Mengenal Tiga Jenis Tepung Sehat Sebagai Bahan Roti dan Kue

04 Aug 2017 @ 03:06:43
Mengenal Tiga Jenis Tepung Sehat Sebagai Bahan Roti dan Kue
Menyantap aneka jenis kue lezat memang sangat menyenangkan. Kue tidak hanya menjadi camilan istimewa yang menggiurkan, tetapi juga bisa menjadi pengganjal lapar di sela-sela aktivitas karena hampir semua jenis kue terbuat dari tepung yang merupakan sumber karbohidrat bagi tubuh. 

Anda pasti sudah tidak merasa asing lagi dengan tepung terigu sebagai bahan dasar kue. Namun selain tepung terigu, ternyata banyak jenis tepung lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kue. Mari mengenal 3 jenis tepung sehat berikut ini. Agar nanti Anda bisa membuat kreasi kue dan roti yang lebih beragam dan menarik.

Tepung Tapioka yang Bebas Gluten

Tepung tapioka terbuat dari bahan dasar singkong. Jenis tepung yang satu ini tidak memiliki rasa dan aroma tertentu. Sehingga bisa dikreasikan untuk membuat kue bercita rasa gurih maupun manis. Jenis tepung yang satu ini mengandung karbohidrat tinggi tetapi rendah lemak dan protein. Kandungan tersebut membuat tepung tapioka sangat cocok bagi orang yang alergi gluten.

Pati singkong yang terkandung dalam tepung tapioka memiliki susunan yang mirip serat tidak larut. Inilah yang membuat tepung tapioka bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Kesehatan usus akan terjaga dan Anda terhindar dari risiko sembelit. Tepung tapioka juga memiliki kandungan natrium yang sangat rendah dan tidak berbahaya bagi pengidap hipertensi. Risiko hipertensi jangka panjang dan penyakit serius lainnya seperti stroke bisa dihindari sedini mungkin.

Cek juga kategori kami: Biskuit Enak & Crackers

Tepung Gandum Utuh, Tepung Buckwheat, dan Tepung Kamut

Ketiga jenis tepung ini sama-sama terbuat dari gandum. Perbedaannya terletak pada jenis tanaman gandum yang digunakan. Tepung gandum, tepung buckwheat, dan tepung kamut sama-sama mengandung serat dan rendah kalori. Sehingga sangat baik untuk bahan baku kue dan roti sehat. Tepung gandum pasti sudah tidak asing bagi Anda. Namun bagaimana dengan tepung buckwheat dan tepung kamut?

Tepung buckwheat mengandung protein tinggi dan kaya mineral. Anda bisa memperoleh asupan fosfor, mangan, magnesium, dan jenis mineral lainnya bila mengonsumsi kue berbahan dasar tepung buckwheat. Kandungan vitamin C dan anti oksidannya pun sangat tinggi dan baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda. Menyantap kue berbahan dasar tepung buckwheat tidak akan membuat Anda mudah lapar karena tubuh akan mengonsumsi kandungan seratnya dalam waktu lama.

Tepung kamut juga tidak kalah bergizi dibandingkan tepung gandum dan tepung buckwheat. Jenis tepung yang satu ini berasal dari tanaman gandum populer di Mesir yang disebut pharaoh grain. Biji kamut mengandung protein 30% lebih banyak dibandingkan jenis biji-bijian lain. Tidak cuma kaya energi dan mineral, tepung kamut juga mengandung asam amino yang cukup tinggi. Kini penggunaan tepung kamut divariasikan sebagai bahan dasar kue, roti, biskuit, dan pasta.

Tepung Quinoa Merah dan Putih

Ternyata sekarang Anda juga bisa menemukan olahan biji quinoa berbentuk tepung. Kehadiran tepung quinoa merah dan putih akan memudahkan Anda bila ingin membuat kue. Sama seperti biji quinoa utuh, tepung quinoa juga menjadi sumber karbohidrat yang kaya serat dan mineral.

Lebih hebatnya lagi, tepung quinoa juga punya kandungan omega 3 yang setara dengan minyak ikan. Kandungan gluten yang sangat rendah membuat tepung quinoa aman bagi orang-orang yang alergi gluten. Daya tahan tubuh akan senantiasa baik dan terhindar dari risiko peradangan bila mengonsumsi makanan berbahan dasar tepung quinoa.

Kalau ingin mendapatkan tepung tapioka, tepung buckwheat, dan tepung quinoa, Anda bisa mengakses website Lemonilo karena marketplace produk sehat yang satu ini sudah menyiapkan varian tepung yang sangat lengkap untuk Anda. Membuat kue dan roti jadi makin mudah bila Anda sudah menentukan jenis tepung yang tepat. Mari bersiap membuat penganan lezat nan sehat favorit Anda dan keluarga!

Cek juga kategori kami: Biskuit Enak & Crackers

Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Hati-Hati! Pikiran Anda Terhadap Makanan Berdampak Pada Tubuh
“Jika kita melihat suatu makanan yang sama, belum tentu kita memandang dan mencernanya dengan cara yang sama”Perasaa..
OT Handoko
22 November 2017
Ternyata Kebahagiaan Hidup Anda Tergantung Pada Makanan juga Lho!
Ada banyak hal yang bisa saja membuat bahagia. Anda bisa saja melakukan hal-hal yang membuat hati Anda ceria seperti jal..
OT Handoko
22 November 2017
Apa sih bedanya Oatmeal dan Granola?
Gaya hidup sehat yang semakin booming membuat masyarakat terdorong mencari produk-produk sehat yang ramah dengan tubuh d..
OT Handoko
21 November 2017