Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Mengenal Target Penjualan Secara Lengkap dan Mendalam

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Target penjualan adalah cara perusahaan untuk berkembang dengan menjual banyak produk.

Apa yang ada di benak kamu ketika mendengar target penjualan? Apakah target penjualan sebagai tolak ukur kompetensi sebuah perusahaan? Apakah target penjualan harus dicapai? Pada dasarnya, target penjualan merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan agar penjualan berhasil mencapai target.


Salah satu upaya agar penjualan tinggi adalah dengan menentukan target penjualan. Tentu saja target penjualan sudah diperhitungkan dengan jeli agar target dan tujuan dapat tercapai.


Secara umum target penjualan ditentukan pada awal periode. Jika target penjualan telah tercapai lebih awal, biasanya akan diupayakan peningkatan volume produk. Oleh sebab itu, tim pemasaran harus memiliki banyak inovasi untuk meningkatkan penjualan. Terkadang, di beberapa perusahaan, tim penjualan dan tim pemasaran digabung menjadi satu. Padahal, kegiatan keduanya berbeda.


Sementara keduanya harus fokus di bidang masing-masing untuk mencapai target penjualan. Namun, kamu tidak perlu khawatir jika masih merintis bisnis dari nol. Kamu bisa menggabung tim penjualan dan pemasaran sekaligus untuk menghemat budget. Jika penjualan meningkat, kamu bisa rekrut anggota baru untuk memisahkan tim penjualan dan pemasaran agar lebih fokus.

Jenis-Jenis Target Penjualan

Penjelasan sebelumnya mungkin cenderung membahas tentang target penjualan produk. Namun, perlu kamu ketahui bahwa target penjualan tidak melulu soal keuntungan berupa uang. Ada beberapa jenis target penjualan yang dapat meningkatkan kapasitas perusahaanmu. Beberapa jenis target penjualan adalah:

1. Target Penjualan Produk


Target penjualan produk merupakan pencapaian terjualnya produk yang dijual. Tentu hal ini melibatkan laba yang berupa uang yang sangat diperlukan untuk keberlanjutan sebuah usaha. Target penjualan produk mengukur kesuksesan tim penjualan melalui target penjualan produk.

2. Target Persentase Distribusi


Target persentase distribusi dikatakan sukses apabila produk yang didistribusikan oleh perusahaan ke outlet, ritel, atau pengecer mengalami peningkatan. Selain itu, persentase outlet, ritel, maupun pengecer yang kian bertambah bisa menjadi tolok ukur kesuksesan dalam pencapaian target persentase distributor ini.


Namun, tetap saja yang menjadi tolok ukur utama adalah jumlah produk yang didistribusikan. Sebab, meskipun banyak outlet, retail, maupun pengecer tidak akan menghasilkan banyak keuntungan jika pengambilan produk yang didistribusikan hanya sedikit dan cenderung lama terjual.

3. Target Promosi


Target promosi dilakukan oleh perusahaan dengan menggelar ajang promosi. Gelaran promosi ini tidak harus besar-besaran di sebuah gedung yang besar pula. Kamu bisa menggelar ajang promosi hanya melalui kekuatan internet saja. Ya, bisa disebut sebagai digital marketing.


Di era industri 4.0 yang bakal berubah menjadi 5.0 ini sangat memungkinkan perusahaan untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen dari berbagai penjuru dunia. Dengan sekali klik, promosi yang perusahaan buat akan bisa berjalan tanpa kamu melakukan kegiatan door to door. Dengan begitu, jika kamu sebagai UMKM, tidak perlu khawatir bersaing dengan perusahaan besar. Terlebih kamu masih baru merintis, sementara perusahaan besar telah lebih dulu merintis dari nol.


Nah, hasil dari target promosi ini dapat dilihat dari jumlah engagement target konsumen. Jika melalui promosi yang kamu buat menghasilkan engagement tinggi, maka bisa dikatakan sukses dan sebaliknya. Karena jumlah engagement yang nantinya dapat meningkatkan penjualan. Jadi, bagi perusahaan yang menentukan target promosi, harus terlebih dahulu menentukan strategi promosi yang tepat.


Demikianlah ulasan mengenai target penjualan yang harus kamu ketahui. Pada dasarnya, target penjualan adalah suatu tolak ukur keberhasilan penjualan dari suatu perusahaan. Kamu juga perlu tahu mengenai tiga jenis target penjualan yang telah disebutkan di atas. Hal itu berguna bagi kamu untuk menentukan strategi agar target penjualan tercapai.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.