Mengetahui Superfood, Makanan Super Untuk Tubuh

03 Jan 2017 @ 19:49:05
Oleh RA Maharani & S Nurfauzia
Mengetahui Superfood, Makanan Super Untuk Tubuh

Banyak makanan kini diklaim sebagai superfood atau makanan yang mengandung nutrisi super yang lebih banyak dan lebih berkhasiat untuk tubuh dibandingkan dengan jenis makanan lain. Namun, apakah sebenarnya superfood?


Superfood merupakan kelompok makanan yang memiliki kandungan nutrisi sangat tinggi, diantaranya anti-oksidan, polifenol, vitamin dan mineral. Konon, konsumsi superfood secara konsisten dapat membantu mengurangi resiko penyakit kronis, memperpanjang usia, dan membuat tubuh lebih langsing.


Tren mengonsumsi superfood sendiri juga telah sampai di Indonesia. Saat ini beragam jenis superfood dapat ditemukan di tanah air dan sudah banyak dijual dalam bentuk bubuk atau makanan biji-bijian. Lalu, apa saja makanan yang dapat disebut sebagai superfood?


Buah Pomegranate


Buah pomegranate atau buah pome dikenal dengan bentuk bijinya yang menyerupai permata merah, dan kaya akan vitamin A, C, E, serat, dan zat besi. Buah yang digunakan sebagai bahan pengobatan di Timur Tengah sejak ribuan tahun ini diklaim efektif menangani tekanan darah tinggi, penyakit jantung, peradangan, dan beberapa jenis kanker seperti kanker prostat. Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa buah pome memiliki efek positif bagi manusia, dalam bentuk penurunan tekanan darah.


Mengonsumsi buah pome dapat dilakukan dengan dimakan langsung maupun meminumnya dalam bentuk jus yang tidak mengandung gula tambahan. Manfaat super buah pome juga bisa didapatkan melalui bentuk ekstraksi bubuk yang dapat digunakan untuk dicampur ke dalam makanan atau minuman sehari-hari, maupun cold press juice.


Biji Chia


Chia adalah biji dari tanaman Salvia hispanica dari Mexico. Chia memiliki nutrisi tinggi karena mengandung asam lemak omega-3, protein, serat, karbohidrat, antioksidan, dan kalsium. Biji ini dengan mudah dapat ditambahkan pada menu harian seperti sereal, sayur, nasi, saus, dan minuman seperti yogurt dan bahkan air putih. Chia juga dipercaya dapat menurunkan berat badan karena fungsinya sebagai alternatif gandum utuh yang dapat membantu memberikan efek kenyang sehingga menekan nafsu makan.


Buah Berry


Hampir semua buah-buahan berry memiliki kandungan gizi yang kaya manfaat karena mengandung antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari penyakit seperti alzhaimer dan kanker. Buah-buahan berry kaya akan phytonutrients yang dapat menetralkan radikal bebas pemicu kerusakan sel dan penuaan dini.  Terdapat bermacam-macam buah berry yang mengandung manfaat kesehatan. Empat diantaranya adalah blueberry, strawberry, blackberry dan maqui berry.


Maqui berry dipercaya sebagai buah berry yang paling baik dibandingkan dengan jenis buah berry yang lain. Buah yang tumbuh di hutan ini dipercaya berguna untuk menutrisi kulit, detoksifikasi dan menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Karena memiliki kadar serat yang tinggi, maqui berry juga sangat berguna untuk seseorang yang sedang diet. Saat ini, maqui berry dapat dinikmati secara praktis dalam bentuk bubuk yang dapat dicampur dengan makanan atau minuman kita sehari-hari.


Daun Kale


Kale dipercaya sebagai sayuran yang bisa mencegah terjadinya kanker serta memiliki kadar antioksidan tinggi. Tidak hanya itu saja, daun sejenis kubis ini juga tinggi serat, rendah kalori dan tinggi zat besi. Maka tidak heran, sayuran ini dijuluki sebagai “the queen of greens”. Apabila Anda termasuk seseorang yang tidak terlalu suka mengonsumsi sayuran, maka keripik kale bisa menjadi alternatif untuk Anda dalam menikmati manfaat sehat kale.


Selain dari keempat jenis makanan di atas, terdapat jenis makanan lainnya yang dianggap masuk ke dalam kategori superfood seperti salmon, acai berry, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
Oleh OT Handoko
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
Oleh OT Handoko
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..