Mengkonsumsi Oats Untuk Diet Sehat

04 Aug 2017 @ 02:44:56
Beberapa tahun belakangan ini, kesadaran untuk hidup sehat di Indonesia makin meningkat. Beragam tips hidup sehat bisa jadi acuan tepat bagi Anda yang ingin menjaga kebugaran tubuh. Karena kini menjaga kebugaran dan memiliki tubuh sehat tidak lagi identik dengan sesuatu yang sulit dan mahal. 

Salah satu cara terbaik untuk memiliki tubuh sehat dan bersemangat adalah mengatur pola makan secara seimbang. Konsumsi oats dengan cara dan porsi yang pas rupanya bisa meminimalkan risiko penimbunan kalori bagi tubuh. Ingin tahu lebih banyak tentang konsumsi oats untuk diet sehat? Yuk, simak ulasan dan tips hidup sehat ini!

Ragam Manfaat Istimewa Oats Bagi Tubuh

  • Membuat Anda Kenyang Lebih Lama

Oats merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi semua orang. Jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lain seperti nasi, jagung, atau umbi-umbian, oats punya kandungan serat yang lebih banyak. Kandungan serat tidak larut dalam oats akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga keinginan untuk ngemil secara berlebihan pun dapat diminimalkan.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya mengandung serat tidak larut, oats juga mengandung serat larut yang disebut beta glucan. Serat larut ini bisa mencegah timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Risiko penyakit jantung akibat penyumbatan pembuluh darah tidak akan mengintai kesehatan Anda. Proses peredaran darah dalam tubuh akan berlangsung lancar. Tekanan darah Anda pun relatif stabil setiap saat. Anda tidak perlu mengkhawatirkan komplikasi penyakit serius akibat tekanan darah tinggi.

  • Organ Pencernaan Akan Senantiasa Sehat

Beta glucan pada oats juga punya manfaat lain untuk menjaga kesehatan organ pencernaan, khususnya usus. Bakteri-bakteri baik di usus akan berperan maksimal menguraikan sisa makanan. Hasilnya, Anda tidak perlu lagi mengalami sembelit yang menyiksa dan mengganggu kenyamanan Anda.

Oats Instan vs Overnight Oats

Menyantap oats sekarang tak akan membuat Anda repot memasak dalam waktu lama. Ada banyak produk oats instan yang hanya perlu diseduh dengan air panas atau dimasak selama 5 menit. Anda pun leluasa menyantap oats saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Karena oats instan bisa divariasikan dengan cita rasa gurih atau manis sesuai selera. Gunakan bahan-bahan pelengkap di dapur Anda untuk menyempurnakan sajian oats yang akan Anda santap.

Oats instan juga bisa diolah menjadi overnight oats. Ide membuat overnight oats sangat cocok bagi Anda yang selalu sibuk di pagi hari. Anda hanya perlu merendam oats dengan air panas, susu, atau yoghurt sesuai selera. Kemudian tambahkan topping bergizi berupa potongan buah-buahan, aneka jenis kacang, madu, selai cokelat, atau selai kacang. 

Bila semua bahan-bahan sudah siap dan telah dimasukkan dalam wadah kaca, Anda cukup menyimpan overnight oats di lemari pendingin selama semalaman. Keesokan harinya, Anda bisa menyantap overnight oats sebagai sarapan. Oats instan maupun overnight oats bisa Anda kreasikan sesuai selera dan waktu senggang Anda. Pasti rutinitas yang ekstra sibuk tak akan menghalangi Anda untuk membuat variasi hidangan oats yang sehat dan praktis.

Konsumsi Oats untuk Diet Sehat

Konsumsi oats secara teratur dengan porsi seimbang memang menjadi bagian penting dalam pola hidup sehat. Anda jangan hanya berupaya diet sehat dengan penurunan berat badan. Jalankan diet sehat Anda secara konsisten demi tubuh yang lebih sehat dan bugar. 

Kedisiplinan Anda akan membuahkan bonus berupa tubuh yang lebih ideal dan menarik. Tujuan utama diet sehat bukanlah tubuh atletis, melainkan tubuh sehat dengan daya tahan yang baik dan senantiasa prima. Mulailah dengan menyantap oats sebagai sumber karbohidrat utama dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Aneka jenis oats berkualitas bisa Anda dapatkan di Lemonilo. Karena Lemonilo berkomitmen menyiapkan segala produk sehat yang dibutuhkan masyarakat modern. Tidak perlu repot dan menunggu lama, pesanan oats Anda akan segera dikirim ke tempat tujuan. Sudah menyiapkan aneka resep untuk membuat kreasi oats yang Anda sukai?

Lihat juga: Sereal granola

Artikel Terkait

Mengerikan, Lebih Dari 3.8 Juta Orang Di Dunia Meninggal Per Tahun Akibat Polusi Udara!
Polusi udara merupakan permasalahan yang menjadi isu di dunia maupun di berbagai negara. Tak hanya negara berkembang, ne..
OT Handoko
14 Agustus 2018
Moms, Inilah 6 Mitos dan Fakta Menyusui (Breastfeeding) yang Wajib Kamu Tahu
Menyusui (breastfeeding) merupakan salah satu hal yang dianjurkan pada para ibu untuk dilakukan. Selain memberikan ikata..
Andesma. W
09 Agustus 2018
Terkesan Menakutkan, Ternyata Inilah 5 Manfaat Kesehatan Dari Donor Darah!
Banyak hal yang punya banyak manfaat untuk diri sendiri dan sesama, salah satunya adalah donor darah. Sayangnya, banyak ..
OT Handoko
07 Agustus 2018