Ngeri, 4 Bahan Pengawet ini Bisa Menyebabkan Kanker Serviks Lho, Girls!

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup membuat banyak orang takut. Penyakit yang diakibatkan oleh pembelahan sel abnormal di dalam tubuh ini tidak hanya mempengaruhi tubuh, namun juga bisa beresiko membunuh jika tidak ditangani secara seksama dan secepatnya. 

Salah satu jenis kanker yang cukup ditakuti oleh banyak wanita di dunia bahkan Indonesia adalah kanker serviks atau kanker mulut rahim. Kanker yang terjadi tepat di leher rahim ini cukup mengkhawatirkan. 

banner consideration shipping bg blue

Pasalnya, jikapun sembuh, kanker ini akan menimbulkan sisa-sisa di rahim yang menyebabkan kamu sulit memilki keturunan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa salah satu penyebab kanker serviks adalah bahan pengawet yang sering kamu konsumsi dan bahan pengawet ini sering kamu temui di cemilan atau makanan kesukaanmu. Bahan pengawet apa? Yuk, stay tune di artikel ini, girls!

Benzoat Dalam Makanan

Jika kamu menemukan bahan di dalam produk dengan nama Benzoat, sepert Sodium Benzoat, Potasium Benzoat, dan Kalsium Benzoat di dalamnya, harap berhati-hati dan pikir dua kali untuk membelinya. Ketiga bahan tersebut merupakan bahan pengawet yang jika dikonsumsi secara berkepanjangan akan menyebabkan kerusakan organ tubuh, bahkan menyebabkan kanker. 
Yang lebih parahnya lagi, ketiga jenis bahan pengawet yang biasa terdapat di dalam cemilan, selai, ataupun produk roti ini dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks. Hal ini terjadi karena Benzoat bercampur dengan vitamin C di dalam tubuh yang menyebakan Benzene yang bersifat karsinogen (menyebabkan kanker), terutama di bagian rahim.

Sodium Nitrit/Nitrat

Kedua jenis bahan pengawet ini umumnya ditemukan di makanan kesukaanmu yang digoreng dengan temperatur sangat tinggi. Pada akhirnya, kedua jenis pengawet ini bersifat karsinogen yang menyebabkan kanker di tubuh Anda, seperti kanker darah (leukemia), kanker usus, kanker saluran kemih, kanker pankreas, dan tak menutup kanker serviks. 
Penelitian lebih lanjut bahkan menganjurkan untuk para ibu hamil dan menyusui untuk tidak mengonsumsi beragam makanan yang mengandung kedua jenis bahan ini karena dapat menyebabkan kanker serviks atau berkurangnya oksigen di dalam fetus. 

BHA & BHT

Si kembar tak identik ini ternyata dapat menjebak kamu lho, girls. Baik BHA & BHT merupakan dua jenis pengawet yang justru tanpa kamu sadari sudah banyak kamu nikmati. Beberapa produk memang tidak menuliskan BHA atau BHT dalam daftar bahan, namun menggantinya dengan nama Antioxidant E320 (BHA) atau Antioxidant E321.    

banner consideration promotion bg blue

Sama seperti pengawet kimia lainnya, si kembar tak identik ini bisa saja menyebabkan banyak gangguan kesehatan untuk tubuh kamu, seperti tumor dan kanker. Jenis kanker yang ditimbulkan oleh kedua jenis pengawet ini umumya berkisar pada area perut, yang memungkinkan rahimmu juga bisa terserang. 

Potassium Sorbate

Potassium Sorbate biasanya digunakan sebagai pengawet di dalam saus, yogurt, dressing ataupun bahan makanan lainnya yang mudah diserang bakteri atau mudah berjamur. Apapun kegunaannya, penggunaan jenis bahan pengawet ini jelas banyak dilarang karena efek samping yang bisa saja membahayakan nyawa. 
Menurut data dari Doctor Health Press, Potasium Sorbate yang dikonsumsi dalam waktu yang lama bisa saja menyebabkan gangguan iritasi, mual, sakit perut, dan diare. Yang lebih parah, pengawet ini dapat menyebabkan komplikasi pada organ kardiovaskular dan kanker. 
Nah, sekarang kamu pasti sudah tahu, Girls bahan pengawet mana yang harus kamu hindari demi sehatnya rahim. Untuk itu, pikir dua kali untuk membeli aneka bahan makanan yang didalamnya terdapat bahan-bahan ini. Lebih baik mengobati daripada mencegah, lebih baik tak jadi beli daripada terkena penyakit yang sulit dicegah. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Lemonilo menjual bahan makanan, cemilan, minuman, dan segala produk yang terbebas dari aneka bahan pengawet tersebut. Bahkan, bahan-bahan tersebut sudah dimasukkan dalam Daftar Bahan-Bahan Yang Dibanned. Jadi, kamu lebih tenang, Girls dalam berbelanja karena jika ada merchant ‘nakal’ yang menggunakan bahan itu, tentu tidak akan diterima Lemonilo.  
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami