Moms Mau Pedicure Sendiri di Rumah? Ini Caranya

30 Jun 2020 @ 21:09:59
Bisa melakukan perawatan tubuh di salon tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para wanita. Apalagi buat para ibu yang sudah mulai kelelahan karena mengurus anak dan rumah, serta ditambah juga ada yang masih sambil bekerja. Perawatan di salon tentu menjadi hal yang mewah.

Namun, jika belum memungkinkan datang ke salon, kamu bisa lho melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah. Salah satunya adalah pedicure, yang ternyata bisa juga dilakukan sendiri di rumah. Kalau kamu ingin melakukan pedicure di rumah, yuk coba cara-cara ini.

1. Pertama, cuci kaki hingga bersih terlebih dahulu

Sebelum memulai ritual pedicure mandiri di rumah, mulailah dengan mencuci kaki hingga bersih dengan air mengalir. Jika kukumu masih diwarnai dengan warna kutek lama, bersihkan dulu dengan kapas dan cairan pembersih kutek.

Pastikan kuku dan kakimu dalam kondisi benar-benar bersih sebelum pedicure dimulai.

2. Rendam kaki dengan air hangat

Setelah kaki dan bagian kuku bersih, rendam kaki dengan menggunakan air hangat. Kamu bisa mencampurkan garam dan juga minyak zaitun ke dalam rendaman tersebut. Biarkan kaki terendam selama 15-20 menit.

Hal ini berguna agar bagian kuku dan kulit kaki menjadi lembut. Sehingga bisa dengan mudah untuk dibersihkan.


3. Lakukan perawatan kutikula dengan benar

Salah satu step yang lazim dilakukan saat pedicure adalah membersihkan atau memotong bagian kutikula kuku. Kutikula adalah lapisan kulit tipis yang berada di pangkal kuku. Selama ini bagian tersebut hampir selalu dipotong jika seseorang melakukan perawatan kuku kaki. Namun, memotong bagian kutikula bisa sangat berbahaya.

Memotong bagian kutikula kuku bisa menyebabkan infeksi. Sebab kutikula sebenarnya berfungsi menahan agar bagian kuku tidak terinfeksi bakteri. Ketika kutikula hilang, maka dikhawatirkan bagian kuku bisa dengan mudah terinfeksi bakteri. Cara terbaik merawat kutikula adalah dengan rajin mengolesi krim pelembab.

4. Gunting kuku dengan rapi

Salah satu treatment inti pedicure adalah menggunting kuku agar terlihat rapi. Pastikan kamu menggunting kuku dengan lurus dan tidak terlalu pendek karena bisa menimbulkan luka pada jari kaki.

Jangan lupa bersihkan kotoran kuku kaki yang biasanya berada di sela-sela kuku dengan alat khusus.

5. Scrub bagian kaki yang kasar

Setelah kuku bersih, langkah selanjutnya adalah melakukan scrubbing pada bagian-bagian kaki yang terasa kasar. Biasanya bagian paling kasar adalah tumit kaki. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel mati, sehingga kulit kaki bisa terasa lebih halus.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan batu apung yang biasanya sudah ada yang khusus dijual untuk scrubbing. Atau kamu bisa membuat bahan alami sendiri untuk melakukan scrubbing. Yakni kamu bisa melakukannya dengan campuran minyak zaitun dan gula pasir.

6. Rendam kembali dengan air bersih

Setelah selesai melakukan scrubbing dan terlihat banyak sel-sel mati yang terkelupas, rendam dan bilas kembali kakimu dengan air bersih. Setelahnya pastikan membersihkan kaki sampai bersih sehingga tak ada sisa sel kulit mati yang masih menempel.

Setelah dibersihkan, kamu bisa melembabkan kulit kaki yang sudah digosok dengan cara membalut kaki menggunakan handuk basah yang masih hangat.

7. Aplikasikan base coat

Setelah kaki bersih, kini saatnya kamu kembali mewarnai kukumu dengan warna-warna favoritmu. Namun sebelum mengaplikasikan kutek, kamu perlu mengoleskan base coat.Base coat berguna untuk membuat kukumu lebih muda dioleskan kutek dan membuatnya tahan lama.

8. Oleskan kutek warna pilihan favoritmu

Saatnya memilih warna kutek favoritmu untuk diaplikasikan pada kuku kaki. Usahakan kamu mulai mengoleskan kutek pada kuku dimulai dari samping, baru diaplikasikan di bagian tengah. Hal ini bertujuan agar kutek tampak rapi.

9. Terakhir, aplikasikan top coat agar warna kutek awet

Langkah terakhir adalah aplikasikan top coat setelah kuku diwarnai dengan kutek. Pengaplikasian top coat adalah demi kuku berwarna agar terlihat mengilap dan tahan lama. Namun sebelum mengaplikasikan top coat, pastikan kutek yang kamu aplikasikan sebelumnya sudan benar-benar kering.

Mudah bukan untuk mengikuti step by step pedicure di rumah. Yuk langsung praktikkan!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020