Menu Buka Puasa Alternatif Untuk Anda yang Sibuk

04 Aug 2017 @ 01:51:21
Dalam menjalankan ibadah puasa selama Bulan Ramadan bukan merupakan penghalang bagi kita untuk beraktivitas dan bekerja seperti biasanya. Selain makan sahur, asupan nutrisi saat berbuka juga sangat penting untuk diperhatikan. Segeralah berbuka puasa jika saatnya tiba karena selain diajurkan oleh agama, menyegerakan berbuka puasa akan secepatnya mengembalikan energi dalam tubuh.
Pekerjaan atau aktivitas lain mungkin akan membuat Anda terpaksa berbuka puasa di jalan atau bahkan di tempat kerja. Jadi bagaimana jika Anda tidak berada di rumah saat waktu berbuka puasa tiba? Berikut akan kami berikan beberapa alternatif makanan berbuka yang praktis dan bisa Anda sediakan di tempat kerja, tas, maupun kendaraan Anda.

Buah-buahan

Buah merupakan makanan yang kaya akan manfaat. Kandungan serat, vitamin, dan mineralnya sangat baik bagi tubuh. Rasa kenyang setelah memakan buah akan menunda rasa lapar Anda sampai tiba di rumah.

Anda bisa memilih buah-buahan yang bisa langsung dimakan, berukuran kecil, dan tidak terlalu repot mengupasnya seperti anggur, apel, pir, atau pisang. Buah-buahan kering seperti kurma juga sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena kandungan gulanya dapat mengganti energi yang hilang selama seharian.

Roti

Roti sangat cocok jika Anda ingin makanan yang lebih berat saat berbuka. Pilihlah roti gandum agar kandungan seratnya lebih banyak. Jika ingin mengkonsumsi roti dengan rasa manis, sebaiknya pilih selai buah agar Anda masih dapat memperoleh kandungan vitamin dan mineral dari buah saat berbuka puasa.

Biskuit, Kue, atau Cracker

Biskuit, kue, dan cracker merupakan beberapa contoh makanan berbuka puasa yang praktis dalam perjalanan. Memang biskuit, kue, atau cracker terbuat dari banyak tepung, telur, gula, dan susu yang kaya akan kalori. 

Tidak masalah Anda memilih jenis biskuit, kue, dan cracker apa saja jika memang tidak sedang dalam program diet. Akan tetapi jika Anda bermaksud mengendalikan berat badan atau menjalani program diet tertentu, sebaiknya pilih biskuit, kue, dan cracker yang terbuat dari gandum utuh  atau yang memiliki kandungan gula rendah.

Kacang-Kacangan

Bukan hanya biskuit, kue, atau cracker saja yang praktis dijadikan sebagai makanan ringan untuk berbuka puasa. Kacang-kacangan juga bisa dijadikan cemilan sehat untuk mengganjal perut saat berbuka puasa. 

Kacang kaya akan nutrisi baik seperti protein sehingga baik dijadikan sebagai makanan saat berbuka puasa. Simpanlah beberapa bungkus kecil kacang di tas atau di laci meja kerja Anda sebagai cemilan darurat saat berbuka.

Minuman Sehat

Selain menyiapkan aneka makanan untuk berbuka puasa, pastikan juga Anda menyiapkan minuman sehat saat berbuka puasa. Beberapa makanan kering saat berbuka seperti roti, kue, atau cracker tentu akan sulit ditelan jika Anda tidak menyiapkan minuman untuk membasahi kerongkongan. 

Air putih memang minuman yang paling praktis untuk disediakan. Apalagi kini tersedia air putih kemasan dalam berbagai ukuran sehingga menambah kepraktisannya. Akan tetapi, selain air putih Anda juga bisa menyediakan jus buah dalam kemasan, atau sebotol teh rendah gula sebagai teman makan kue dan cracker.

Jika Anda menghendaki konsumsi beberapa jenis makanan di atas  saat berbuka, mulailah dengan meminum segelas minuman, lalu awalilah dengan memakan buah. Selanjutnya Anda bisa mulai mengkonsumsi kue, cracker, atau kacang-kacangan. Selanjutnya Anda bisa makan roti jika ingin lebih kenyang. Pastikan bahwa semua jenis makanan tersebut memiliki kandungan kalori tidak berlebihan dan terkontrol agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga selama berpuasa.


Artikel Terkait

Manfaat Jamur Tiram: Makanan Diet Hingga Pilihan Utama Pengganti Daging
Selain enak dan gurih, jamur tiram mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya!..
Shella Rafiqah Ully
29 Agustus 2019
Stop Makan Gorengan, Ini 7 Ide Camilan Sehat untuk Buka Puasa!
Kue kering atau camilan yang megandung pemanis alami cocok digunakan mengganjal perut saat berbuka. Ini dia 7 ide camila..
Shella Rafiqah Ully
28 Mei 2019
Selain Daun Katuk, 8 Buah Segar Ini Bisa Ibu Andalkan untuk Lancarkan Produksi ASI
Aneka buah segar juga bisa jadi andalan Anda untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui. Simak bahasannya di artikel ini...
Shella Rafiqah Ully
25 Maret 2019