Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Modal Kecil, Begini Tips Usaha Kue Rumahan untuk Pemula

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
08 Oct 2021
Clock Icon
5 menit
Tips usaha kue rumahan

Di era digital seperti saat ini, memulai usaha dari rumah bukan lagi hal yang tidak mungkin dilakukan. Termasuk usaha menjual kue rumahan. Jenis kue kering maupun kue basah selalu menjadi makanan yang dicari banyak orang, sehingga dapat dibilang usaha kue tidak pernah redup di pasaran. 


Bahkan dengan modal yang kecil, usaha kue dari rumah masih sangat mungkin dilakukan. Justru bila kamu berhasil mengembangkan usaha dengan modal yang kecil, tingkat kesuksesannya semakin tinggi. Karena bagaimanapun tidak ada yang menjamin usaha dengan modal besar, dapat mendatangkan keuntungan yang besar juga. 


Bila saat ini kamu hanya memiliki modal kecil untuk memulai usaha, tidak perlu berkecil hati, begini tips menjalankan usaha kue rumahan untuk kamu yang masih pemula! 


1. Buat rencana yang matang


Sebelum memulai usaha kue rumahan, pastikan kamu melakukan perencanaan yang matang. Perencanaan ini harus meliputi berbagai aspek dalam usaha. Mulai dari aspek modal, target pelanggan, tren yang sedang terjadi, keuntungan yang ingin diraih, strategi pemasaran, hingga inovasi yang akan dilakukan. Perencanaan yang tepat akan membantu kamu mencapai tujuan yang ingin diraih secara lebih realistis. 


Jangan lupa juga untuk memetakan risiko atau tantangan yang mungkin akan kamu hadapi saat mulai menjalani usaha kue dari rumah. Seperti cara menanggapi komplain dari pelanggan, memastikan penyedia bahan kue selalu aman terkendali, hingga mengatasi langkah-langkah yang dilakukan kompetitor. 


2. Menemukan pasar yang tepat


Sambil melakukan perencanaan, kamu juga perlu menemukan pasar yang tepat untuk mengembangkan usaha yang akan kamu lakukan. Sangat penting lho menemukan pasar yang memiliki peluang besar. Ingat, jangan sampai memaksakan diri bersaing di pasar yang memiliki kompetisi sengit. 


Sebaiknya pilihlah pasar dengan kompetisi yang masih minim, dengan begitu usaha yang kamu lakukan akan memiliki ruang untuk berkembang di masa depan.


3. Mulai dari yang kamu suka


Selain melihat tren yang sedang terjadi, salah satu tips untuk mengembangkan usaha kue dari rumah adalah dengan memulainya dari hal yang paling kamu suka. Coba pikirkan, menu kue apa yang menjadi favoritmu selama ini. Biasanya, mengerjakan hal yang disukai dapat memberikan semangat yang lebih tinggi. Pastikan juga tampilan kue yang kamu jual menarik. Baik dari segi produk maupun kemasan produk. 


4. Catat semua pengeluaran dan pemasukan


Salah satu tips paling penting bagi kamu yang masih pemula dalam dunia bisnis atau usaha adalah mencatat semua transaksi keuangan. Pastikan catatan yang kamu buat juga rapi dan tidak tercecer sehingga kamu bisa mengukur keuntungan maupun kerugian yang kamu dapatkan. 


Memang tidak bisa dipungkiri, membuat catatan keuangan adalah hal yang cukup sulit. Namun, saat ini sudah banyak aplikasi penunjang yang dapat membantumu membuat catatan keuangan dengan lebih rapi dan lebih mudah. 


5. Terbuka dengan kritik dan saran 


Di masa awal pengenalan produk kue yang kamu jual, jangan takut untuk meminta saran maupun kritik dari para pelanggan. Pandangan mereka terhadap produk yang kamu jual justru dapat memberikan perspektif lain yang mungkin dapat meningkatkan kualitas produk tersebut. Kamu bisa langsung tanyakan apa kekurangan maupun kelebihan dari kue yang kamu jual. Namun ingat jangan sampai mudah tersinggung, ya!


6. Tentukan strategi promosi yang efektif


Langkah yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan menentukan strategi promosi yang efektif. Selain memanfaatkan strategi dari mulut ke mulut, kamu juga bisa optimalkan promosi melalui berbagai saluran media sosial. Mulai dari Instagram, TikTok, Twitter, hingga Facebook. Pertimbangkan juga untuk mengadakan diskon, paket bundling, dan langkah-langkah promosi lainnya. Hal ini akan lebih mudah menarik perhatian pelanggan. 


7. Berinovasi


Tren makanan adalah tren yang cukup dinamis dan dapat bergerak dengan cepat. Bila usahamu sudah berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk selalu berinovasi, ya. Kamu bisa mengeksplor resep baru, topping baru, atau membuat bentuk kue yang baru. Dengan begitu, pelanggan tidak jenuh dengan produk yang kamu tawarkan. 


Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai usaha menjual kue dari rumah. Memulai usaha kue rumahan adalah hal yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, peminat kue selalu tinggi dan banyak sekali ide yang bisa kamu kembangkan di masa depan. Semangat memulai usaha dari rumah, Lemonizen! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.