Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Olahraga Apa yang Disarankan untuk Memperbaiki Postur Tubuh Bungkuk?

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
17 Jun 2021
Clock Icon
5 menit
postur tubuh bungkuk

Tahukah Lemonizen, posisi duduk dan berdiri yang salah dapat menyebabkan postur tubuh yang bungkuk, menimbulkan nyeri dan masalah tulang lainnya? 


Postur tubuh yang bungkuk biasanya cenderung membuat kita merasakan nyeri pada leher, punggung, dan kaki. Selain masalah kesehatan tulang, posisi duduk dan berdiri yang buruk juga bisa mengubah penampilan dan menimbulkan masalah kepercayaan diri.

banner consideration shipping bg blue


Nah, sebab itu kamu perlu tahu posisi duduk dan berdiri yang benar. Pun, kamu juga perlu tahu jenis olahraga apa yang bermanfaat untuk mencegah bungkuk dan menjaga kesehatan tulang. Berikut penjelasan lengkapnya.


Begini Cara Memperbaiki Posisi Duduk dan Berdiri yang Benar


Posisi duduk dan berdiri yang benar dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tulang terutama tulang belakang. Dengan memperbaiki posisi-posisi tersebut, Lemonizen terhindar dari kelelahan pada kaki dan punggung, mengurangi risiko nyeri tulang belakang, menghindari terjadinya perubahan struktur tulang (jika dibiarkan terlalu lama), serta mengurangi cedera saat bekerja, olahraga, atau saat melakukan aktivitas lainnya. 


Langkah pertama yang kamu perlu lakukan adalah memperhatikan kebiasaan saat berdiri, duduk, dan berbaring setiap hari. Dengan begitu, kamu dapat mulai mengubah dan melatih posisi yang benar tersebut secara terus-menerus hingga menjadi kebiasaan.




Posisi duduk dan berdiri terbaik adalah dengan menyejajarkan kepala, leher dan pinggang pada garis yang sama (aligned). Ini membuat posisi tulang belakang berada dalam keadaan netral, sehingga beban tulang dan otot pun akan berkurang.


Posisi duduk yang benar adalah dengan duduk tegak bersandar pada kursi, kepala dan leher sejajar tidak menunduk, paha menempel pada kursi, dan lutut membentuk sudut 90 derajat. Usahakan juga agar kaki tidak menggantung.


Posisi berdiri yang benar adalah sikap tegap, berdiri pada kedua kaki dan tidak menumpu hanya pada salah satu kaki. Posisikan leher dan kepala sejajar dengan tulang belakang, lalu kedua bahu terbuka. Usahakan mata melihat ke depan tidak terlalu menunduk atau menengadah.




Jenis Senam yang Dapat Mencegah Bungkuk


Beberapa jenis senam bermanfaat untuk melenturkan dan memperkuat otot. Hal ini membuat struktur tulang terjaga sehingga menghasilkan postur tubuh yang  baik. Berikut beberapa jenis senam yang dapat kamu lakukan untuk mencegah bungkuk bahkan memperbaiki postur tubuh yang mulai bungkuk.

banner consideration promotion bg blue


Stretching/Peregangan

Stretching dilakukan untuk melenturkan otot-otat yang ada. Beberapa contoh gerakan yang dapat dilakukan adalah Child’s Pose (berguna untuk meregangkan otot-otot penyangga tulang belakang), Standing Forward Fold (posisi ini meregangkan otot hamstring, panggul, serta melepaskan ketegangan pada leher dan bahu) dan gerakan Cat-Cow (rangkaian gerakan yang akan membantu melatih kesadaran tulang belakang sehingga tubuh selalu dalam postur yang baik).


Core Muscle untuk Memperkuat Otot Inti

Postur yang buruk juga diakibatkan oleh lemahnya otot inti tubuh karena otot-otot ini berfungsi  menopang berat tubuh kita. Gerakan yang dapat melatih otot inti antara lain dengan high plank. Ini akan melatih tubuh agar sadar posisi tulang belakang serta melatih otot-otot perut.


Gerakan lainnya adalah Downward-Facing Dog yang berguna untuk membuka otot dada depan yang biasanya membungkuk saat mengerjakan banyak pekerjaan di meja kerja. Rangkaian gerakan slide plank, hip up, dan twist, juga bisa dilakukan dalam beberapa set untuk memperkuat  otot-otot inti tubuh.


Semua jenis senam atau olahraga ini dapat kamu lakukan pada pagi hari di bawah sinar matahari, lho. Jadi, selain mendapat manfaat dari olahraga kamu juga terkena paparan sinar matahari yang akan membantu pengaktifan vitamin D sehingga kalsium untuk pembentukan struktur tulang lebih maksimal diserap.


Penting Menggunakan Kursi dan Meja yang Ergonomis


Selain memperbaiki postur tubuh, Lemonizen dapat menggunakan kursi atau tempat duduk yang lebih ergonomis/nyaman untuk menunjang postur tubuh yang baik. Bagi Lemonizen yang lebih sering bekerja dari balik meja (duduk lebih dari 2 jam untuk menyelesaikan pekerjaan), terkadang tidak sadar membungkuk saat kursi, meja, atau letak layar tidak sesuai dengan tubuh. Jika terus dibiarkan, hal ini akan membentuk postur yang salah hingga tidak sadar akan selalu dalam posisi bungkuk.


Dengan mengganti kursi dan memposisikan diri dengan ergonomis, selain membuat tulang belakang pada posisi yang nyaman, Lemonizen juga dapat duduk dengan keadaan yang tegak dan sesuai


Menggunakan Posture Corrector


Posture Corrector adalah alat bantu untuk mempertahankan tulang belakang pada posisi netral dan tegak lurus terhadap bahu dan leher. Namun, bila ingin menggunakan alat bantu ini ada beberapa hal yang harus dipastikan terlebih dahulu yaitu:

  1. Tidak ada kelainan anatomi pada tulang belakang
  2. Memilih alat dengan kualitas baik dan mengikuti prosedur penggunaan dengan benar untuk menghindari trauma yang tidak diinginkan
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Pun, jauh lebih baik lagi jika Lemonizen mengonsultasikan diri ke dokter spesialis ortopedi untuk memastikan Posture Corrector ini tepat guna.


Artikel ini ditulis oleh dr. Rizqii Nurdiinii, Tim Dokter Mamanesia untuk menjawab pertanyaan #CurhatSehat di Instagram Lemonilo. Sebagai healthy lifestyle ecosystem, Lemonilo berharap dapat membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses informasi kesehatan dengan lebih mudah salah satunya melalui rubrik #CurhatSehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.