Nyeri dan Kram Perut Saat Haid? Jangan Panik, Girls! Coba Atasi Dengan Makanan Enak Ini!

04 Apr 2018 @ 01:39:49
Haid merupakan salah satu 'tamu bulanan' yang biasanya mengunjungi para wanita setiap bulannya. Haid atau menstruasi terjadi ketika darah dan sel telur yang tidak dibuahi luruh dari dalam rahim. Walaupun baik untuk kesehatan dan kesuburan wanita, tak jarang nyeri atau kram perut sebelum atau saat haid bisa terjadi.

Jika kram dan nyeri perut itu terjadi, segala aktivitas kamu bisa saja terhenti dan semua rencana yang kamu susun di hari itu bisa saja berantakan. Nah, supaya hal seperti ini tidak kejadian, coba atasi nyeri dan kram perut yang kamu alami dengan makanan enak berikut ini! Check this out!

1. Makanan Berkalsium

Tak hanya mampu memperkuat dan membentuk sel-sel tulang, makanan berkalsium juga mampu untuk meredakan nyeri dan kram perut saat masa haid kamu datang. 

Jika kamu bosan dengan susu sebagai pain reliever, ada banyak makanan berkalsium yang bisa kamu coba seperti yogurt, almond, dan bayam. Kamupun bisa mengreasikan bahan-bahan tersebut sehingga ramah untuk lidahmu. 

2. Makanan Mengandung Kacang

Nah, masih sedikit orang yang tahu kalau kacang nyatanya dapat membantu kamu untuk melewati masa haid kamu dengan lancar. Kacang mengandung vitamin B6 dan Magnesium yang membantu meredakan nyeri dan kram perut yang kamu rasakan. 

Selain itu, Magnesium membantu mengatur hormon serotonin di dalam otak sehingga perasaanmupun akan lebih merasa nyaman. Jenis kacang yang bisa kamu nikmati antara lain almond, kacang tanah, pistachio, ataupun kacang mede. 

3. Pisang yang Lembut dan Nikmat

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang punya banyak penggemar di seluruh dunia. Hal ini tak hanya karena pisang punya rasa yang enak dan lembut tapi juga karena pisang kaya akan manfaat, terutama untuk meredakan nyeri dan kram perut. 

Pisang  mengandung vitamin B6 dan Potassium yang dibutuhkan oleh tubuh dalam meredakan nyeri. Kekurangan potasium diketahui dapat menyebabkan kram otot. Untuk itulah, mengonsumsi makanan yang mengandung pisang dapat membantu kamu mengatasi nyeri dan kram. Kamu bisa menikmati kue pisang ataupun keripik pisang jika kamu bosan dengan buah pisang. 

4. Brokoli yang Unik

Sudah sejak lama kalau brokoli dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang punya manfaat dan kandungan alami, terutama untuk membantu meredakan nyeri dan kram perut saat haid. 

Brokoli memiliki kandungan aktif berupa kalsium, vitamin A, C, B6, dan E, kalsium, potasium, dan magnesium yang diketahui dapat memperlancar fluktuasi hormon serta mengontrol hormon estrogen untuk bekerja lebih optimal. 

5. Ikan 

Jangan remehkan manfaat ikan di saat kamu mengalami nyeri atau kram perut saat haid. Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, makarel, dan herring memiliki kandungan vitamin D dan zat besi yang tinggi untuk membantu melancarkan peredaran darah sehingga nyeri haid bisa teratasi. Kalau begini, nikmat sekali kalau ketika nyeri perut, salmon fillet bakar sudah tersaji di meja untuk kamu.

Nah, itu tadi adalah 5 jenis makanan enak yang buat nyeri dan kram perut saat haid kamu bisa teratasi. Akhirnya, kamu tidak perlu suplemen atau obat untuk meredakan semua sakit itu. Kamu bisa menghilangkannya dengan cara terbaik, sehat dan tentunya enak. 

Dimana sih bisa dapatkan semua itu? Ya, tentu di Lemonilo dong! Kamu bisa dapatkan semua bahan-bahan sehat terbaik yang sudah terkurasi dengan optimal sehingga manfaat dan kandungan alaminya bisa kamu rasakan. Yuk, belanja di Lemonilo!


Artikel Terkait

Chacha Frederica: Sukses itu Ketika Kita Bisa Bermanfaat Bagi Sesama
Untuk mewujudkan sebuah misi yang diemban, Lemonilo terus berusaha berkembang mengikuti perkembangan zaman dan keinginan..
OT Handoko
07 Juni 2018
Telat Haid, Apakah Tanda Kamu Hamil?
Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Pada waktu haid, dinding rahim melu..
OT Handoko
06 Juni 2018
Hati-hati Jika Menemukan Zat Ini di Dalam Pasta Gigimu
Ketika membeli sebuah produk perawatan mulut dan gusi seperti pasta gigi, pernahkah Lemonizen membaca bahan yang terkand..
OT Handoko
23 Mei 2018