Ojip Ismaputra, Lemonilo Crush Agustus: Jangan Pernah Takut Pada Kegagalan Masa Lalu

02 Aug 2018 @ 17:39:49
Selalu banyak inspirasi untuk memulai dan menjalankan hidup sehat. Itulah yang Lemonilo selalu pegang untuk membuat masyarakat Indonesia untuk lebih sehat dari hari ke hari. Mulai dari organisasi sampai orang tua, semua bisa menjadi sosok inspiratif yang membuat kamu paham dan tahu bagaimana cara mengaplikasikan hidup sehat dan bagaimana rasanya hidup sehat. 

Lemonilo juga mengerti kebutuhan dan panggilan ini bahwa Indonesia masih butuh banyak inspirasi dalam menjalankan hidup sehat. Untuk itulah, kami berkomunikasi dan berhubungan dengan mereka yang sudah berhasil dalam hidupnya dan melaksanakan hidup sehat. Merekalah yang dikenal dengan nama Lemonilo Crush. 

Bulan Agustus merupakan bulan perjuangan dan perubahan hidup karena di bulan inilah 73 tahun yang lalu, Indonesia mengakhiri masa penjajahan dan memulai periode baru sebagai bangsa yang merdeka. Sejalan dengan semanga itu, Lemonilo menjadikan Ojip Ismaputra sebagai Lemonilo Crush bulan Agustus. 

Ojip Ismaputra merupakan host dan presenter di berbagai acara di TV swasta. Diantara Lemonizen semua, pasti ada yang pernah nonton acaranya! Selain itu, Ojip, nama akrabnya, juga aktif di akun Youtube pribadinya dan beberapa kali sibuk dengan kelas public speaking yang ia buat. 

Sakit Buat Ojip 'Kapok' Makan Sembarangan

Banyak hal yang dapat membuat seseorang menjadi jatuh sakit, salah satu faktor yang terbesar adalah asupan makanan yang kurang bergizi. Asupan makanan yang kurang bergizi tak memberikan manfaat banyak kesehatan untuk tubuh, melainkan lebih cenderung memberikan penyakit. Inilah yang dibagikan Ojip kepada tim Lemonilo dan para Lemonizen semua. 

"Dari dulu, aku hidup dengan postur badan yang besar, gemuk, dan hobi banget makan. Aku bisa makan 1 kilo ayam dalam satu hari. Makan mie instan 2 bungkus lengkap dengan telur dan nasi. Aku juga bisa minum susu sampai 6 gelas satu hari. Bisa bayangin kan?" ujar Ojip dengan penuh canda riang pada tim Lemonilo. 

Ojip mengaku bahwa ia kemudian mulai bisa menguruskan berat badan. Pada tahun 2003, ia bisa mendapatkan tubuh yang ideal dengan menurunkan 15-20 kg berat badannya. Sayangnya, penurunan berat badan ini justru membuatnya terdiagnosa sebuah penyakit Familial Hypercholesterolemia, sebuah penyakit dimana terdapat kolesterol dalam darah yang umumnya karena sebab genetik. Alhasil, ia harus mulai menjaga pola makan teratur dan sehat. 

"Pantangannya itu luar biasa banyak. Intinya, kalau aku mau sehat atau survive, aku harus ikuti pantangan itu," ujar Ojip dengan semangat. "Soalnya, setiap aku bandel, aku pasti drop. Akhirnya, aku coba untuk belajar hidup sehat dan pola makan sehat. ternyata, itu worth it! Badanku juga lebih sehat dan fresh."

Pekerjaan Jadi Tantangan Untuk Hidup Sehat?

 Buat banyak orang, pekerjaan terkadang jadi hambatan dan tantangan bagi mereka untuk selalu hidup sehat, tak terkecuali Ojip Ismaputra. Kondisi pekerjaan yang mengharuskan untuk selalu makan dan keluar kota terkadang menjadi hambatan untuk dirinya menjalani hidup sehat. Untungnya, Ojip selalu punya siasat untuk mengatasinya. 

