Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Mengenal Mental Breakdown Secara Lengkap dan Mendalam

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Mental breakdown adalah gangguan mental pada seseorang seperti depresi atau stres akut.

Stres bisa menimpa siapa saja tanpa mengenal usia. Akibat dari stres ini salah satunya adalah mental breakdown. Mental breakdown adalah kondisi yang cukup mengkhawatirkan karena bisa menghambat seseorang melakukan aktivitas secara normal. Istilah ini sudah lama tidak digunakan karena kurang spesifik.


Menurut pengertiannya, mental breakdown adalah istilah lama yang digunakan untuk menggambarkan gangguan mental pada seseorang seperti depresi atau stres akut. Namun sekarang ini lebih sering digunakan untuk menggambarkan orang yang berada dalam kondisi yang sedang merasakan gejala stres. Gejala stres yang dimaksud muncul secara intens sampai mengganggu orang tersebut melakukan aktivitas.


Bagi orang yang mengalami beberapa gejala di bawah ini, artinya orang tersebut sedang berada dalam kondisi mental breakdown. Mari simak ciri mental breakdown tersebut:

1. Gangguan Kecemasan dan Depresi


Sebetulnya ciri mental breakdown pada setiap orang berbeda-beda. Penyebab yang memicu sangat berpengaruh pada gejala yang muncul. Mental breakdown bisa ditandai dengan adanya gangguan kecemasan dan depresi.


Gangguan kecemasan ini termasuk gangguan mental yang serius, dimana penyebabnya adalah fungsi otak yang mengatur rasa takut dan emosi. Orang yang sedang mengalami ini biasanya merasa ingin menangis terus atau sering tiba-tiba menangis tanpa alasan yang jelas.

2. Mudah Kehilangan Konsentrasi


Untuk orang yang berada dalam kondisi mental breakdown jangka pendek akan susah untuk fokus pada satu hal dan sulit untuk berkonsentrasi. Saat orang kesulitan untuk berkonsentrasi kerja otak akan terus menurun terutama pada bagian ruang penyimpanan memori yang berfungsi untuk mengasah konsentrasi. Ketika mengalami hal ini orang tersebut akan linglung karena sulit berpikir dengan jernih. Jika semakin parah orang tersebut akan mengalami hilang ingatan sementara karena disorientasi.

3. Waktu Tidur Berantakan


Ciri selanjutnya adalah waktu tidur yang berantakan. Pola tidur akan berubah sangat drastis, ada yang tidur terus menerus atau sebaliknya orang tersebut tidak bisa tidur sama sekali. Hal ini dikarenakan otak yang tidak bisa rileks sehingga terus memikirkan masalah yang sedang dihadapi, tanpa mendapatkan solusi untuk masalah tersebut.

4. Selalu Merasa Kelelahan


Lelah pada orang yang menderita mental breakdown ini biasanya terasa sangat berat hingga orang tersebut merasa tidak sanggup melakukan aktivitas sama sekali. Hobi yang biasanya bisa membuat orang merasa senang melakukannya pun jadi tidak menarik lagi.

5. Nafsu Makan Berubah Drastis


Mirip dengan pola tidur, perubahan pola makan juga terjadi pada penderita mental breakdown. Orang bisa jadi tidak nafsu makan sama sekali atau sebaliknya nafsu makan meningkat sangat drastis. Jika tidak segera ditangani tentu ini akan menyebabkan penyakit yang berbahaya untuk tubuh penderita.


Untuk penyebab dari mental breakdown ini sendiri ada beragam, bisa dikarenakan orang tersebut kehilangan pekerjaan, mengalami kegagalan dalam pernikahan, kematian orang tercinta, masalah keuangan, tekanan pendidikan, hingga kekerasan dan trauma. Semua itu bisa menyebabkan mental breakdown menghampiri seseorang.


Agar tidak berlarut gangguan mental ini harus diatasi dengan cepat dan tepat. Baiknya segera konsultasi dengan dokter agar tidak berdampak pada fisik penderita. Biasanya jika dibiarkan berlarut gangguan mental ini bisa menyakiti fisik penderita. Nanti akan diberikan terapi dan juga obat untuk mengatasinya. Penderita juga disarankan tidak mengkonsumsi alkohol dan kafein selama mengalami gangguan mental ini. Kafein dan alkohol bisa memperparah gejala mental breakdown.


Dari informasi ini, bisa Anda ketahui bahwa mental breakdown adalah gangguan psikis seseorang menyangkut kesehatan mentalnya. Gangguan psikis ini perlu ditangani dengan benar agar tidak berlarut dan membahayakan penderitanya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.