Minum Air Lemon Setiap Hari, Rasakan 8 Manfaat untuk Kesehatan

28 Aug 2020 @ 09:39:01
Lemon merupakan salah satu buah yang ragam akan manfaat mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Manfaat air lemon yang dirasakan oleh tubuh berasal dari kandungan asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan kandungan lainnya. Adanya kandungan nutrisi tersebut, membuat lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasannya.

1. Menghidrasi Tubuh



Manfaat air lemon yang pertama adalah bisa menghidrasi tubuh. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa manusia membutuhkan nutrisi gula, kalori dan vitamin lainnya dari makanan dan minuman. Wanita minimal harus memenuhi 91 ons per hari dan pria 125 ons per hari.

Air merupakan minuman terbaik untuk menghidrasi tubuh, tetapi beberapa orang ada yang tidak menyukai rasa air alami. Menambahkan perasan lemon di minuman bisa membantu untuk meningkatkan rasanya sehingga minum lebih banyak.

2. Sumber Vitamin C



Lemon dikenal kaya akan vitamin C, antioksidan utama yang membantu untuk melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Vitamin C juga dapat mengurangi risiko dari penyakit jantung, stroke, dan menurunkan tekanan darah. Kandungan dari satu gelas air lemon memiliki sekitar 18,6 miligram vitamin C. Jumlah harian yang dianjurkan untuk orang dewasa sekitar 65 sampai 90 miligram.

3. Menurunkan Berat Badan



Manfaat air lemon yang sudah dikenal luas adalah untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat polifenol dalam buah lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, jika kamu sedang menjalankan program diet dan ingin mencoba menggunakan air lemon, cobalah memasukkan air lemon hangat ke dalam daftar menu program diet kamu. Segera rasakan berat badan yang turun dengan cepat.

4. Mengurangi Kerutan pada Kulit


Minum air lemon hangat di pagi hari sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit, membantu kulit terlihat segar, dan mengurangi kerutan atau keriput pada kulit. Manfaat ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah lemon.

5. Membantu Sistem Pencernaan Tubuh



Air lemon berfungsi untuk pencahar dan  membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat ketika bangun di pagi hari dapat membantu untuk membuat sistem pencernaan kamu jadi lebih baik. Air lemon juga diketahui bisa membantu detoks untuk mencegah penumpukan racun dalam tubuh.

6. Menyegarkan Napas


Mengoleskan lemon pada tangan yang terkena bawang putih atau bau menyengat lainnya bisa mengatasi aroma tak sedap tersebut agar hilang. Ini juga berlaku saat mulut menjadi bau yang disebabkan oleh makanan dengan bau yang kuat, seperti bawang putih, bawang bombay, atau ikan. Hal tersebut karena lemon dapat merangsang air liur dan juga membantu mencegah mulut kering yang menyebabkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Manfaat selanjutnya dari minum air lemon hangat di pagi hari yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Hal ini karena lemon sangat kaya akan antioksidan, yaitu vitamin C dan bioflavonoid yang mampu menangkal dari radikal bebas.

8. Mencegah Batu Ginjal


Manfaat air lemon yang terakhir adalah pada kesehatan ginjal. Tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi, air lemon juga mengandung asam sitrat yang diyakini dapat mencegah batu ginjal. Konsumsi air lemon secara rutin juga bisa mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab umum terbentuknya dari batu ginjal.

Itulah manfaat air lemon yang bisa kamu rasakan jika meminumnya secara rutin. Dengan berbagai manfaat ini jangan ragu lagi untuk meminum air lemon agar kesehatanmu terjaga ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020