Mengenal Pentingnya Menu Sarapan Pagi yang Sehat

08 Feb 2017 @ 18:18:59
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa melewatkan sarapan pagi akan membantu program penurunan berat badan. Ada juga yang beranggapan bahwa sarapan pagi akan memberikan efek mengantuk di pagi hari sehingga mereka memilih untuk menghindarinya agar aktivitas paginya tidak terganggu. Padahal anggapan-anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Semua itu bergantung pada pola makan dan pilihan menu sarapan pagi yang Anda konsumsi.

Manfaat Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Dua penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association, menyimpulkan bahwa sarapan pagi sangatlah penting bagi kesehatan. Penelitian pertama menyatakan bahwa seseorang yang tidak rutin melakukan sarapan pagi setiap harinya memiliki peluang kelebihan berat badan sebanyak 13%  lebih tinggi daripada orang yang rutin sarapan pagi setiap harinya.

Penelitian kedua yang dilakukan pada 4.200 orang dewasa menyimpulkan bahwa seseorang yang sarapan pagi setiap hari cenderung rutin berolahraga dan mengurangi asupan kalori sepanjang harinya. Menu sarapan pagi yang dikonsumsi pada penelitian ini adalah sereal.

Memilih menu sarapan pagi sangat penting dilakukan karena sarapan di pagi hari dapat membantu mencegah nafsu makan berlebih saat jam-jam makan berikutnya. Sarapan pagi juga akan merangsang proses metabolisme tubuh lebih awal. Ketika melewatkan sarapan pagi, tubuh Anda sama saja seperti berpuasa selama 15-20 jam, sehingga tubuh tidak akan memproduksi enzim untuk proses metabolisme lemak. Akibatnya, lemak dalam tubuh akan menumpuk sehingga berat badan akan sulit turun.

Sarapan pagi diibaratkan seperti bahan bakar utama bagi tubuh. Orang dewasa yang rutin sarapan sehat akan memperoleh asupan vitamin dan mineral secara optimal, mendapatkan berat badan dan gula darah yang terkontrol, dan memiliki kualitas kerja yang lebih baik. Sedangkan manfaat sarapan pagi bagi anak-anak adalah mendukung proses pertumbuhan tubuh dan otak serta membantu meningkatkan daya konsentrasi dalam belajar.

Menu Sarapan Pagi yang Dianjurkan

Beberapa contoh menu sarapan sehat yang baik bagi tubuh antara lain adalah gandum utuh, makanan dengan kandungan protein yang tinggi, produk susu rendah lemak, serta buah dan sayur. Gandum utuh bisa dikonsumsi dalam bentuk granola, muesli, maupun sereal. Hanya saja, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan tambahan yang jumlah kalorinya tidak berlebih. Beberapa contoh makanan protein tinggi antara lain adalah telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Jika Anda ingin mengonsumsi susu saat sarapan pagi, pilihlah produk susu rendah lemak seperti susu rendah atau tanpa lemak, yoghurt, ataupun keju rendah lemak.

Sangat dianjurkan untuk mengkombinasikan sarapan sehat Anda dengan sayur dan buah. Sebaiknya, sayur dan buah tersebut dikonsumsi secara langsung saat sarapan. Anda juga dapat menyajikannya dalam bentuk jus atau smoothies. Hindari penggunaan banyak gula dalam pembuatan jus dan gunakan susu rendah lemak untuk menyajikan smoothies saat sarapan. 

Anda juga dapat mengombinasikan beberapa makanan atau minuman tersebut. Campurkan smoothies dengan granola, chia seed, kacang-kacangan maupun buah kering untuk membuat healthy smoothie bowl yang saat ini sangat popular. Anda juga bisa menyajikan granola, muesli, atau sereal yang ditaburi dengan potongan buah dengan segelas susu. Anda boleh saja meminum kopi saat sarapan pagi. Namun, kopi sebaiknya diminum setelah sarapan untuk mencegah risiko iritasi lambung.

Hindari konsumsi makanan instan saat sarapan pagi karena kandungan gula atau garamnya sangat tinggi dan dapat mengganggu program hidup sehat Anda. Selain itu, umumnya makanan instan sangat minim serat dan banyak mengandung pengawet serta bahan tambahan lain yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. Jangan sampai niat Anda untuk menjaga kesehatan tubuh dengan sarapan pagi malah berubah menjadi kebiasaan buruk yang kurang sehat dengan mengonsumsi aneka makanan instan saat sarapan pagi. Mari mulai kebiasaan baik sarapan pagi dengan menu sarapan sehat!

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Kalori merupakan bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Jika asupan kalori Anda jauh lebih tinggi da..
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Siapa sih yang tidak mengenal rendang? Rendang umumnya berbahan dasar daging sapi atau hati sapi yang dimasak dengan ane..
Oleh OT Handoko
Tepung merupakan bahan makanan berbentuk serbuk halus. Kegunaan tepung bermacam-macam tergantung dari jenisnya. Walaupun..