Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Kenali Megalophobia: Rasa Takut Berlebihan Saat Melihat Objek Besar

Rizki Indra
Rizki Indra
31 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Megalophobia penting diketahui dari sekarang beserta tips-tips mengatasinya.

Megalophobia merupakan sebuah kecemasan atau ketakutan ketika penderita berhadapan dengan objek yang besar. Belum diketahui secara pasti apa penyebab phobia ini, namun bisa saja ini terjadi karena pengalaman buruk dengan obyek besar sehingga menimbulkan sebuah trauma. Ingin tau lebih lanjut mengenai detail megalophobia? Berikut ulasannya.

Gejala dan Objek yang Ditakuti Pengidap Megalophobia


Orang yang mengidap megalophobia tidak hanya mengalami ketakutan saat berhadapan dengan objek besar, namun juga mengalami gejala seperti panik, menangis, tubuh gemetar, nyeri dada ringan, detak jantung cepat, berkeringat, pusing, sakit perut, muntah, diare, bahkan sesak napas.


Berbagai objek besar yang ada di kehidupan sehari-hari dapat memicu ketakutan berlebih pada pengidap megalophobia. Objek tersebut seperti misalnya gedung tinggi, monumen dan patung, ruangan besar, bukit dan pegunungan, kendaraan besar seperti truk, kereta, bus, juga pesawat, lautan luas serta hewan besar seperti paus.

Pengobatan Megalophobia


1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi perilaku kognitif merupakan pengobatan yang paling umum dilakukan untuk penderita megalophobia. Terapi ini dilakukan dengan cara mendorong penderita menghilangkan rasa takutnya ketika melihat objek besar. Dalam hal ini penderita dipacu untuk berpikir secara lebih rasional.


Dalam terapi ini, penderita dituntut untuk melawan rasa sakitnya dengan mempunyai mindset bahwa rasa ketakutan terhadap objek besar tersebut tidaklah berdasar. Harapannya setelah menjalani terapi ini penderita akan lebih berani ketika berhadapan dengan objek yang ia takuti.

2. Terapi Eksposur

Pada terapi eksposur, pengidap megalophobia dihadapkan dengan benda berukuran besar dengan tujuan untuk menghilangkan rasa takutnya.

3. Terapi Bicara

Pada terapi ini penderita diajarkan untuk mengatasi rasa takutnya dengan membicarakan apa yang sedang ia takuti. Dalam hal ini, penderita megalophobia dilatih untuk membahas obrolan yang ada sangkut pautnya dengan objek besar.

4. Terapi Kelompok

Dalam terapi kelompok ini akan melibatkan banyak orang yang ada di dalamnya, yakni sebanyak 5-15 pasien dilatih oleh 1-2 orang psikiater. Harapannya dalam sesi kelompok ini, penderita terbiasa untuk melakukan interaksi dengan orang lain sehingga bisa meningkatkan kemampuan sosialisasi.

5. Obat-obatan

Sebenarnya belum ada obat-obatan yang bisa disarankan untuk pengidap phobia. Namun ketika pengidap megalophobia sudah berada di fase takut yang parah biasanya dokter akan memberikan resep berupa selective serotonin reuptake inhibitors, obat penghambat beta (beta-blockers), dan juga serotonin-norepinephrine reuptake inhibitors.

Tips Menghindari Rasa Takut bagi Penderita Megalophobia


Bagi pengidap megalophobia, rasa takut terhadap objek besar tidak bisa hilang secara instan, namun butuh waktu lama dengan progress yang bertahap. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan terapi ke psikiater ataupun melatih mental pribadi dengan membiasakan untuk melihat objek besar secara perlahan.


Selain itu, penderita juga bisa melakukan teknik relaksasi dimana mereka dituntut untuk melakukan persiapan sebelum melihat objek besar dengan cara latihan pernapasan. Kemudian penderita megalophobia dianjurkan untuk mengatur gaya hidupnya dengan lebih sehat dan terarah yakni melakukan olahraga secara rutin, bersosialisasi, senam yoga, mengontrol stress serta mengkonsumsi makanan sehat.


Penderita megalophobia harus selalu dikontrol aktivitasnya dan juga dipantau setiap progress yang telah mereka tempuh. Perlu diingat bahwa pengobatan dengan cara terapi dan mengkonsumsi obat-obatan tidak bisa dilakukan secara instan, sehingga perlu adanya dukungan dari keluarga maupun orang terdekat.


Harapannya dengan dukungan tersebut akan menimbulkan motivasi yang tinggi bagi penderita megalophobia, sehingga ketakutannya akan segera pulih. Poin pertama yang harus ditekankan pada pengidap megalophobia bahwa mereka harus mengubah mindsetnya mengenai ketakutan terhadap benda besar, karena sebenarnya ketakutan tersebut tidaklah berdasar.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.