Menggunakan Madu Sebagai Pemanis Alternatif Pengganti Gula

29 Aug 2017 @ 11:55:13
Oleh OT Handoko
Menggunakan Madu Sebagai Pemanis Alternatif Pengganti Gula
Beberapa tahun belakangan ini, permintaan madu murni kian meningkat. Kebiasaan masyarakat untuk menggunakan madu sebagai pemanis pada resep makanan dan minuman menjadi alasan mengapa tingginya minat masyarakat terhadap madu. Rasa manis khas yang terdapat pada madu memang dapat memperkaya cita rasa aneka hidangan, apalagi variasi rasa madu juga sangat beragam. Variasi ini tergantung pada jenis pohon darimana madu tersebut berasal.
 
Untuk Anda yang terbiasa menggunakan gula pasir sebagai pemanis, penggunaan madu mungkin akan terasa aneh untuk Anda. Selain rasa yang cukup tak lazim di lidah, takaran madu yang pas masih menjadi hal yang mengganjal ketika menggunakan madu dalam makanan dan minuman Anda. Biar begitu, Anda tidak boleh kecil hati karena madu ini kaya akan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Apa saja? Yuk, cari tahu di artikel tentang madu ini!

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Mengonsumsi madu secara teratur dengan porsi seimbang akan membuat Anda mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

  • Sumber Energi Bagi Tubuh
Madu mengandung glukosa, fruktosa, vitamin, dan aneka jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Itulah sebabnya aneka makanan yang mengandung madu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh. Tubuh akan kembali fit dan bersemangat bila kebutuhan energinya tercukupi dengan baik.

  • Anti Bakteri Alami
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Waikato New Zealand, semua jenis madu berfungsi sebagai anti bakteri alami karena secara alami, lebah menambahkan enzim yang menimbulkan kandungan hidrogen peroksida pada madu. Hasilnya, daya tahan Anda akan senantiasa stabil ketika mengonsumsi madu setiap hari.

  • Mengurangi Batuk dan Iritasi Tenggorokan
Batuk yang tidak kunjung sembuh biasanya menimbulkan iritasi dan rasa nyeri pada tenggorokan. Namun hal ini tidak akan Anda alami bila Anda mengonsumsi madu karena madu terbukti sama efektifnya dengan dextromethorphan yang akan meringankan batuk dan meningkatkan kualitas tidur. Anda tidak akan merasa tersiksa dan sulit tidur lagi karena batuk sepanjang hari.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka
Kandungan silver sulfadiazene pada madu terbukti ampuh mempercepat penyembuhan luka. Luka pada tubuh akan lekas mengering dan sembuh karena madu berperan sebagai anti bakteri sekaligus pengering luka.

  • Membantu Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah
Beberapa jenis madu memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan pemanis lain. Hal ini membuat konsumsi madu bisa membantu menstabilkan kadar gula darah. Perpaduan glukosa dan fruktosa pada madu akan membantu kadar gula darah beradaptasi dengan cepat. Risiko diabetes melitus tipe 2 pun bisa diminimalkan.

  • Ragam Penggunaan Madu
Madu adalah jenis pemanis yang mudah dipadukan dengan aneka jenis makanan dan minuman. Biasanya madu digunakan sebagai bahan olesan untuk aneka hidangan yang dibakar dan dipanggang karena madu bisa memberikan efek karamelisasi dan memperkuat rasa manis pada aneka makanan. Beragam makanan yang diolesi madu akan kelihatan lebih menggugah selera.

Sementara untuk minuman, penggunaan madu bisa menggantikan gula atau jenis pemanis lainnya. Tekstur madu yang kental akan mempengaruhi konsistensi aneka jenis minuman. Jenis madu yang berbeda-beda berdasarkan asal pohonnya juga akan menghasilkan rasa yang berbeda.

Menggunakan Madu Sebagai Pemanis

Sebagai bahan pemanis pada aneka makanan dan minuman, madu memang bisa menggantikan gula pasir. Itulah sebabnya penggunaan gula pasir mesti dikurangi jika Anda menambahkan madu. Sesuaikan perbandingan jumlah gula pasir dan madu supaya Anda mendapatkan rasa manis yang pas. Madu adalah jenis pemanis yang sehat bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Nutrisi dalam madu akan membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh Anda.

Bila Anda ingin memilih madu berkualitas, Anda bisa memesannya di Lemonlilo. Kini Lemonilo memang menyiapkan aneka varian madu murni yang kaya manfaat. Anda pun tidak perlu khawatir akan memperoleh madu palsu bila membelinya di Lemonilo karena semua produk madu di Lemonilo sudah terjamin kandungan gizi dan keasliannya. 

Mulai hari ini, jangan lupa menyiapkan madu di dapur rumah Anda. Penggunaan madu akan menjadi variasi istimewa dalam berbagai resep makanan dan minuman. Berkreasi menciptakan hidangan lezat dan bergizi memang tidak sulit bila Anda sudah memahami caranya.

Lihat juga: Bahan madu asli

Artikel Terkait

Oleh S Nurfauzia
We hear you! Menyambut hari raya Tahun Baru Islam 1 Muharram dan juga HARPITN..
Oleh OT Handoko & V Istarinda
Sebagai start up healthy lifestyle ecosystem pertama di Indonesia, Lemonilo memiliki misi untuk memastikan seluruh masya..
Oleh OT Handoko
Berbelanja merupakan sebuah pengalaman yang menyenangkan untuk dilakukan. Jelas akan lebih menyenangkan jika setiap pemb..