Mengerikan, Lebih Dari 3.8 Juta Orang Di Dunia Meninggal Per Tahun Akibat Polusi Udara!

14 Aug 2018 @ 16:59:14
Polusi udara merupakan permasalahan yang menjadi isu di dunia maupun di berbagai negara. Tak hanya negara berkembang, negara maju juga menghadapi permasalahan yang sama. Walaupun sudah ada pengaturan mengenai polusi udara di tiap negara, masih saja ada pihak yang masih tidak mengindahkan aturan ini. Jeanette Stingone, PhD, dokter Mount Sinai Hospital New York mengatakan bahwa ada banyak daerah di Amerika Serikat yang mengeluarkan emisi lebih dari standar nasional Amerika. 

Hal yang lebih miris dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO) yang menyatakan bahwa lebih dari 3.8 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya akibat polusi udara yang semakin buruk di beberapa negara. WHO menambahkan bahwa lebih dari 80% dari angka kematian tersebut disebabkan oleh penyakit jantung dan stroke, sedangkan 20% sisanya disebabkan oleh penyakit pernapasan dan kanker. Tak hanya itu, polusi udara yang buruk juga berpengaruh pada ibu hamil dan menyusui karena memperbesar kemungkinan bayi lahir tidak normal. 

Untuk itu, hal ini perlu menjadi perhatian bagi seluruh kalangan, tidak hanya pada pihak pemerintah. Pertanyaannya, manakah sumber polusi udara yang terbesar di sekeliling kamu? Stay tune di artikel ini untuk mengetahui jawabannya!

Sumber-Sumber Terbesar Polusi Udara Di Dunia

Polusi udara bisa diibaratkan sebagai api yang tidak akan muncul jika tidak ada sumbernya. Uniknya, polusi udara sendiri disebabkan oleh ulah dan tingkah laku manusia sendiri. Kebiasaan buruk  yang tidak memperhitungkan dampak lingkungan jadi alasan kenapa manusia justru yang paling banyak mencemari lingkungan. 

Pabrik dan Manufaktur

Pabrik dan Manufaktur

Jika kamu menanyakan soal penyumbang polusi terbesar, kamu bisa langsung merujuk pada pabrik dan manufaktur. Asap pabrik dan manufaktur setiap hari menghasilkan banyak gas-gas berbahaya seperti Karbon Monoksida, Nitrogen Oksida, ataupun Karbon Dioksida, yang secara tidak sadar sudah  kamu hirup setiap hari, bahkan untuk orang-orang yang mengendarai mobil sekalipun. 

Kendaraan Bermotor

Kamu perlu sadari bahwa motor atau mobil yang kamu kendarai juga menjadi penyumbang polusi yang terbesar di dunia. Terlebih lagi, kendaraanmu menghasilkan asap kendaraan yang akhirnya terbang hingga ke atmosfer yang sebabkan pemanasan global. Tak heran jika pengendara sepeda motor dan supir mobil sering mengalami masalah pernapasan karena sering terpapar karbon dioksida dan karbon monoksida yang keluar dari  knalpot kendaraan bermotor. 

Pembakaran Hutan & Asap Rumah Tangga

Lagi-lagi, polusi disebabkan oleh manusia sendiri yang perlahan-lahan mencemari lingkungan dan merusak kesehatannya sendiri. Pembakaran hutan dan asap rumah tangga juga memegang peranan penting dalam terciptanya polusi udara yang begitu besar di dunia. Pembakaran hutan dan asap rumah tangga menghasilkan karbon dioksida yang jika dihirup secara terus-menerus bisa menimbulkan gangguan kesehatan. 

Rokok

Rokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebiasaan merokok bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh si penikmatnya. Tak hanya itu, rokok nyatanya menyebabkan polusi udara yang cukup tinggi. Bahkan, bahaya asap rokok lebih tinggi bahayanya terhadap kesehatan tubuh, baik penikmat maupun orang di sekelilingnya. 

