Ngeri, Inilah 5 Jenis Pemanis Yang Seharusnya Kamu Jauhi Jika Ingin Sehat Dan Umur Panjang

14 Mar 2018 @ 15:34:16
Manis, sebuah rasa yang banyak disukai oleh banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai sesuatu hal yang bercita rasa manis. Tak heran jika makanan manis banyak diserbu dan dicari oleh banyak orang dari berbagai kalangan dan dalam berbagai kesempatan.  

Sayangnya, untuk sebuah sajian manis, kamu harus jeli dalam memilih pemanis dalam makanan. Tak semua pemanis tentu aman dan nyaman untuk kamu konsumsi dan makan. Nama keren yang ditimbulkannya tidak serta merta membuat manfaat yang juga keren untuk tubuh kamu. Apa saja sih? Yuk, perhatikan lagi pemanis dengan nama keren tapi berbahaya dalam makanan kamu. 

Aspartame (Aspartam)

Di daftar pertama, kamu akan bertemu dengan pemanis yang banyak dimasukkan dalam makanan dan minuman yaitu Aspartame (Aspartam). Aspartam ini diproses dari aspartic acid dan phenylalanine. Jenis pemanis buatan ini dapat kamu temukan di banyak jenis makanan dan minuman, yang terbesar adalah Diet Coke, es krim dan minuman berenergi. 

Tak hanya menambah resiko diabetes dalam diri kamu, Aspartame (Aspartam) ini dipercaya oleh banyak ahli sebagai salah satu penyebab beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, depresi, ADHD, Alzheimer, dan kenaikan berat badan. Jika tidak dicegah dan dihentikan, pemanis bernama keren ini akan memberikan penyakit pada tubuhmu. Ngeri!

High Fructose Corn Syrup 

Jika kamu melihatnya di daftar bahan pembuatan, kamu pasti berpikir kalau pemanis yang satu ini adalah sirup jagung biasa seperti halnya Maple syrup ataupun Stevia cair. Sayangnya, pemikiran kamu ini salah. High Fructose Corn Syrup merupakan salah satu pemanis yang punya label 'berbahaya' dan penggunaannya dibatasi di dunia. 

High Fructose Corn Syrup sering kamu temui di minuman bersoda atau minuman dengan rasa buah. Jenis pemanis ini tidaklah baik untuk dikonsumsi, baik sekali apapun terus menerus. Pemanis ini membuat gula darah kamu meningkat sehingga lebih mudah terkena diabetes. Selain itu, pemanis ini menciptakan suasana untuk mencoba lagi dan lagi sehingga memungkinkan obesitas. 

Polydextrose (Polydekstrosa)

Sekilas, nama keren dari pemanis buatan ini membuat kamu berpikir kalau pemanis ini aman untuk tubuhmu. Sayangnya, Polydekstrosa juga merupakan pemanis buatan yang menyimpan banyak kerugian bagi tubuh kamu. Polydekstrosa dibuat secara sintetis sehingga tentu sudah banyak menyimpan bahan kimia di dalamnya. 

Penggunaan Polydekstrosa yang berlebihan dapat mengundang tubuh kamu menjadi sasaran penyakti diabetes yang mengerikan karena pemanis ini dapat menaikkan kadar gula darah hingga 20%. Selain itu, pemanis ini menambahkan jumlah kalori dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi. 

Saccharin (Sakarin) 

Pemanis ini memang sekilas punya nama yang mirip dengan nama-nama Russia di dalam film action. Untuk kamu yang mengira bahwa ini adalah pemanis alami, tentu kesalahan besar sudah kamu lakukan. Sakarin adalah pemanis buatan yang sudah banyak dilarang dan dibatasi penggunaannya karena merugikan kesehatan.

Penelitian bahkan menyebutkan bahwa penambahan sakarin di dalam makanan dan minuman sama saja menambahkan racun karena pemanis ini tak punya nutrisi sama sekali. Sakarin diketahui punya potensi untuk menumbuhkan sel kanker di dalam tubuh Anda, peningkatan berat badan, dan alergi.

Sucralose (Sukralosa)

Sama seperti halnya jenis gula buatan lainnya, sukralosa juga merupakan salah satu jenis pemanis yang tak boleh dikonsumsi. Walaupun dapat menggantikan manisnya gula pasir, sukralosa merupakan produk sintetis yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. 

Sifat sukralosa yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan tubuh memberikan sebuah dampak negatif berupa kembung, mual, ataupun diare. Di berbagai kejadian, sukralosa dapat menyebabkan alergi. Yang terparah, kanker bisa menjadi salah satu akibat dari banyaknya asupan sukralosa di dalam tubuh. 

Mengonsumsi makanan yang bercita rasa manis memang sangat mengudang selera dan memanjakan lidah, namun agaknya kamu pergi berhati-hati dalam memilih makanan atau minuman manis. Cermati jenis gula atau pemanis yang digunakan untuk menghindarkan diri dari kerugian kesehatan yang akan ditimbulkan.

Jika kamu menemukan jenis makanan atau minuman yang mengandung bahan-bahan pemanis di atas, ada baiknya kamu tak membelinya apalagi mengonsumsinya. Bisa-bisa, bukan nutrisi yang didapat, tapi malah penyakit yang datang. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mencari makanan atau minuman yang dibuat dari pemanis alami seperti stevia, gula kelapa, ataupun maple syrup.

Lemonilo senantiasa melindungi kamu, sebagai pelanggan setia Lemonilo dari penggunaan bahan-bahan pemanis buatan tersebut. Kami selalu melakukan kurasi dari setiap produk manis dan memastikan bahwa bahan-bahan di atas tidak digunakan sebagai bahan pembuatan. Jika Anda ingin mendapatkan produk bebas gula atau rendah gula, kami juga menyediakan manfaat produk "Tanpa Gula Tambahan" atau "Rendah Gula" sesuai dengan keinginan Anda. 


Artikel Terkait

Mengerikan, Lebih Dari 3.8 Juta Orang Di Dunia Meninggal Per Tahun Akibat Polusi Udara!
Polusi udara merupakan permasalahan yang menjadi isu di dunia maupun di berbagai negara. Tak hanya negara berkembang, ne..
OT Handoko
14 Agustus 2018
Moms, Inilah 6 Mitos dan Fakta Menyusui (Breastfeeding) yang Wajib Kamu Tahu
Menyusui (breastfeeding) merupakan salah satu hal yang dianjurkan pada para ibu untuk dilakukan. Selain memberikan ikata..
Andesma. W
09 Agustus 2018
Terkesan Menakutkan, Ternyata Inilah 5 Manfaat Kesehatan Dari Donor Darah!
Banyak hal yang punya banyak manfaat untuk diri sendiri dan sesama, salah satunya adalah donor darah. Sayangnya, banyak ..
OT Handoko
07 Agustus 2018