Menyenangkan, 5 Cara Mudah Mengajari Anak Membaca

02 Jul 2020 @ 15:07:44
Sebagai orang tua, kita dituntut untuk pintar dalam mengajak si kecil agar mau belajar. Tentunya dengan cara mudah yang menyenangkan. Pasalnya, dengan cara yang simple dan menyenangkan, si kecil akan tertarik dan tidak merasa jenuh pastinya. Termasuk dalam urusan belajar membaca. Inilah 5 cara mengajari anak membaca menyenangkan yang bisa para orang tua coba dengan mudah. 

1. Bacakan Si Kecil Buku Secara Rutin



Cara mengajari anak membaca yang pertama adalah dengan membacakan buku untuknya. Membacakan buku untuk anak secara rutin bisa mempengaruhi jiwa tenang pada anak. Tips ini juga bisa diterapkan oleh orang tua agar anak tidak merasa jenuh terlebih dulu ketika disodorkan dengan banyak tulisan. 

Anak yang sering dibacakan buku secara membuat interaksinya dengan buku semakin dekat, hingga lambat laun anak akan semakin akrab dan senang untuk membaca. Selain itu, anak juga akan mengenal bentuk huruf dan membaca setiap huruf yang berbeda bentuk tersebut. Hal ini pastinya akan mempermudah orang tua untuk mengajari anak ke tahap selanjutnya.

2. Perkenalkan Bermacam Huruf Kecil Lebih Dahulu



Cara mengajari anak membaca juga bisa dilakukan dengan mengenalkan berbagai macam huruf terlebih dahulu kepada si kecil. Perkenalkan terlebih dahulu macam-macam huruf kecil dan cara membacanya. Tidak usah terburu-buru. Cukup perkenalkan dan ajarkan 5 huruf setiap harinya.

Orang tua juga bisa menggunakan cara yang menyenangkan ketika memperkenalkan huruf kecil kepada anak. Salah satunya dengan menggunakan peraga seperti boneka, makanan, atau gambar menarik yang menunjukkan huruf tersebut. 

3. Perkenalkan Huruf Besar



Setelah mengenalkan huruf kecil, saatnya orang tua memperkenalkan berbagai bentuk huruf besar kepada anak. Jika kamu bertanya, kenapa harus huruf kecil terlebih dahulu yang dikenalkan kepada anak, maka jawabannya cukup simple. Hal ini dilakukan agar anak mudah ketika hendak membaca buku yang kebanyakan tata bahasanya menggunakan banyak huruf kecil.

Sama seperti mengenalkan huruf kecil pada anak, mungkin tips yang sama bisa orang tua terapkan untuk mengenalkan macam huruf besar pada anak. Satu tips tambahan yang bisa diterapkan saat memperkenalkan huruf besar adalah bisa mengajak anak ke suatu tempat terbuka sehingga membuat anak tidak jenuh dan lebih rileks ketika belajar.

4. Ajari Anak Membaca Satu Suku Kata



Setelah anak mengenal berbagai huruf kecil maupun huruf besar, langkah cara mengajari anak membaca selanjutnya adalah mengajari anak mengeja setiap satu kata. Buatkan satu kata yang terbuat dari lima huruf vokal terlebih dahulu. Seperti, ba ... bi ... bu ... be ... bo, dst. Rangkai huruf-huruf vokal tersebut dengan huruf konsonan jika anak sudah paham dan bisa, orang tua bisa memberi hadiah kecil kepada si kecil.

5. Ajari Anak Membaca Dua Suku Kata



Setelah anak sudah bisa melakukan tips keempat, orang tua bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu dengan mengajari membaca dua suku kata. Seperti, a-ba, ba-ba, dst. Pastikan tidak memaksakan anak untuk memenuhi target yang sudah kita tetapkan. Karena masing-masing anak memiliki daya ingat dan kemampuan yang berbeda-beda. Selalu bersahabatlah dengan anak, dan jangan mudah marah jika si kecil tidak cepat mengerti.

Itulah 5 cara mengajari anak membaca yang bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan oleh para orang tua. Selain itu, tidak ada salahnya orang tua memberikan reward kepada si kecil ketika pertanyaan atau tebakan anak benar. Dengan memberikan reward ini, maka si kecil akan merasa diapresiasi atau usaha yang telah ia lakukan dan semangat belajarnya bisa semakin meningkat. Selamat mencoba cara ini ya Moms! 


Artikel Terkait

Klarifikasi Atta Halilintar dan Aurel Sempat Bertengkar, Ternyata Rebutan Mie Lemonilo!
Atta juga menyiapkan makan malam romantis dengan hidangan mie instan Lemonilo kesukaan aurel..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Wow, Sehat bareng Keluarga A6! Gowes Sambil Keliling Pantai di Bali
Aktivitas bersepeda yang dilakukan keluarga Hermansyah tentunya memberi banyak manfaat kesehatan..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
5 Manajemen ASIP untuk Ibu Bekerja Agar Stok ASI Tercukupi
Memerah ASI juga membutuhkan manajemen yang baik agar jumlah yang diproduksi mencukupi kebutuhan bayi..
Shella Rafiqah Ully
18 September 2020