Mengenal Perbedaan Coconut Oil dan Virgin Coconut Oil

06 Jan 2017 @ 18:24:56
Mengenal Perbedaan Coconut Oil dan Virgin Coconut Oil

Kelapa salah satu buah penghasil minyak nabati yang memiliki keunggulan tersendiri. Terdapat dua jenis minyak yang dihasilkan oleh kelapa, yaitu minyak kelapa biasa (coconut cooking oil) dan Virgin Coconut Oil (VCO). Lalu apa perbedaan diantara kedua minyak tersebut?

Ekstraksi 

Perbedaan minyak kelapa biasa dengan VCO terlihat dari proses pengekstraksian. Minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak ini dihasilkan dari bagian daging kelapa yang kemudian dikeringkan atau disebut dengan kopra. Proses selanjutnya adalah digiling atau komprasi dingin dengan penambahan bahan kimia, seperti bahan pelembap sebanyak 6%.

 Sedangkan VCO, ekstraksi dihasilkan murni dari santan kelapa yang masih segar. Untuk menghasilkan VCO sendiri terdapat beberapa tahapan, yaitu fermentasi, churning atau proses pemisahan secara sentrifugal antara santan dan lapisan minyak, pendinginan dan pemberian aksi enzim untuk memisahkan antara minyak dengan air atau santan yang lembab.

Bentuk dan Komposisi

 Secara umum, antara minyak kelapa biasa dengan VCO memang tidak bisa dibedakan secara kasat mata. Namun, perbedaan dapat terlihat dari partikel, koloid maupun tingkat kelembapan antara minyak kelapa biasa dengan VCO. Jika dilihat secara cermat dan jeli,  asam lemak biasa mengendap di dalam minyak kelapa biasa. Sedangkan VCO tidak ada endapan di dalam minyak tersebut dan terlihat sangat jernih seperti air. Dari segi aroma, VCO lebih beraroma segar dan terasa seperti menghirup air kelapa segar murni. Maka dari itu, VCO selain dapat dikonsumsi juga bisa untuk perawatan kulit dan wajah.

Komposisi yang terkandung di dalam minyak kelapa biasa dan VCO pun terdapat perbedaan, walau secara umum beberapa kandungan tetap sama. Kandungan yang terdapat di kedua minyak ini antara lain Polyphenols, vitamin dan mineral. Namun VCO memiliki tambahan komposisi lain yaitu asam lemak, kolesterol baik dan tidak memiliki asam lemak non trans (non trans fatty acid). Selain itu, VCO juga memiliki kandungan Vitamin E yang tidak ada pada minyak kelapa biasa.

VCO dan minyak kelapa memang terkenal berasal dari daerah beriklim tropis, seperti Filipina, India, Sri Lanka dan Indonesia. Indonesia adalah salah satu penghasil minyak kelapa, baik itu minyak kelapa biasa maupun VCO terbanyak dan terbaik di antara negara lain di daerah Asia Pasifik. Khusus untuk VCO, merupakan komoditi yang menjanjikan karena di sukai tidak hanya di negara tropis tapi di Negara Eropa maupun Amerika.  

Baik minyak kelapa biasa (coconut cooking oil) maupun VCO di Indonesia saat ini sudah mudah didapat, baik di pasar swalayan maupun melalui website makanan sehat seperti di Lemonilo.com. Anda bisa mendapatkan minyak sehat tanpa perlu repot lagi.


Sumber:

  • Organic Facts
  • Mayo Clinic
  • Health Impacts


Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Suka Dengan Virgin Coconut Oil? Begini Cara Menggunakannya!
Dalam menjadikan tubuh Anda selalu sehat, Anda perlu memasukkan Virgin Coconut Oil (VCO) ke dalam menu harian Anda. Tid..
OT Handoko
14 Oktober 2017
Mau Menghindari Penyakit dan Kegemukan? Tidur Cukup Rahasianya!
Apa yang membuat tubuh Anda selalu sehat dan bugar? Gaya hidup sehat dan olahraga yang cukup adalah dua hal yang mungkin..
OT Handoko
28 Agustus 2017
Jalani Hidup Sehat dengan Yoghurt Setiap Hari
Menjalani pola hidup sehat secara konsisten itu tidak sulit. Jika Anda memulainya sejak hari ini, pasti Anda semakin cep..
OT Handoko
04 Agustus 2017