Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Mudah! Ini 4 Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tidak Cepat Layu

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
25 May 2021
Clock Icon
3 menit
Sayur dan buah

Setiap harinya tubuh membutuhkan asupan buah dan sayuran sebagai nutrisi yang penting. Namun kedua bahan makanan ini mudah busuk bila tidak disimpan dengan baik. Untuk itu cara menyimpan sayur dan buah agar tidak mudah layu sangat penting diperhatikan. 

banner consideration shipping bg blue


Bila selama ini kamu sering menemukan buah dan sayur yang sudah kamu beli membusuk dengan cepat, mungkin ada yang kurang tepat dengan cara penyimpanannya. Nah di bawah ini ada tips cara menyimpan sayur dan buah agar tidak mudah layu. Simak hingga tuntas ya, Lemonizen! 


1. Keringkan sayur dan buah dengan benar setelah dicuci 

Produk sayur dan buah yang kamu beli, sebenarnya sudah melewati perjalanan panjang hingga akhirnya bisa sampai ke tanganmu. Kondisi ini tentunya akan menimbulkan risiko kontaminasi. 


Untuk menghindari kemungkinan tersebut, pastikan kamu selalu mencucinya sebelum dikonsumsi. Cukup cuci bersih dengan air dan keringkan. 


Namun proses pencucian ini tidak diperlukan bila sayur dan buah hanya akan disimpan. Bila kamu mencuci produk sayur dan buah yang akan kamu simpan, kedua bahan ini akan menjadi mudah busuk. Kalaupun kamu perlu mencuci kotoran yang menempel pada sayur atau buah, pastikan kamu mengeringkannya dengan sempurna. 


banner consideration promotion bg blue

2. Bekukan di dalam freezer

Cara menyimpan sayur dan buah yang lainnya adalah dengan dibekukan. Dilansir dari Healthline hampir semua sayur dan buah dapat dibekukan di dalam freezer. 


Cara penyimpanan ini memang dapat mengubah tekstur sayur dan buah menjadi beku tetapi di sisi lain dapat mempertahankan nutrisi, rasa dan manfaatnya. Cara terbaik untuk membekukan buah dan sayur adalah dengan menggunakan wadah kedap udara.

3. Pilih tempat sejuk dan kering

Selain bisa dibekukan, cara menyimpan sayur dan buah lainnya adalah dengan disimpan di tempat sejuk. 


Terutama bila kamu memiliki bahan makanan seperti tomat, pisang, kentang, dan lemon pilihlah area yang sejuk dan kering sebagai tempat penyimpanannya. 


Pada umumnya, buah utuh tidak perlu disimpan di dalam lemari pendingin supaya cepat matang. Menyimpan buah utuh di dalam lemari pendingin akan memperlambat proses pematangan tetapi membuatnya tetap segar dan awet. 


4. Kenali karakteristik buah dan sayur

Bila kamu masih bingung dengan karakteristik buah dan sayur dan tempat penyimpanannya, berikut ada daftar panduan dari Eatingwell yang bisa kamu terapkan di rumah: 




Nah itu tadi cara menyimpan sayur dan buah agar tidak mudah busuk. Dengan teknik penyimpanan yang tepat, bahan makanan seperti sayur dan buah akan lebih awet. Di samping itu, kamu juga akan terhindar dari food waste. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Semoga tips di atas dapat diterapkan dan berguna untuk Lemonizen ya! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.