Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Olahraga Apa yang Disarankan untuk Ibu Hamil? Ini Jawaban Dokter

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
09 Sep 2021
Clock Icon
3 menit

Selama menjalani masa kehamilan, akan banyak hal yang berubah dari tubuh ibu. Mulai dari postur dan koordinasi tubuh, penopang berat yang bergeser dan bertambah bebannya, serta beberapa otot yang mengencang dan beberapa bagian lain yang mengendur. Pun, selama masa kehamilan, ibu akan merasa lebih cepat kehilangan energi.


Sebab itu, olahraga menjadi hal yang penting bagi ibu hamil. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh di masa kehamilan, olahraga rutin juga dapat memperlancar proses persalinan dan berpengaruh baik pada janin. 


Ini Manfaat Rutin Berolahraga Bagi Ibu Hamil

Rutin berolahraga selama masa kehamilan dapat membantu mengurangi gejala-gejala umum yang sering dirasakan ibu hamil seperti nyeri punggung dan pinggang hingga konstipasi (sulit BAB).


Beberapa manfaat lain berolahraga rutin bagi ibu hamil diantaranya: 

  • Meningkatkan ketahanan fisik ibu selama kehamilan. Hal ini membuat ibu tidak mudah lelah.
  • Memperkuat jantung dan paru selama kehamilan dan meningkatkan sirkulasi oksigen di dalam tubuh.
  • Memperlancar sirkulasi darah.
  • Memperlancar metabolisme dan pencernaan.
  • Memperkuat otot-otot punggung.
  • Memperkuat otot panggul.


Jenis Olahraga yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil



Saat berolahraga, penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan jenis olahraga, durasi, serta intensitasnya. Pada umumnya olahraga dilakukan 30 menit setiap hari atau 150 menit per minggu.


Disarankan untuk memilih jenis olahraga atau aktivitas ringan hingga sedang selama masa kehamilan. Hindari melakukan olahraga berat, mengangkat beban berat, atau olahraga dengan risiko jatuh yang tinggi.


Jika Lemomoms belum rutin berolahraga selama masa kehamilan, sebaiknya mulai dengan memilih olahraga intensitas rendah dan durasi singkat. Baru kemudian tingkatkan durasi dan intensitasnya perlahan. Jangan paksakan diri jika Lemomoms merasa belum kuat atau belum bisa mencapai target, ya. 


Beberapa pilihan olahraga yang baik untuk ibu hamil diantaranya adalah:

Berenang

Berenang terbukti merupakan olahraga yang baik untuk ibu hamil karena tekanan air akan mengurangi berat beban yang ada di bagian perut Lemomoms sehingga menjadi lebih leluasa bergerak.


Jalan atau jogging

Jalan merupakan aktivitas ringan yang dapat dilakukan oleh semua ibu hamil apalagi bagi mereka yang memiliki keterbatasan waktu atau akses ke jenis aktivitas fisik lainnya. Jalan atau jogging akan melancarkan peredaran darah dan mempertahankan kerja jantung serta paru tetap maksimal seiring meningkatnya usia kandungan.


Pilates

Pilates akan memperbaiki postur tubuh dan memperkuat bagian punggung ibu hamil. Jenis olahraga ini terbukti dapat mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil.


Latihan Pelvis

Latihan ini akan sangat membantu ibu saat persalinan nanti. Pelvis juga membantu memperkuat otot-otot di sekitar panggul serta akan meningkatkan energi dan kekuatan selama persalinan.


Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan selama kehamilan akan sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi. Selain bermanfaat untuk memaksimalkan kerja paru, menjaga daya tahan selama proses persalinan, juga membuat diri tetap tenang selama persalinan, dan menghemat energi.


Jangan lupa juga tetap mengonsultasikan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui keadaan dan perkembangan janin ya, Moms. Ini penting untuk mengetahui apakah ada kondisi medis tertentu sehingga Moms dapat mengetahui jenis olahraga yang paling tepat bahkan yang ternyata perlu dihindari selama masa kehamilan. 


Tetap semangat berolahraga selama hamil ya, Lemomoms!


Artikel ini ditulis oleh dr. Pritta Diyanti, Tim Dokter Mamanesia untuk menjawab pertanyaan #CurhatSehat di Instagram Lemonilo. Sebagai healthy lifestyle ecosystem, Lemonilo berharap dapat membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses informasi kesehatan dengan lebih mudah salah satunya melalui rubrik #CurhatSehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.