Minyak Kelapa Bisa Terkenal? Memangnya Apa Sih Alasannya?

17 Jan 2019 @ 13:29:39
Jika kamu berbelanja di pasar, pasti kamu menemukan banyak jenis minyak berbeda dan beragam. Mulai dari minyak kacang, minyak zaitun, minyak bunga matahari, hingga minyak kelapa sawit juga bisa dapat kamu temukan. Diantara banyak minyak tersebut, minyak kelapa (coconut oil) termasuk yang salah satu paling diminati dan dicari di masyarakat.

Dua jenis minyak kelapa yang paling banyak diketahui masyarakat yaitu minyak kelapa biasa dan Virgin Coconut Oil (VCO). Hal mendasar dari dua jenis minyak ini adalah proses pembuatannya. Minyak kelapa dibuat dari proses ekstraksi dengan kompresi dingin, sedangkan proses ekstraksi VCO melibatkan tahap fermentasi, pendinginan, dan beberapa tahap lain. Hal inilah yang membuat hasil dari kedua minyak ini berbeda, terutama di sifat kejernihan dan tingkat kelembabannya. 

Bagaimana Sih Memilih Minyak Kelapa yang Baik?

Meski pada dasarnya semua minyak kelapa baik dan bermanfaat bagi kesehatan, kamu tentu tetap harus jeli agar mendapatkan produk yang benar-benar baik dan sehat. Apalagi, ada berbagai merek minyak kelapa yang kini dijual di pasaran dengan variasi harga yang berbeda-beda pula. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kamu ingin membeli atau memilih minyak kelapa:

1. Pilih yang Memiliki Kemasan Baik dan Kuat

Minyak kelapa yang dikemas dalam botol plastik lebih berisiko terkena kontaminasi oksidasi dari lingkungan sekitar. Karena itu, bila mungkin, pilihlah minyak kelapa yang dikemas dalam botol kaca. Jika pun minyak kelapa dikemas dalam botol plastik, pastikan botol tersebut kuat dan tersegel rapat serta dilabeli dengan merek terpercaya.

2. Minyak Kelapa Organik Lebih Baik

Produk organik berarti tidak menggunakan bahan dasar yang dimodifikasi secara genetik. Hal itu berarti kelapa yang digunakan harus ditanam dan diproses dengan bahan-bahan dan metode alami. Itulah mengapa, minyak kelapa yang telah mendapat sertifikasi organik dari badan sertifikasi di Indonesia adalah pilihan yang lebih baik.

3. Lihat Cara Pemrosesan

Pilihlah minyak kelapa yang diproses dengan kompresi dingin dan tidak melibatkan suhu tinggi. Hal itu dikarenakan suhu panas dapat menghilangkan manfaat kesehatan dari minyak kelapa itu sendiri. Selain itu, kelapa yang diolah tanpa suhu tinggi juga menghasilkan minyak kelapa yang terbaik kualitasnya.

Kenapa Sih Harus Gunakan Minyak Kelapa?

Penggunaan minyak kelapa di tengah masyarakat yang semakin marak tentu terjadi bukan tanpa alasan. Tak hanya berkualitas, minyak kelapa ternyata juga menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh lho. Tahu nggak kamu, guys?

1. Minyak Kelapa Bisa Lho Menjaga Kestabilan Gula Darah

Kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT) dalam minyak kelapa dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga dapat meningkatkan toleransi glukosa sehingga membantu menjaga gula darah tetap stabil. Penggunaan minyak kelapa secara konsisten dapat menjaga kestabilan gula darah.

2. Takut Osteoporosis? Minyak Kelapa Saja!

Minyak kelapa juga dapat membantu proses penyerapan magnesium dan kalsium dalam tubuh. Hal ini menyebabkan minyak kelapa dapat menjaga tulang tetap kuat. Dalam jangka panjang, konsumsi minyak kelapa dapat menghindarkan kamu dari penyakit osteoporosis.

3. Sering Radang? Obatin Saja Dengan Minyak Kelapa?

Punya kadar antioksidan yang tinggi, minyak kelapa cocok untuk mencukupi asupan antioksidan dalam tubuh. For your information, antioksidan dalam tubuh bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab peradangan. Masalah arthritis, batu empedu, dan pankreatitis yang disebabkan oleh peradangan pun bisa ikut teratasi dengan konsumsi minyak kelapa.

4. Takut Penyakit Jantung? Minyak Kelapa Deh!

Kandungan lemak jenuh sehat pada minyak kelapa dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan mengubah LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh menjadi bentuk yang lebih sehat. Itulah mengapa, konsumsi dan penggunaan minyak kelapa dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Kepingin Kurus? Minyak Kelapa itu Wajib!

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah yang dapat membantu membakar lemak pada perut. Bagi kamu yang sedang melakukan usaha mengecilkan lingkar perut, menggoreng makanan dengan minyak kelapa lebih disarankan dibandingkan menggunakan minyak goreng biasa. 

Dengan beragam manfaat kesehatan yang ditawarkan, tak mengherankan jika minyak kelapa semakin populer digunakan oleh masyarakat. Apalagi, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk banyak masakan, baik itu menggoreng, menumis, atau memanggang. 

Bahkan, minyak kelapa murni atau VCO bisa diminum langsung tanpa melalui proses pemasakan. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tengah menjalani diet keto. Jadi, bagaimana, Lemonizen? Tertarik dengan minyak kelapa?

Artikel Terkait

3 Hal Kecil Berdampak Besar yang Bisa Kamu Lakukan Agar Bumi Tetap Layak Huni
Awal April tahun ini penduduk dunia digemparkan oleh berita menyedihkan: seekor paus jenis sperma yang tengah mengandung..
Shella Rafiqah Ully
22 April 2019
Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Momen Nyoblosmu Pada Pemilu Kali Ini Berkesan
Hari yang ditunggu-tunggu tiba nih, Lemonizen. Yap, 17 April tahun ini Indonesia bakal melangsungkan pemilihan umum atau..
Shella Rafiqah Ully
17 April 2019
Hadirkan Pengalaman Belanja Terbaik, Lemonilo Luncurkan Lemonilo Mobile App
Setelah resmi beroperasi pada Juni 2017 melalui platform Lemonilo.com, kini Lemonilo menghadirkan Lemonilo Mobile App se..
Shella Rafiqah Ully
15 April 2019