Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Mudah Diolah, Inilah 5 Manfaat Bayam yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Mudah Diolah, Inilah 5 Manfaat Bayam yang Luar Biasa Bagi Tubuh
Bayam merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemui di dalam hidangan masyarakat Indonesia. Selain muda diolah, nyatanya sayuran berwarna hijau ini mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. kandungan vitamin A, C, B kompleks, K dan E yang ada di dalamnya membuat bayam baik untuk pertumbuhan maupun perkembangan. Sebenarnya, apa saja manfaat bayam untuk tubuh? Simak ulasannya berikut ini

1. Menjaga Kesehatan Mata



Manfaat dari sayur bayam yang pertama adalah untuk kesehatan mata. Kandungan beta-karoten, lutein, dan juga xanthene yang terdapat di dalam bayam, sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Beta-karoten dalam bayam hijau sendiri menjadi salah satu alasan mengapa sayuran ini sangat sehat dan baik untuk mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu, kandungan lutein dan xanthene di dalamnya bertindak sebagai antioksidan yang mencegah terjadinya radikal bebas, yang bisa menyebabkan katarak pada mata. 

2. Memperkuat Otot



Manfaat bayam berikutnya adalah kandungan koenzim Q-10 (C0-Q10) di dalamnya yang bertugas sebagai antioksidan, sehingga membantu memompa darah ke seluruh tubuh karena otot jantung yang lebih kuat tadi. Tidak hanya itu, koenzim ini juga bertindak untuk mencegah resiko penyakit gagal jantung, hipertensi, dan jantung koroner.

Itulah mengapa, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi bayam untuk dijadikan sayur, maupun olahan makanan lainnya. Bagi anak yang tengah mengalami pertumbuhan, bayam juga bisa menjadikan otot mereka kuat sehingga bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan tangguh.

3. Mengelola Diabetes



Manfaat bayam selanjutnya berasal dari kandungan asam alfa-lipoat yang bertindak sebagai antioksidan, sehingga dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah oksidatif. Tidak hanya itu, asam alfa-lipoat dalam bayam ini juga bisa menurunkan resiko neuropati perifer dan otonom pada penyandang diabetes, sehingga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

Meskipun sebuah studi kasus belum mengungkapkan secara jelas, , apakah asam alfa-lipoat dalam bentuk pil atau tablet akan sama efeknya dengan yang injeksi, namun tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi bayam bagi para penyandang diabetes agar mereka terhindar dari komplikasi.

4. Mencegah Asma


Manfaat bayam selanjutnya adalah mampu mencegah asma karena polusi udara. Hal ini dapat terjadi karena bayam mengandung beta-karoten efektif mencegah asma. Temuan ini dibuktikan berdasarkan sebuah riset yang dilakukan pada 433 anak sebagai responden dan menunjukkan bahwa risiko terkena asma menjadi lebih rendah.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu yang mempunyai penyakit asma bisa mengkonsumsi sayur bayam ini secara rutin. Minta petunjuk dokter, dan juga tetap mengkonsumsi obat yang sesuai resep dokter.

5. Menjaga Tekanan Darah



Manfaat bayam selanjutnya adalah mampu menjaga tekanan darah, bagi penderita hipertensi. Kandungan potasium yang terdapat di dalamnya bisa menurunkan tekanan darah secara efektif. Tidak hanya itu, risiko terkena hipertensi pun akan berkurang karena folat yang menenangkan pembuluh darah.

Dengan terjaganya tekanan darah, juga akan mengurangi stres pada sistem kardiovaskular.  Sebuah penelitian dari Nutrition Clinical Research sendiri menemukan bahwa bayam efektif untuk menurunkan tekanan darah.

Itulah lima manfaat bayam untuk kesehatan. Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat sayur bayam tersebut kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai variasi makanan atau bahkan campuran pada jus! Yuk konsumsi bayam lebih sering mulai sekarang! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.