Mengenal Tepung Tapioka, Maizena, dan Terigu

23 Feb 2017 @ 17:37:06
Mengenal Tepung Tapioka, Maizena, dan Terigu
Tepung merupakan bahan makanan berbentuk serbuk halus. Kegunaan tepung bermacam-macam tergantung dari jenisnya. Walaupun berbeda kegunaan secara umum, akan tetapi beberapa jenis tepung dapat saling menggantikan. 

Sebagian jenis tepung ada yang mengandung gluten dan hal tersebut cukup mengganggu bagi para penderita intoleransi gluten. Tepung terigu merupakan salah satu jenis tepung yang memiliki kandungan gluten.

Perbedaan Tepung Tapioka, Maizena, dan Terigu

Terdapat beberapa jenis tepung yang secara umum beredar di pasaran. Jenis tepung tersebut antara lain adalah tepung maizena, tepung tapioka, dan tepung terigu. Simak perbedaan dari ketiga jenis tepung tersebut berikut ini:

  • Tepung Tapioka
    Tapioka merupakan tepung yang terbuat dari singkong. Tepung ini sering digunakan sebagai campuran dalam pembuatan bakso, siomay, atau kue basah. Fungsi penambahan tepung tapioka adalah untuk menambah kekenyalan makanan. Tepung tapioka yang bebas gluten merupakan pilihan tepung yang lebih cocok terutama bagi Anda yang memiliki intoleransi gluten.

  • Tepung Maizena
    Tepung maizena berasal dari biji jagung. Jenis tepung ini banyak digunakan dalam pembuatan kue dan sebagai pengental masakan sup atau saus. Tepung jenis ini juga biasa dicampurkan dengan tepung terigu dan digunakan sebaga pelapis makanan yang digoreng renyah.

  • Tepung Terigu
    Tepung terigu merupakan jenis tepung yang paling banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Aneka jenis makanan seperti mie, roti, kue basah, maupun kue kering juga banyak yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu.

    Tepung terigu terbuat dari biji gandum dan terbagi lagi ke dalam beberapa jenis tergantung kandungan proteinnya, yakni protein tinggi, sedang, dan rendah. Tepung terigu protein tinggi mengandung gluten yang paling tinggi dan sebaliknya, tepung terigu protein rendah mengandung paling sedikit gluten.

    Anda perlu berhati-hati dalam memiih tepung terigu. Pilihlah tepung terigu yang tidak mengalami proses pewarnaan (unbleached) sehingga lebih sehat dan bebas dari zat kimia yang dapat membahayakan Anda dan keluarga. 
Semua jenis tepung di atas mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Pada beberapa produk tepung terigu, ditambahkan beberapa nutrisi untuk memperkaya nilai gizinya. 

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, kurangi konsumsi makanan yang terbuat dari tepung yang bukan berasal dari biji-bijan utuh karena jumlah seratnya sedikit sedangkan kandungan karbohidratnya sangat tinggi. Pilihlah tepung yang berasal dari biji-bijan utuh agar kandungan serat dan nutrisinya tetap utuh.
 
Secara umum, cara penyimpanan tepung maizena, terigu, dan tapioka adalah di tempat yang kering dan bersih. Pastikan juga wadah penyimpanannya tertutup rapat agar kelembapan udara dan kutu tidak masuk ke dalam tepung. 

Jika tanggal kedaluwarsa tidak tertera dalam kemasan tepung, Anda dapat memperhatikan kondisi tepung sebelum digunakan. Jika tepung tapioka, maizena, dan terigu yang Anda miliki menggumpal, berkutu, berjamur, atau berubah warna, maka sebaiknya hindari menggunakan tepung tersebut.
 
Tepung yang lembap atau menggumpal akan menyebabkan aroma tengik pada makanan yang dihasilkan jika tetap digunakan. Anda bisa menjemurnya terlebih dahulu di bawah sinar matahari untuk mengurangi kelembapannya. Jika aroma tengik masih tersisa, sebaiknya hindari menggunakan tepung tersebut untuk mengolah makanan.

Memilih Tepung Tapioka, Maizena, dan Terigu Berkualitas

Tepung tapioka, tepung terigu, maupun tepung maizena memang sangat mudah dijumpai di pasaran, mulai dari tepung curah hingga yang terkemas dengan baik. 

Untuk tepung tapioka. Maizena, dan terigu yang dijual dalam kemasan, Anda dapat memperhatikan kualitasnya dengan melihat pada nama pabrik pembuat, komposisi, tanggal kadaluarsa, dan kerapatan kemasannya. Biar begitu, agak sulit untuk menentukan kualitas dari tepung maizena, tapioka, atau terigu curah. 

Jika Anda penderita intoleransi gluten namun ingin tetap mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung, pilihlah tepung bebas gluten. Untuk memperoleh tepung bebas gluten berkualitas, Anda dapat membelinya secara online melalui situs Lemonilo. 

Tepung bebas gluten yang tersedia di Lemonilo terbuat dari singkong ataupun campuran beras merah, sorghum, dan sagu terbaik sehingga bebas gluten dan aman untuk dikonsumsi para penderita intoleransi gluten.


Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Cracker dan Energy Bar: Pilihan Tepat Cemilan Sehat
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
OT Handoko
04 Agustus 2017
Makanan Praktis dan Sehat Saat Berpuasa
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
OT Handoko
04 Agustus 2017
Sambut Hari Raya dengan Aneka Kue Kering Sehat Dari Lemonilo
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..
OT Handoko
04 Agustus 2017