Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Meningkatkan Massa Otot dan 6 Manfaat Ikan Gindara Lainnya

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Nikmati daging ikan gindara dan manfaat ikan gindara yang penting untuk tubuh.
Sekilas ikan gindara terlihat seperti ikan tongkol. Bahkan rasa dan tekstur dagingnya pun serupa dan cocok untuk dibuat daging tanpa tulang. Meskipun hampir sama, tetapi kandungan ikan gindara dan tongkol cukup berbeda. Ikan gindara mengandung nutrisi dan mineral yang lebih tinggi daripada ikan tongkol. Maka tak heran, ikan gindara sering disebut ikan yang berfungsi sebagai obat. Fungsi ini didapatkan karena kandungan minyak dari ikan gindara mampu meningkatkan masa otot dan manfaat ikan gindara lainnya bisa kamu dapatkan. Berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh



Keunggulan utama ikan gindara adalah kandungan minyak di dalamnya. Minyak alami ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Hal inilah yang menjadikan kandungan minyak ikan gindara mampu mencegah berbagai penyakit yang menyerang dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Saat cuaca sedang tidak menentu, seperti musim kemarau dan musim hujan, disarankan kamu rutin mengkonsumsi ikan gindara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Baik Untuk Perkembangan Otak dan Kognitif



Ikan gindara mengandung lemak tak jenuh ganda atau docosahexanat (DHA) yang cukup tinggi sebesar 1,98 persen. Lemak tak jenuh ganda ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan kognitif kamu dan sangat baik untuk dikonsumsi pada anak-anak saat masa pertumbuhan. Selain itu, ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan gindara karena kandungan DHA pada manfaat  ikan gindara dapat membantu mengembangkan kemampuan janin pada masa kandungan.

3. Menjaga Kesehatan Mata



Ikan gindara memiliki kandungan omega 3 tinggi yang hampir dimiliki oleh semua ikan laut. Kandungan Omega 3 ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon, tetapi kandungan Omega 3 pada ikan gindara cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Omega 3 dalam tubuh. Manfaat ikan gindara dari Omega 3, yaitu dapat membantu menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung dan mencegah beberapa penyakit berbahaya lainnya.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol



Kolesterol merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, kolesterol dapat menyebabkan komplikasi berbagai penyakit lainnya, mulai dari sakit jantung hingga stroke. Namun, hal ini dapat kamu hindari dengan konsumsi ikan gindara yang dapat mencegah dan menurunkan kolesterol.
Menurut data Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP), ikan gindara mengandung Omega-9 sebanyak 95 persen. Kandungan ini sangat ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol. Bahkan, kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada ikan gindara lebih tinggi daripada kandungan dalam ikan bandeng.

5. Menyembuhkan Tifus dan Demam Berdarah



Minyak ikan gindara juga bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh. Oleh karena itu, manfaat ikan gindara dapat mempercepat penyembuhan penyakit tifus dan demam berdarah. Bagi kamu yang sedang menderita penyakit tifus atau demam berdarah disarankan rutin mengkonsumsi ikan gindara untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam darah.

6. Membantu Mengontrol Berat Badan



Manfaat ikan gindara juga dapat dirasakan bagi kamu yang ingin mengontrol berat badan. Hal ini karena berbagai kandungan dalam ikan gindara akan membantu proses pemecahan lemak dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat kotoran. Karenanya, setelah kamu mengkonsumsi ikan gindara kemungkinan akan mengalami gejala seperti mual, sakit perut, mulas, dan buang air.

Itulah 6 manfaat ikan gindara yang bisa kamu dapatkan saat  mengkonsumsinya. Semoga dengan mengetahui berbagai manfaat ini, kamu bisa lebih rutin untuk mengkonsumsi ikan gindara ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.