaga kesehatan mata yang Lemonizen wajib tahu. Pastikan kamu mengikuti beberapa tips di atas ya, agar kesehatan mata dapat terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat, Lemonizen!


Artikel ini ditulis oleh dr. Rizqii Nurdiinii, Tim Dokter Mamanesia untuk menjawab pertanyaan #CurhatSehat di Instagram Lemonilo. Sebagai healthy lifestyle ecosystem, Lemonilo berharap dapat membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses informasi kesehatan dengan lebih mudah salah satunya melalui rubrik #CurhatSehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.