Minum Obat Pereda Nyeri Saat Haid Berbahaya Bagi Rahim, Benarkah? #CurhatSehat

Hai Lemonizen, selamat datang di #CurhatSehat bersama Lemonilo. #CurhatSehat adalah ruang di mana kamu bisa menanyakan semua masalah kesehatan yang kamu alami dan nantinya akan dijawab langsung oleh Tim Dokter Mamanesia dari Lemonilo (dr. Rizqii Nurdini).

banner consideration shipping bg blue

#CurhatSehat edisi kali ini, Lemonilo memilih 3 pertanyaan dari Lemonizen yang ditanyakan melalui akun instagram Lemonilo pada 17-23 Desember lalu. Yuk, simak jawaban lengkap dokter untuk 3 pertanyaan tersebut!

1. Apakah minum obat pereda nyeri saat menstruasi akan berbahaya bagi rahim?

Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, selama dalam dosis yang tertera pada aturan pakai saat nyeri haid, relatif aman bagi kesehatan.
Manajemen nyeri haid (dalam istilah kedokteran disebut dysmenorrhea) yang bisa kamu lakukan antara lain adalah mengkonsumsi obat anti nyeri, meletakkan kompres hangat pada perut bagian bawah, menghindari konsumsi kafein, dan istirahat cukup. Beberapa penelitian menyatakan olahraga rutin juga dapat mengurangi kemungkinan nyeri perut saat haid. 
Namun bila nyeri haid yang kamu rasakan setiap awal haid ini sangat berat, sebaiknya konsultasikan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan dan obat yang sesuai.

banner consideration promotion bg blue

2. Apakah olahraga ringan sebelum tidur dibolehkan bagi kesehatan?

Menurut beberapa penelitian, olahraga ringan hingga sedang yang dilakukan 60-90 menit sebelum tidur dapat mempercepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Jadi, diperbolehkan ya melakukan olahraga sebelum tidur. 
Contoh olahraga yang dapat kamu lakukan antara lain, stretching, jogging, dan jalan santai. Namun perlu diingat jangan melakukan olahraga intensitas berat saat malam hari atau menjelang tidur karena akan meningkatkan aktivitas jantung dan saraf sehingga akan mempersulitmu untuk tidur dan akan mengganggu kualitas tidur kamu.

3. Selalu kesulitan tidur awal, bagaimana sebaiknya mengatasi insomnia?

Tidak semua kesulitan tidur di awal waktu merupakan insomnia. Seseorang baru dapat didiagnosa insomnia jika memenuhi kriteria-kriteria khusus. Namun, sebagian besar kasus insomnia memang terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, atau penyakit kronis.
Sebelum sulit tidur di awal waktu membuatmu menjadi insomnia, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut:
  • Tetapkan waktu tidur
  • Saat sudah di tempat tidur, jangan melakukan aktivitas lain seperti menggunakan smartphone atau menonton TV
  • Perbanyak aktivitas siang hari
  • Lakukan olahraga ringan 60-90 menit sebelum tidur
  • Hindari konsumsi makan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur
  • Konsumsi makanan yang membantumu lebih mudah tidur seperti almond, kiwi, jus cherry, kenari, pisang serta susu
  • Gunakan essential oil yang membuat rileks dan membantu tidur seperti lavender, atau chamomile

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, gimana Lemonizen? Semoga terbantu ya dengan jawaban yang diberikan oleh Tim Dokter Lemonilo. Tulis di kolom komentar ya kalau kamu punya keluhan atau pun masalah kesehatan yang ingin dicurhatin!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami