Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil, Anak dan Bayi

08 Feb 2017 @ 18:48:17
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia

Selama masa kehamilan, asupan nutrisi seimbang perlu diperhatikan oleh calon ibu untuk menjaga kesehatan dirinya dan bayi. Sang calon ibu membutuhkan asupan protein dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan janin. 

Asam folat juga dibutuhkan untuk melindungi janin dari kelainan. Selain itu, pastikan juga asupan zat besi calon ibu tercukupi selama kehamilan agar jumlah oksigen untuk bayi tercukupi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengaturan makanan sehat ibu hamil untuk mendukung kesehatan sang ibu dan janin.

Makanan Sehat Ibu Hamil

 
Makanan sehat ibu hamil yang akan sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi antara lain adalah:

  • Gandum utuh
    Gandum utuh mengandung asam folat dan serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi gandum utuh sebagai menu makanan sehat ibu hamil.
  • Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan merupakan makanan sehat ibu hamil karena kaya akan zat besi, protein, folat, kalsium, dan seng. Tambahkan kacang-kacangan pada menu makanan sehat alami Anda selama hamil agar kebutuhan nutrisi janin Anda dapat terpenuhi.
  • Salmon
    Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3. Makanan sehat ini sangat dianjurkan dikonsumsi selama kehamilan untuk mendukung pertumbuhan otak dan mata janin. Salmon juga mengandung protein dan vitamin B yang juga dibutuhkan janin. Jenis ikan ini relatif mengandung merkuri lebih rendah dibanding jenis ikan lain.
  • Telur
    Makanan sehat ini merupakan sumber protein tinggi dan asam amino yang sangat diperlukan janin. Telur juga kaya akan berbagai vitamin dan mineral termasuk kolin yang sangat bagus untuk perkembangan otak janin.
  • Sayur dan buah
    Sayur dan buah merupakan makanan sehat yang paling penting selama kehamilan. Makanan sehat ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Sayuran berwarna hijau tua bahkan mengandung vitamin A, zat besi, dan folat yang sangat dibutuhkan janin.
 
Namun, ibu hamil juga harus menghindari beberapa makanan yang berisiko terhadap kesehatan kehamilan dan janin. Beberapa contoh makanan tersebut antara lain adalah ikan atau daging yang belum matang sempurna, ikan hiu, minuman bersoda, minuman berkafein, dan sayuran atau buah mentah yang belum dicuci bersih.

Makanan Sehat untuk Bayi dan Anak


Makanan sehat untuk bayi tidak jauh berbeda dengan apa yang dibutuhkannya sejak masih di dalam kandungan. Beberapa makanan sehat perlu Anda kenalkan sejak dini pada anak agar mereka tidak menghindarinya saat beranjak dewasa nanti. Aneka makanan sehat tersebut antara lain adalah:

  • Sayuran aneka warna
    Variasi warna pada sayuran akan memberikan jenis nutrisi yang beragam pula. Makanan sehat untuk anak ini tak hanya berwarna tapi juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang sangat baik bagi pertumbuhan anak.
  • Ikan
    Makanan sehat ini kaya akan protein, vitamin, mineral, dan tentunya asam lemak omega-3. Semua senyawa tersebut sangat diperlukan bagi perkembangan otak dan tubuh bayi dan merupakan pilihan makanan sehat untuk bayi yang baik. Anda dapat mulai memberikan daging ikan yang telah dihaluskan sejak bayi berusia enam bulan sebagai makanan pendamping ASI.
  • Susu
    Walaupun bayi sudah beranjak besar dan mulai mengenal makanan, bayi tetap memerlukan susu dalam menu makanan sehatnya sehari-hari. Susu, terutama ASI, kaya akan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.
  • Alpukat
    Daging buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh dan memiliki komposisi lemak yang serupa dengan ASI. Oleh karena itu, daging buah alpukat dapat menjadi salah satu variasi makanan sehat untuk bayi dan anak.
  • Pisang
    Pisang merupakan sumber kalium, vitamin B6, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan oleh anak.
  • Daging
    Daging kaya akan protein, seng, dan zat besi, terutama dalam daging merah dan unggas. Bayi dapat menyerap lebih baik zat besi dalam daging daripada zat besi tambahan pada sereal.

Artikel Terkait

Oleh V. Istarinda
Diet Ketogenic atau yang terkenal dengan “diet keto” merupakan salah satu jenis diet yang sedang naik daun di Indon..
Oleh S. Nurfauzia
Kamu sedang ingin menurunkan berat badan?Lakukan 3 kunci rahasia mudah dalam menurunkan berat badan berikut ini. Dengan ..
Oleh OT Handoko & S. Nurfauzia
Kebiasaan menikmati cemilan dianggap sebagai salah satu penyebab peningkatan berat badan. Padahal, anggapan tersebut tid..