Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Mengenal Network Marketing Serta Cara Tepat Memulainya

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memulai network marketing penting dilakukan dengan baik dan benar.

Network marketing (bisnis jaringan) adalah salah satu model bisnis yang digadang-gadang memiliki prospek bagus di masa depan. Bisnis jaringan ini ternyata terus berkembang secara positif dari waktu ke waktu dan diperkirakan bakal menjadi model bisnis online yang terdepan.


Perkembangan internet yang cukup signifikan belakangan ini sangat memudahkan pengembangan bisnis jaringan. Internet dapat menjadi sarana komunikasi dan interaksi bagi banyak orang yang tersebar di berbagai wilayah. Jika Anda tertarik menjalani bisnis jaringan, silahkan simak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Pengertian Network Marketing


Network marketing atau bisnis jaringan dapat dijelaskan sebagai sebuah cara berbisnis yang memberikan komisi kepada tenaga penjualan berdasarkan dua cara. Komisi diberikan atas penjualan pribadi produk atau layanan, juga dari hasil penjualan pemasaran lain yang direkrut ke dalam bisnis jaringan.


Bisnis jaringan akan menghasilkan tingkatan berupa upline dan downline. Tiap posisi akan mendapatkan kompensasi yang berbeda sesuai tingkatannya. Bisnis ini adalah sah dan legal di mata hukum dan keberadaannya dilindungi oleh undang-undang dengan diterbitkannya Surat Izin Usaha Perdagangan Langsung. Bagaimana cara memulai sebuah bisnis jaringan?

Cara Tepat Memulai Bisnis Jaringan


Bisnis jaringan membuka kesempatan bagi orang yang tidak memiliki modal besar untuk membangun usaha dengan keuntungan yang besar. Apabila anda ingin sukses dalam bisnis jaringan, silahkan simak kiat-kiatnya berikut ini.

1. Cari Produk yang Anda Sukai

Sebelum memutuskan untuk bergabung dalam bisnis jaringan, carilah usaha dengan produk yang Anda sukai. Menjual produk yang disukai tentu akan lebih mudah dan membuat Anda lebih bersemangat. Kesukaan terhadap sebuah produk membuat Anda mau mempelajari lebih dalam dan mampu menerangkan manfaatnya kepada calon pengguna dengan lebih detail.

2. Pelajari Profil Perusahaan yang Hendak Diikuti

Sebelum memutuskan untuk ikut dalam sebuah bisnis jaringan, Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis perusahaan yang hendak diikuti. Pelajari produknya dan yakinkan kalau cocok untuk Anda.


Carilah perusahaan yang benar dengan mempelajari profilnya. Pastikan kalau perusahaan tersebut telah memiliki izin usaha dan izin peredaran yang lengkap. Apabila produk yang dipasarkan membutuhkan izin khusus seperti BPOM dan Sertifikat Halal dari MUI maka pastikan perusahaan telah memilikinya.


Sebuah perusahaan yang menjalankan bisnis jaringan akan memberikan dukungan penuh terhadap anggotanya. Perusahaan secara rutin akan mengadakan pelatihan dan memberi pengetahuan baru kepada para distributor yang nantinya harus diturunkan kepada downline mereka.

3. Kenali Cara Memperoleh Penghasilan dari Bisnis tersebut

Bisnis jaringan yang berjalan dengan benar dapat memungkinkan Anda memperoleh penghasilan yang tidak terbatas. Ada dua cara memperoleh penghasilan dari bisnis jaringan, yang pertama adalah dengan menjual produk. Adapun cara yang kedua adalah mendapatkan komisi atas hasil penjualan dari peserta yang Anda rekrut.


Anda harus mempelajari dengan seksama skema bonus yang dapat dihasilkan jika Anda mengikuti perusahaan ini. Pengetahuan yang mendalam mengenai skema bonus dapat menghindarkan Anda dari penipuan. Berhati-hatilah agar tidak terjebak dalam struktur piramida maupun skema ponzi.

4. Membangun Relasi

Bisnis jaringan akan semakin berkembang jika banyak relasi yang bergabung sebagai downline Anda. Saat memperkenalkan bisnis, lakukanlah dengan cara yang bijak, tidak memaksa, namun mampu memikat. Kenali dulu prospek Anda, pahami kebutuhan dan keinginannya.


Jangan mencoba membangun hubungan dalam network marketing dengan cara yang ambisius dan memaksa. Cara ini malah membuat mereka “lari” dan enggan berhubungan dengan Anda lagi. Gunakan kreativitas yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar edukasi yang Anda sampaikan kepada prospek dapat berlangsung nyaman dan tidak menimbulkan paksaan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.