Mengamati Kehebatan Si Kacang Mede

02 Feb 2017 @ 18:26:35
Kacang mede merupakan jenis kacang yang banyak digemari oleh masyarakat luas. Bentuk dan rasanya yang unik membuat banyak orang menggandrungi kacang yang berasal dari negara Portugis ini. Tak jarang, banyak produsen yang menjadikan kacang mede sebagai bahan dasar dari makanan yang mereka buat atau sekedar jual kacang mede tanpa diolah lagi. 

Dibalik kenikmatannya, kacang mede ternyata menyimpan banyak manfaat yang baik untuk tubuh Anda, dan belum diketahui orang banyak. Hal ini mungkin menjadi alasan mengapa banyak orang yang menjadikan kacang mede sebagai snack sehat pilihan bagi keluarga. 

Nah, apa saja sih sebenarnya kehebatan si kacang mede yang enak dan sehat ini?

1. Kacang Mede Menyehatkan Jantung

Kacang mede ternyata memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dari kebanyakan kacang lainnnya. Lemak yang dikandung dalam kacang mede mengandung asam oleat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar asam trigliserida yang memicu penyakit jantung. Tak hanya itu, kacang mede memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

2. Kacang Mede Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Kacang mede juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit karena kaya akan Tirosin yang dapat mengubah enzim menjadi pigmen yang menjaga kesehatan kulit dan rambut manusia. Konsumsi kacang mede dalam jumlah yang pas akan membuat rambut Anda menjadi lebih subur dan kulit Anda terlihat lebih sehat.

3. Kacang Mede Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda tidak hanya membutuhkan kalsium namun juga Magnesium yang banyak terkandung dalam kacang mede. Kacang mede juga banyak mengandung tembaga yang amat penting untuk mengoptimalkan fungsi enzim dalam penggabungan kolagen dan elastin yang memberikan kekuatan pada tulang dan sendi.

4. Kacang Mede Mencegah Kanker

Kacang mede memiliki zat flavanol yang ampuh dalam mencegah dan menghentikan pertumbuhan tumor dan sel-sel kanker dalam tubuh. Studi terbaru mengatakan bahwa kacang mede dapat mengurangi resiko kanker usus. Kadar tembaga yang banyak dikandung dalam jenis kacang-kacangan ini dapat mencegah radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab dari penyakit jantung koroner dan kanker.

5. Kacang Mede Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan lemak monoansaturated yang terdapat dalam kacang mede ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar lemak dalam tubuh. Hal ini sesuai dengan penelitian yang menunjukkan bahwa untuk menurunkan berat badan dan lemak dalam tubuh, kita perlu mengganti konsumsi makanan yang mengandung lemak saturated dengan unsaturated, sebagaimana yang dikandung dalam kacang mede. 

6. Kacang Mede Mencegah Batu Empedu 

Dalam studi Nurses' Health Study dikatakan bahwa setiap wanita yang mengkonsumsi setidaknya 1 ons kacang mede setiap minggunya memiliki resiko batu empedu yang lebih rendah. Studi ini menunjukkan bahwa kacang mede mampu menjauhkan Anda dari resiko kerusakan empedu untuk jangka panjang.

7. Kacang Mede Membuat Anda Lebih Rileks

Kandungan magnesium yang banyak terdapat dalam kacang mede dapat membuat saraf Anda lebih santai dan rileks. Karenanya, konsumsilah kacang mede dalam jumlah yang cukup di saat bekerja untuk meningkatkan konsentrasi Anda. 

Kacang mede merupakan salah satu snack sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sediakan selalu kacang mede untuk keluarga Anda di rumah, dan jaga keluarga Anda untuk selalu sehat bersama Lemonilo.com!


Artikel Terkait

Stop Makan Gorengan, Ini 7 Ide Camilan Sehat untuk Buka Puasa!
Terlambat pulang kerja, macet dan kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi seringkali membuat kita terpaksa buka puasa..
Shella Rafiqah Ully
28 Mei 2019
Selain Daun Katuk, 8 Buah Segar Ini Bisa Ibu Andalkan untuk Lancarkan Produksi ASI
Pilihan makanan alami untuk melancarkan Air Susu Ibu (ASI) pasti jatuh pada daun katuk. Ini karena berbagai penelitian s..
Shella Rafiqah Ully
25 Maret 2019
Tahukah Bunda, Ternyata Susu Almond Bisa Lancarkan Produksi ASI?
Air Susu Ibu (ASI) mengandung semua nutrisi baik yang dibutuhkan bayi, sebab itu memberikan ASI secara ekslusif kepada ..
Shella Rafiqah Ully
18 Maret 2019