Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Moody? Ini 5 Cara Ampuh dan Efektif untuk Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Atasi moody dengan beberapa cara mengatasi moody yang benar.

Dilansir dari laman Cambridge Dictionary, moody adalah kondisi dimana suasana hati seseorang yang mudah berubah secara tiba-tiba menjadi marah atau tidak bahagia. Meski terdengar sepele, sifat moody bisa sangat mengganggu dan membuat jengkel. Untuk mengatasi moody yang mengganggu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Inilah beberapa cara mengatasi moody yang bisa dicoba:

banner consideration shipping bg blue

1. Tersenyum

Ternyata tersenyum memiliki efek yang ajaib ketika seseorang dalam keadaan moody. Senyum disini bukan berarti menampakkan senyum palsu. Tapi menampilkan senyum yang menyenangkan juga menghilangkan wajah yang muram.


Keadaan mood yang kadang naik turun membuat seseorang akan menghampiri. Keadaan seperti itu juga tidak baik buat kesehatan dan emosi. Alangkah baiknya bisa mengendalikan mood di segala situasi. Jadi, jangan lupa untuk tersenyum. Tapi jangan senyum-senyum sendiri ya.

2. Lakukan Me Time


Kegiatan yang padat mulai pagi sampai malam terkadang mempengaruhi mood. Jika terjadi, lakukan me time meskipun hanya sebentar. Cari aktivitas yang disukai, seperti jalan-jalan ke mall meskipun sekadar beli cemilan ringan. Menonton film kesukaan atau bisa bermain game.


Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menghilangkan sikap moody. Selain aktivitas di atas, ada pula cara lain. Yaitu melakukan meditasi, cukup 15 menit. Lakukan dengan rutin setiap pagi sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Dijamin ampuh  bisa mengendalikan mood agar tetap stabil.

3. Makan Makanan Pengendali Mood


Bukan hanya melakukan me time saja yang bisa mengendalikan mood. Ada pula cara lain, yaitu mengkonsumsi makanan yang bisa mengendalikan mood. Seperti es krim, coklat, kacang mete. Ketiga makanan tersebut memiliki kandungan yang baik untuk menaikkan kadar serotonin di otak. Sehingga membuat mood akan menjadi stabil.

banner consideration promotion bg blue


Selain tiga macam makanan di atas, berburu makanan favorit juga bisa menstabilkan mood yang sedang buruk. Apalagi jika berburu makanan bersama teman atau pacar. Dijamin mood akan berubah dengan cepat.

4. Istirahat yang Cukup


Ada yang bilang kalau kurang waktu tidur akan membuat mood menjadi tidak stabil. Kegiatan setiap hari yang padat akan membuat tubuh menjadi cepat lelah. Akibatnya mood menjadi naik turun, bahkan ada pula yang lebih sensitif dan mudah emosi.


Tidur teratur akan mempengaruhi keadaan mood seseorang bahkan perasaan akan merasa tenang. Jadi, biasakan mulai tidur yang cukup. Sehingga pikiran akan lebih positif dan tubuh menjadi segar. Sifat moody bisa teratasi tanpa masalah.

5. Olahraga


Cara lain untuk mengatasi moody adalah melakukan olahraga. Misalnya berlari, bermain basket, sepeda, dan lain sebagainya. Olahraga akan membuat tubuh memompa darah lebih cepat. Sehingga bisa melepaskan hormon bahagia yang akan membuat mood menjadi stabil sedia kala.

6. Menghindari Beberapa Makanan yang Membuat Moody


Cara terbaik untuk mengatasi moody adalah menghindari makanan yang berkafein, alkohol, dan gula yang tinggi. Ketiga zat tersebut bisa mengubah mood seseorang yang awalnya stabil menjadi buruk. Kafein akan memperburuk kecemasan dan mudah gugup, meskipun kandungan lainnya tidak membuat lelah. Alkohol membuat suasana hati lebih buruk, bahkan akan menjadikan pikiran tidak rasional. Sedangkan makanan dan minuman manis akan memperburuk kadar gula, meskipun rasanya lezat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Untuk mempertahankan mood supaya tetap stabil, kurangi sebanyak mungkin ketiga makanan di atas. Selain membuat mood tidak stabil, ketiga makanan di atas juga membuat penyakit lainnya. 

Itulah 6 cara mengatasi moody yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi masing-masing. Jangan biarkan sikap moody akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari, dan akan mengganggu aktivitas.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.