Mengolah Sayur dan Buah Menjadi Jus Untuk Diet Sehat

08 Feb 2017 @ 17:56:28

Jus merupakan minuman berupa sari buah-buahan atau sayuran yang diperoleh melalui proses penghancuran dengan blender atau juicer. Di masa kini, terdapat juga cold pressed juice yang menggunakan teknologi penghancuran secara lebih lambat sehingga nutrisi dari buah atau sayur tidak terbuang. 

Jus buah lebih baik dikonsumsi beserta ampasnya agar nutrisinya tetap utuh dan kandungan seratnya tidak berkurang. Begitu pula dengan jus sayur, Anda bisa langsung meminumnya tanpa menyaringnya terlebih dahulu.

Namun, bagi Anda yang memang kurang menyukai konsumsi sayur dan buah, meminum jus sayur atau jus buah tanpa ampas tetap merupakan pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan. Jus sayur atau jus buah tanpa ampas tetap kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan seratnya pun sebenarnya tetap ada tapi dalam jumlah sedikit. 

Manfaat Konsumsi Jus Buah dan Sayur

Banyak sekali manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi jus buah atau jus sayur. Beberapa di antaranya adalah menjaga daya tahan tubuh, mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian, melancarkan pencernaan, dan melawan radikal bebas. Mengonsumsi jus untuk diet dan menjaga berat badan juga merupakan pilihan yang tepat untuk menjalani hidup sehat. Kandungan serat di dalamnya akan memberikan efek kenyang lebih lama sehingga akan mengurangi nafsu makan berlebih.

Jus buah dan sayur juga kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Beberapa dampak buruk radikal bebas yang dapat dilawan dengan antioksidan antara lain adalah penuaan dini dan kanker. Meski sudah melalui proses penghancuran, jus buah dan sayur tetap memiliki jumlah antioksidan yang tidak jauh berbeda dengan kandungan antioksidan pada buah dan sayur yang masih utuh.

Keuntungan mengonsumsi buah dan sayur dalam bentuk jus adalah kemudahan dan kepraktisan karena Anda dapat langsung meminumnya tanpa perlu mengupas atau memotong buah dan sayuran. Selain lebih hemat waktu dan mudah untuk mengonsumsinya, buah dan sayur dalam bentuk jus juga memiliki rasa yang relatif lebih menyegarkan, terutama jika jus buah dan sayur disajikan dalam keadaan dingin.

Terlebih lagi jika Anda membeli jus dalam kemasan. Anda bahkan tidak perlu repot menyiapkan aneka buah atau sayur untuk dijus. Jus buah, jus sayur, dan cold pressed juice dalam kemasan bisa langsung Anda konsumsi setiap saat dan rasanya cenderung lebih enak daripada jus buatan sendiri karena biasanya diformulasi secara khusus oleh produsennya, terlebih jika disajikan dingin.

Hal Penting dalam Konsumsi Jus Buah dan Sayur Untuk Diet Sehat

Jus buah dan sayur merupakan pilihan yang tepat untuk diet maupun menjaga kesehatan. Buah dan sayur kaya akan nutrisi bermanfaat dan bebas dari lemak. Akan tetapi, Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal dalam membuat dan mengonsumsi jus untuk diet agar manfaat baiknya tidak berkurang atau bahkan hilang.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah penambahan gula atau susu ke dalam jus. Sering kali gula dan susu ditambahkan dalam jumlah banyak untuk membuat jus terasa lebih enak saat diminum. Sebenarnya, rasa asli buah dan sayur sudah cukup manis dan segar untuk dikonsumsi. 

Akan tetapi memang beberapa orang kurang menyukai rasa serta aroma buah dan sayuran sehingga menggunakan penambahan gula dan susu untuk menutupinya. Jika Anda tetap ingin menambahkan gula atau susu ke dalam jus buah dan sayur, gunakanlah sedikit saja gula alami atau susu rendah lemak.

Sayur dan Buah Menjadi Jus Untuk Diet Sehat


Jika Anda membeli jus dalam kemasan, perhatikan komposisinya, apakah terdapat penggunaan pengawet, pewarna, atau bahkan pemanis buatan pada produk tersebut. Jangan sampai jus untuk diet yang Anda konsumsi malah berbalik menjadi sumber penyakit. Akan lebih baik lagi jika jus terbuat dari sayur atau buah organik karena sayur dan buah organik bebas dari bahan-bahan kimia sehingga manfaat sehatnya akan lebih optimal. Pastikan juga untuk segera menghabiskan jus sayur, jus buah, atau cold pressed juice setelah membuka kemasannya agar kualitas nutrisinya tetap terjaga.

Konsumsi jus, baik jus buah maupun jus sayur, yang paling baik adalah dengan langsung meminumnya segera setelah dihaluskan agar nutrisinya belum mengalami perubahan karena adanya udara dan panas suhu ruangan. Anda juga dapat menambahkan es batu saat membuat jus untuk menambah kesegarannya. 

Hindari mengupas buah-buahan berkulit tipis seperti apel, anggur, pir, atau jambu agar kandungan nutrisi yang Anda dapatkan semakin optimal. Satu hal lagi, pastikan Anda mencuci bersih terlebih dahulu buah dan sayur yang akan dijus agar kotoran dan kuman yang mungkin menempel pada permukaannya dapat disingkirkan.


Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020