Mencegah Bahaya Dari Polusi Udara Pada Kesehatan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, polusi udara menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup serius. Penyakit yang bisa disebabkan oleh polusi adalah penyakit jantung, stroke, kanker, dan gangguan saluran pernapasan kronis. 

Hal ini bisa disebabkan karena partikel polusi yang terhirup dapat mengendap di paru-paru, menyumbat saluran peredaran daran ataupun menyebabkan inflamasi pada sel-sel tubuh sehingga bisa memicu kanker. Selain itu, polusi membuat radiasi sinar matahari semakin tajam menembus kulit manusia yang memicu kulit kering atau kanker kulit 

Menggunakan Masker Ketika Masuk Pada Area Terpapar Polusi

Menggunakan Masker Ketika Masuk Pada Area Terpapar Polusi

Salah satu cara yang paling mudah untuk menghindar dari polusi udara adalah dengan menggunakan masker setiap kali berada di area yang terpapar polusi seperti di pabrik atau di jalan raya. Walaupun tidak sepenuhnya menghindarkan kamu dari dari polusi udara, hal ini paling tidak mengurangi jumlah partikel polusi yang masuk ke dalam saluran pernapasan dan ke dalam tubuh. 

Mengonsumsi dan Mengadaptasi Hidup Sehat Untuk Cegah Efek Dari Polusi Udara

Mengonsumsi dan Mengadaptasi Hidup Sehat Untuk Cegah Efek Dari Polusi Udara

Cara mengurangi potensi polusi di atas bisa kamu imbangi dengan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga rutin setiap hari. Makanan sehat dan olahraga rutin bisa mencegah potensi penyumbatan saluran darah yang memicu resiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, vitamin dan antioksidan yang dihasilkan makanan sehat yang kamu konsumsi mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan sel yang memicu terjadinya kanker. 

Berjalan Kaki atau Menggunakan Kendaraan Umum Ketika Bekerja ataupun Bepergian

Berjalan Kaki atau Menggunakan Kendaraan Umum Ketika Bekerja ataupun Bepergian

Untuk mengurangi polusi udara yang semakin marak, tentunya harus mulai dari sumbernya langsung. Salah satunya adalah dengan mengurangi frekuensi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke kendaraan umum. Dengan berkurangnya kendaraan umum di jalan, bisa mengurangi kadar asap yang menjadi polusi udara. Selain itu, kamu bisa mencoba cara sehat untuk bepergian, yaitu berjalan kaki atau menggunakan sepeda. 

Mengurangi Konsumsi Produk Daging Demi Kurangi Polusi Udara

Mengurangi Konsumsi Produk Daging Demi Kurangi Polusi Udara

Kamu tentu bingung tentang apa hubungannya antara polusi udara dengan produk daging. Di negara-negara besar, seperti Amerika Serikat, pabrik produk daging ikut turut andil dalam memberikan cukup besar residu yang berubah menjadi polusi udara. Untuk itu, dengan mengurangi konsumsi daging, tentunya mengurangi asap yang dihasilkan dari proses produksi. 

Stop Merokok Sekarang Juga!

Stop Merokok Sekarang Juga!

Merokok tidak baik untuk kesehatan si perokok dan orang di sekitarnya, bahkan para perokok pasif lebih berbahaya daripada si perokok sendiri. Selain itu, rokok juga menjadi polusi yang bahayanya jauh lebih besar daripada asap kendaraan. Untuk itu, perlu adanya kesadaran bersama bahwa rokok adalah musuh yang membunuh secara perlahan dengan melemahkan sistem imun manusia.


Artikel Terkait

Kamu Punya Diabetes? Olahraga Berikut Ini Cocok dan Bermanfaat Untukmu!
Mungkin, kamu sudah memahami bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan banyak korban jiwa di seluruh..
OT Handoko
14 Desember 2018
Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018