"Intinya, aku punya 3 komponen penting yang wajib untuk masuk ke tubuh aku setiap hari, yaitu air putih, buah-buahan, dan sayur. Itu jadi komponen dasar dan simple yang bisa aku lakukan di sela-sela pekerjaan," kata Ojip dengan riang gembira bercerita. "Aku juga olahraga. Karena kita terbiasa keluar kota dan stay di luar kota, olahragaku biasanya berenang. Aku biasanya berenang pagi hari, tapi kalau tidak sempat karena jadwal pagi, aku berenang setelah syuting. Aku biasa olahraga 3x seminggu, tapi at least, ada satu waktu untuk aku olahraga."

Karena Kebiasaan, Hidup Sehat Jadi Jiwa Dari Seorang Ojip Ismaputra

Karena Kebiasaan, Hidup Sehat Jadi Jiwa Dari Seorang Ojip Ismaputra

Seperti halnya kegiatan yang lain, hidup sehat juga merupakan sebuah kebiasaan yang harus dijalani setiap hari. Itulah yang terjadi pada sosok Ojip Ismaputra yang menjadi kebiasaan hidup. Bahkan, kesehatan itu sudah menjadi investasi bagi dirinya. 

"Kesehatan itu investasi untuk aku. Banyak kegiatan yang bisa terhambat kalau kita tidak sehat. Kita tidak bisa kerja, tidak bisa main, dan tidak bisa liburan, apalagi kalau sudah berkeluarga. Kalau kita sehat, kita bisa hidup lebih happy, bisa cari rejeki, dan bisa terus berbuat baik untuk sesama."

Ojip juga menyebutkan bahwa hidup sehat punya banyak bonus untuk dirinya. "Tubuh jadi lebih fit. Untuk kamu yang bekerja di dunia entertainment, tubuh kamu akan langsing. Selain itu, kita selalu berpikiran positif setiap melakukan hidup dan pekerjaan sehingga audience dan orang lain juga ikut senang."

Kebiasaan Sehat dan Moto Hidup Setiap Hari?

"Aku selalu mulai hari dengan berkumur dengan air hangat untuk membunuh dan membuang bakteri di mulut. Setelah itu, aku mulai dengan air putih hangat atau infused water. Setelah itu, aku mulai sarapan supaya lebih mudah konsentrasi dan semangat untuk kerja. Bisa buah, roti gandum, atau makanan lainnya," ujar Ojip menjelaskan kebiasaan sehatnya setiap hari. 

Ojip Ismaputra selalu menjadi sosok yang mau belajar dari masa lalu. Ia yang pernah sakit di masa lalu selalu terpacu untuk hidup sehat agar tubuhnya selalu aktif dan bersemangat untuk menjalankan aktivitas. 

"Aku punya moto: Get the chance for tomorrow, but remind the past. Artinya, aku selalu berpikir bahwa kegagalan itu bukan hambatan dan akhir, justru menjadi awal kebangkitan kita. Dengan kita gagal, kita akan selalu ingat untuk tidak gagal lagi." 

Artikel Terkait

Banyak Rempah Eksotis Asli Bumi Indonesia Bermanfaat Lho, Tahu Nggak Kamu?
Sejak jaman penjajahan, Indonesia sudah dikenal sebagai negeri penghasil rempah. Tak hanya sebagai bumbu masak, rempah-r..
OT Handoko
07 Desember 2018
Inilah Zodiak yang Paling Gampang Sakit, Adakah Zodiakmu?
Banyak orang yang melihat ramalan zodiak pasti mencari tentang ramalan tentang cinta dan pekerjaan. Ada juga yang mencar..
OT Handoko
30 November 2018
Cari Keperluan Bayi dan Si Kecil, Cari Di Harbolnas Saja, Moms!
Keperluan bayi dan si kecil memang terkadang bikin pusing ya, Moms! Bukan cuma banyak macamnya, harga dari keperluan bay..
OT Handoko
28 November 2018