Oatmeal & Segudang Manfaatnya

17 Mei 2017 @ 15:01:55
Oleh OT Handoko

Oatmeal dikenal sebagai makanan yang digunakan banyak orang sebagai menu sarapan. Sebagai pengganti nasi di pagi hari, oatmeal memberikan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda setiap harinya, seperti mineral, vitamin, serat, karbohidrat, antioksidan, dan tidak mengandung gluten. Karenanya, oatmeal dikenal sebagai makanan yang kaya manfaat.


Dengan segudang nutrisi penting yang dimiliki, oatmeal memilik banyak manfaat terhadap tubuh Anda. Bubur oatmeal patut Anda masukkan dalam menu sarapan sehat Anda karena beberapa alasan berikut ini:  


1. Oatmeal Memberikan Energi Setiap Harinya

Anda sebaiknya mengonsumsi bubur oatmeal setiap pagi karena di dalam oatmeal, terdapat karbohidrat yang memberikan Anda menjaga metabolisme tubuh dan memberikan energi kepada Anda setiap harinya. Tak hanya itu, serat tinggi pada bubur oatmeal mempercepat penyerapan sari makanan untuk dijadikan energi bagi tubuh Anda.


2.  Oatmeal Mengandung Antioksidan

Tubuh Anda membutuhkan antioksidan yang dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas. Untuk mendapatkan antioksidan tersebut, Anda bisa mengonsumsi bubur oatmeal setiap pagi. Oatmeal mengandung antioksidan Avenanthramides yang berguna untukmenangkal radikal bebas dan menurunkan tekanan darah. Untuk itu, oatmeal baik untuk Anda penderita darah tinggi. Selain itu, Avenanthramides juga mengandung zat anti peradangan dan anti alergi.


3. Oatmeal Memiliki Beta-Glutan

Oatmeal memiliki serat Beta-Glutan, yaitu jenis serat yang mudah larut dalam tubuh. Beta-Glutan mampu menjaga kesehatan jantung dan mencegah Anda dari stroke karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan total kolesterol dalam tubuh. Selain itu, serat ini juga membantu Anda penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula darah.


4. Oatmeal Menurunkan Resiko Asma Pada Anak

Asma merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak diderita oleh anak-anak. Resiko ini dapat Anda kurangi dengan konsumsi oatmeal. Penelitian menyebutkan bahwa memberikan asupan oatmeal kepada bayi sebelum usia 6 bulan menurunkan resiko asma pada anak-anak.


Biar begitu, banyak orang yang masih enggan mengonsumsi oatmeal karena rasanya yang hambar dan tidak begitu enak. Untuk menambah rasa dari oatmeal yang Anda konsumsi, Anda bisa menambahkan buah-buahan seperti strawberi, apel, blueberi, atau pisang. Anda tidak hanya bisa menjadikan oat sebagai bubur oatmeal, tapi juga bisa mengkreasikan untuk menjadi makanan lainnya seperti kue oat, oat bites, dan lainnya. Hadirkan manfaat oatmeal di rumah bagi Anda dan keluarga untuk selalu hidup sehat bersama lemonilo!

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Berbelanja memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, akan lebih menyena..
Oleh OT Handoko
Garam laut (sea salt) merupakan pilihan garam baru yang didapat dari proses alami penguapan air laut atau danau air asin..
Oleh OT Handoko
Kadar kolesterol dalam darah merupakan sesuatu yang perlu Anda perhatikan. Kadar kolesterol yang seimbang akan memastika..