Olahraga Plank, Inilah 5 Manfaat yang Kamu Dapatkan

02 Jul 2020 @ 14:57:20
Olahraga plank adalah salah satu jenis olahraga yang cukup efektif untuk menguatkan otot dan membentuk perut yang sixpack. Cara melakukan olahraga ini yaitu dengan mengangkat tubuh dan bertumpu kepada kedua tangan. Kedua kaki ikut berjinjit dan membantu menyangga tubuh. Tak hanya membentuk perut yang sixpack, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat lain dari olahraga ini. Berikut informasi selengkapnya. 

1. Membentuk Tubuh Ideal



Memiliki postur tubuh ideal merupakan dambaan banyak orang. Untuk itu, melakukan plank ini juga bisa membantu kamu yang ingin memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang membungkuk salah satunya disebabkan oleh otot inti tubuh yang lemah. Untuk itu, menahan posisi plank dapat membuat otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun. 

Dalam waktu yang bersamaan, melakukan olahraga jenis plank ini juga akan membantu ikut mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat bagian punggung atas dan bahu, leher, dada, dan juga otot perut. Melakukan plank ini juga bisa membuat tubuh tegap tanpa dipaksakan sehingga tidak akan mudah lelah ketika duduk terlalu lama.

2. Meningkatkan Kelenturan Otot



Otot tubuh yang lentur membuat tubuh lebih luwes ketika melakukan aktivitas apapun. Saat melakukan olahraga plank ini, otot kamu akan menjadi lentur, tidak kaku, sehingga tidak mudah merasa lelah. Pasalnya, sekecil apapun kegiatan yang kamu lakukan, jika otot tubuh kaku dan tidak terbiasa digerakkan akan sangat menguras tenaga. Dalam jangka panjang hal ini bisa memperbesar resiko cedera saat beraktivitas, meskipun cukup ringan.

Dengan rutin melaksanakan gerakan plank ini, otot tubuh akan fleksibel sehingga mampu mengkoordinasikan gerakan tubuh yang lebih leluasa serta efisien. Otot tubuh yang lentur juga bekerja sebagai penahan benturan alami untuk sendi, sehingga dalam hal ini membantu tubuh mencegah risiko cedera dan mengurangi sakit ketika mengalami cedera olahraga.

3. Memantapkan Keseimbangan Tubuh



Olahraga plank ini juga melatih kamu menahan satu posisi dalam waktu lama untuk memperkuat otot pada bagian tengah tubuh, punggung atas dan bahu, maupun daerah panggul. Pada akhirnya, otot-otot inti yang kuat akan membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil sehingga keseimbangan tubuh pun terjaga. Alhasil, tubuh tidak mudah goyah atau terjatuh saat berjalan atau terhindar dari cidera saat beraktivitas.

4. Mengencangkan Perut



Kurang lebih 10 persen lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut sendiri merupakan salah satu lemak yang paling berbahaya. Pasalnya, kelebihan lemak pada area perut bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang serius, mulai dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara. 

Untuk menghindari resiko ini semua, gerakan plank bisa menjadi salah satu solusinya. Karena mendapatkan perut yang rata dan kencang merupakan salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, melakukan plank juga bisa mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk membersihkan racun, pengaturan keseimbangan hormonal yang lebih efisien lagi, dan juga penyerapan gizi ke dalam tubuh.

5. Meningkatkan Imun Tubuh



Selain keempat manfaat di atas, melakukan gerakan plank sama halnya dengan olahraga pada umumnya, yaitu membakar kalori dan meningkatkan sistem imun tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh yang terjaga bisa membuat tubuh cukup mampu menjaga diri dari berbagai macam penyakit maupun virus yang bisa menyerang kapan saja. Meskipun begitu, tetap perhatikan waktu dan kesehatan tubuhmu saat melakukan olahraga yang satu ini.

Itulah kelima manfaat olahraga plank yang bisa kamu coba. Untuk menjaga kesehatan tubuh tetap stabil, selain melakukan olahraga kamu juga bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh kamu bisa lebih sehat dan bugar! 


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020