Mengenal Ragam Jenis Tepung Untuk Kue

Saat sedang sibuk maupun di waktu senggang, konsumsi kue senantiasa menjadi kegemaran banyak orang. Karena asupan energi memang tak harus diperoleh dari makanan berat saja, Anda juga bisa menikmati aneka kue sebagai penunda lapar dan pemuas selera. Membicarakan kue tentu tidak lengkap bila tidak membahas tentang tepung karena tepung adalah bahan dasar dalam pembuatan berbagai jenis kue.

banner consideration shipping bg blue

Tidak hanya kue, bermacam-macam roti juga butuh tepung sebagai bahan utama. Selain kue dan roti, masih ada pula jenis makanan lain seperti mie dan aneka gorengan yang membutuhkan tepung. 
Ulasan seputar jenis-jenis tepung untuk bahan dasar kue berikut ini pasti akan menambah wawasan Anda tentang dunia kuliner. Nanti Anda pun lebih terampil mengenali tepung atau membuat aneka jenis kue yang Anda sukai.

Tepung Terigu

Semua orang pasti mengenal tepung terigu. Karena jenis tepung ini merupakan tepung yang dikenal dan sangat sering digunakan pada berbagai jenis makanan. Secara garis besar, tepung terigu bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Tepung terigu protein sedang paling cocok digunakan untuk bermacam-macam makanan. Sementara tepung terigu protein tinggi lebih pas untuk membuat roti dan mie. Tetapi jika Anda ingin membuat bakpao dan kue kering, tentu Anda mesti menggunakan tepung terigu protein rendah.

Tepung Beras

Tepung yang satu ini terbuat dari beras yang sudah dibersihkan dan digiling sampai halus. Tepung beras kerap menjadi bahan utama dalam pembuatan beragam kue tradisional. Penggunaan tepung beras akan menghasilkan tekstur kue yang renyah. Sehingga tidak mengherankan kalau jenis tepung ini juga kerap dicampurkan dengan tepung terigu agar menghasilkan tekstur kue yang pas.

Tepung Gandum

Kandungan serat pada tepung gandum utuh tergolong jauh lebih banyak dibandingkan jenis tepung lain. Bila Anda menggunakan tepung gandum pada proses pembuatan kue, maka Anda akan mendapatkan tekstur kue yang unik. Kue Anda akan terasa lebih renyah dan berpasir karena serat-serat gandum yang ada di dalamnya.

banner consideration promotion bg blue

Tepung Sagu

Bahan dasar tepung sagu adalah sari pati pohon sagu yang sudah diproses hingga kering. Anda akan mendapatkan tekstur kue yang kenyal bila menggunakan tepung ini sebagai bahan dasar. Biasanya tepung sagu cukup populer pada berbagai jenis kue tradisional. Sementara jenis kue modern atau roti jarang sekali menggunakan tepung yang satu ini.

Tepung Jagung

Tepung jagung dikenal dengan sebutan maizena. Biasanya tepung jagung sering digunakan pada pembuatan kue agar teksturnya jadi lebih lembut. Selain dijadikan bahan campuran kue, tepung jagung juga bisa mengentalkan tekstur kuah pada aneka jenis masakan.

Tepung Tapioka

Ada satu jenis tepung lagi yang sering digunakan dalam pembuatan kue tradisional, yaitu tepung tapioka. Jenis tepung ini terbuat dari sari pati umbi singkong. Tekstur kenyal khas singkong akan terasa sekali jika Anda mencampurkan tepung tapioka dalam adonan kue Anda.

Tepung Almond

Kacang almond yang dihancurkan sampai halus akan menjadi tepung almond yang bercita rasa gurih. Tepung dari kacang almond ini kerap digunakan sebaga pelengkap kue karena bisa memperkaya cita rasa dan kandungan gizi kue secara alami.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Jika ingin membeli aneka tepung dan bahan kue berkualitas lainnya, jangan lupa mengakses website Lemonilo. Karena Lemonilo sudah menyiapkan aneka bahan makanan sehat, termasuk tepung dan bahan-bahan kue lainnya. Tidak ada salahnya mencoba membuat kue sendiri di rumah. Agar kemampuan memasak dan wawasan Anda seputar dunia kuliner semakin bertambah. Selamat berkreasi!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami