Mengenal Panahan & Menembak, 2 Olahraga Asian Games yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

02 Aug 2018 @ 11:36:37
Asian Games 2018 tinggal menghitung hari menuju pelaksanaannya. Panitia Asian Games 2018 sudah merilis 40 jenis olahraga yang akan dipertandingkan dalam perhelatan akbar se-Asia itu. Diantara ke 40 olahraga itu, terdapat 2 jenis olahraga yang dipertandingkan, yaitu panahan dan menembak. 

Dua jenis olahraga ini sudah sering diperlombakan di berbagai ajang Asian Games sebelumnya. Bahkan, untuk olahraga Panahan, kisah atlet panahan sudah berhasil difilmkan dengan judul "3 Srikandi". Film ini berkisah tentang atlet Panahan yang berhasil mendapatkan medali pertama pada ajang Olimpiade 1998 di Seoul. 

Manfaat Tubuh Dari Olahraga Panahan & Menembak

Walaupun terkesan lebih minim gerakan dibandingkan dengan olahraga lainnya, kedua jenis olahraga Asian Games 2018 ini punya manfaat besar untuk tubuhmu. Jika dilakukan secara berkala, kedua olahraga ini dapat membantu tubuhmu untuk: 

Melatih Konsentrasi dan Fokus

Melatih Konsentrasi dan Fokus

Jika kamu merasa punya masalah dengan konsentrasi dan fokus, kamu bisa mencoba panahan dan menembak. Kedua olahraga ini membutuhkan konsentrasi yang cukup dan fokus penuh untuk dapat mencapai target dengan tepat. Untuk itulah, olahraga ini dapat menstimulasi kemampuan otak untuk dapat berkonsentrasi pada suatu hal. Selain itu, konsentrasi dari otak mampu mengkoordinasi tangan dari bergetar yang membuat tembakan meleset dari targetnya. 

Melatih Otot Mata Sehingga Membantu Cegah Rabun 

Melatih Otot Mata Sehingga Membantu Cegah Rabun

Salah satu penyebab terjadinya rabun pada mata adalah otot mata yang kurang dilatih sehingga kelenturannya kurang maksimal. Dengan melakukan olahraga menembak dan panahan, kamu bisa melatih otot mata kamu untuk melihat jauh dan dekat. Dengan begitu, resiko rabun bisa lebih diminimalisir. Selain itu, Panahan dan Menembak bisa membantu mata kamu untuk lebih awas dan waspada, terutama ketika menyetir atau berkendara di malam hari. 

Menguatkan Otot Lengan dan Tangan

Menguatkan Otot Lengan dan Tangan

Olahraga panahan membutuhkan koordinasi tangan kanan dan kiri untuk menahan batang busur dan menarik tali busur. Hal inilah yang membantu seorang pelaku atau atlet Panahan mendapatkan manfaat berupa otot lengan dan tangan yang cukup kuat. Selain itu, otot bahu dan punggung yang juga ikut bergerak juga mendapatkan latihan yang menguatkan organ belakang tubuh. 

Melatih Dalam Pengambilan Keputusan dan Percaya Diri

Melatih Dalam Pengambilan Keputusan dan Percaya Diri

Tak hanya soal fisik, olahraga menembak dan panahan juga membantu dalam menyehatkan kesehatan mental. Selain menjadi olahraga yang cukup menyenangkan untuk dilakukan, kedua jenis olahraga ini juga membantu melatih keberanian dan kepercayaan diri untuk melakukan sebuah keputusan. Keputusan melepaskan anak panah atau menembakkan peluru butuh presisi yang tepat agar tepat sasaran. 

Diet Sehat yang Dilakukan Para Atlet Panahan & Menembak ASIAN Games 2018

Diet Sehat yang Dilakukan Para Atlet Panahan & Menembak ASIAN Games 2018

Seperti olahraga lainnya, olahraga Panahan dan Menembak harus dilakukan dengan asupan dan nutrisi makanan yang bergizi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebugara dan konsetrasi para atlet untuk tetap prima dalam setiap latihan ataupun kejuaraan. 

Dellie Threesyadinda, seorang atlet Panahan Indonesia untuk ASIAN Games 2018, mengaku bahwa dirinya melakukan diet sehat untuk menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan massa otot untuk menjalankan latihan dan bertanding pada kejuaraan. 

Dilansir dari detikhealth, Dinda, sapaan akrabnya, mengaku bahwa ia mengubah cemilan sehatnya menjadi buah-buahan potong atau smoothies setiap pagi, siang, dan sore. Ia juga menjauhi makanan berminyak dan manis untuk menghindari resiko kolesterol tinggi dan diabetes.


Artikel Terkait

Stunting itu Berbahaya Lho, Bunda! Kenali Gejala, Bahaya, dan Penanganannya Sejak Dini!
Pernah nggak sih Bunda ngelihat anak-anak yang tingginya kurang? Di beberapa daerah, anak-anak seperti ini ser..
Andesma. W
18 Oktober 2018
Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018