Mengerikan, 5 Bahan Pengawet Kimia Ini Sering Kamu Konsumsi Lho!

12 Mar 2018 @ 18:11:18
Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahan pengawet kimia merupakan bahan yang amat merugikan dan memberikan dampak negatif bagi tubuh jika dikonsumsi terus-menerus. Sayangnya, beberapa produsen nakal tetap nekat untuk memasukkan bahan pengawet tersebut demi keuntungan, produk yang tahan lama, dan minimnya biaya produksi.

Biar begitu, jangan terlebih dahulu untuk merasa bebas dari bahan pengawet kimia ini. Bisa saja kamu sudah mengonsumsi dalam waktu yang lama karena makanan kesukaan Anda mengandung banyak bahan pengawet kimia. 

Lantas, bahan pengawet kimia apa yang banyak dimasukkan dalam produk di pasaran? Yuk, pahami dan cari tahu di artikel ini!

1. BHA & BHT

Jika kamu membaca dengan jeli bahan pembuatan yang kamu beli dan konsumsi, kamu akan menemukan bahwa kedua jenis bahan pengawet ini masuk di dalam daftar. BHA merupakan singkatan dari Butylated hydroxyanisole sedangkan BHT merupakan singkatan dari Butylated hydroxytoluene. Kedua jenis pengawet ini masuk dalam nominasi pertama sebagai pengawet yang banyak digunakan.

Kedua jenis bahan pengawet ini biasanya muncul sebagai bahan pengawet dari sereal, cemilan, permen karet, mentega, dan aneka makanan yang dipangggang. Kedua jenis bahan pengawet ini amat berbahaya jika dikonsumsi terus menerus karena dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan tumor karena keduanya bersifat karsinogen.

2. TBHQ

TBHQ atau Tertiary Butylhydroquinone merupakan pengawet kimia yang banyak digunakan di hampir semua jenis bahan makanan di pasaran. TBHQ bisa kamu temukan di produk mie instan, cemilan, minuman, ataupun fast foods. Bahkan., FDA (Badan Pengawas Makanan Amerika) membatasi penggunaan TBHQ pada makanan. 

Hal yang patut dicermati dari penggunaan dan konsumsi TBHQ adalah efek sampingnya yang bisa menyebabkan  hiperaktif pada anak-anak dan menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Selain itu, TBHQ juga dapat mempengaruhi kemampuan untuk mempunyai keturunan, asma, dan penyakit jantung. 

3. Benzoat

Nama yang satu ini tentu sering kamu lihat pada daftar bahan pembuatan yang dicetak di kemasan produk. Jika Anda melihatnya, pikir dua kali untuk membelinya karena keluarga Benzoat merupakan bahan pengawet kimia pada makanan yang dikenal berbahaya dan merugikan. 

Keluarga Benzoat, semisal Sodium Benzoat, Natrium Benzoat, ataupun Kalium Benzoat, biasanya ditemukan pada produk margarin, selai, jelly, dan makanan kalengan. Gangguan kesehatan akibat penggunaaan benzoat berlebih antara lain muntah, mual, nyeri pada bagian perut, iritasi lambung, asma, dan sesak nafas.

4. Sulfit

Seperti Benzoat, keluarga Sulfit perlu kamu cermati penggunaannya. Keluarga Sulfit umumnya muncul pada produk bumbu, roti, daging, atau jenis bahan makanan segar lainnya. Saking berbahayanya, FDA melarang penggunaan sulfit di berbagai produk, baik makanan maupun minuman. 

Keluara Sulfit dapat menyebabkan asma, gangguan pernafasan, nyeri pada bagian perut, diare, dan mual. Yang lebih berbahaya jika sulfit bercampur dengan senyawa yang terdapat di dalam tubuh. 

5. Kalium Sorbat

Jika dilihat dari struktur kimiawinya, Kalium Sorbat merupakan garam sintetis yang dihasilkan dari Asam sorbat (Sorbic acid). Karena Asam Sorbat banyak dilarang di beberapa negara, penggunaan Kalium sorbat sebagai turunan juga dianggap membahayakan kesehatan. 

Jenis pengawet kimia ini banyak ditemui di saus, produk daging, keju, yogurt, cemilan, dan buah kering untuk menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri serta menunda perubahan rasa dan warna pada produk. Biar begitu, efek yang ditimbulkan oleh pengawet ini antara lain migrain, menurunkan sistem imun tubuh, gatal pada saluran pencernaan, dan nyeri lambung.

Nah, sekarang kamu sudah kenal semua jenis bahan pengawet kimia yang banyak digunakan di dalam produk yang terdapat di pasaran. Bisa jadi, beberapa jenis pengawet ini memang sering kamu konsumsi namun kamu tak menyadarinya. 

Untuk itu, mulailah jeli dalam melihat bahan pembuatan setiap produk. Jika ada bahan pengawet kimia ini, pikir dua kali sebelum membelinya. Lebih baik seperti ini daripada sakit kemudian. 

Lemonilo berkomitmen untuk memberikan produk terbaik bebas bahan pengawet kimia di dalamnya. Untuk itulah, di dalam setiap proses kurasi yang kami lakukan selalu ada proses pengecekan bahan pengawet kimia untuk memberikan produk sehat alami terbaik untuk Anda konsumsi.


Artikel Terkait

Gak Akan Nyesel, Inilah Manfaat Utama Virgin Olive Oil Untuk Tubuhmu!
Minyak merupakan sesuatu yang penting untuk kehidupan kamu dan keluarga. Buat masak, bikin kue, ataupun kecantikan adala..
OT Handoko
16 Oktober 2018
MPASI Bayi yang Sehat Dan Bergizi? Inilah 10 Pilihan Terbaiknya!
Tumbuh kembang bayi secara optimal sangat tergantung pada asupan nutrisi yang dia dapatkan melalui makanan sehat untuk b..
Andesma. W
01 Oktober 2018
Apakah Tubuh Manusia Sangat Butuh Probiotik? Temukan Jawabannya Di Sini!
Lemonizen pasti pernah lihat iklan yogurt atau minuman susu fermentasi, bukan? Iklan-iklan produk tersebut sering menonj..
OT Handoko
01 Oktober 2018