Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Orang Tua Wajib Tahu, Begini Perkembangan Bayi 2 Bulan

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
23 Nov 2021
Clock Icon
6 menit
Perkembangan Bayi 2 Bulan

Bagi para Lemoparents, memantau perkembangan bayi setelah lahir tentu jadi hal yang membahagiakan setiap harinya. Memasuki 2 bulan  setelah lahir ke dunia, si kecil biasanya sudah menunjukkan banyak perkembangan pada dirinya. Nah, perkembangan bayi 2 bulan ternyata melibatkan banyak hal, lho. Berikut ini Lemonilo merangkum beberapa informasi seputar perkembangan bayi dua bulan yang wajib diketahui para orang tua. 


Perkembangan Tubuh


Salah satu hal yang paling terlihat perkembangannya saat bayi memasuki usia 2  bulan adalah penampilan tubuh bayi. Tidak seperti saat baru lahir, di usia ini bayi sudah mengalami peningkatan berat badan maupun tinggi badan. 


Rata-rata bayi sudah mengalami peningkatan berat badan sebesar 1-2 kg, peningkatan lingkar kepala sekitar 4 sentimeter, maupun tinggi badan sebanyak 2-3cm. Namun, angka ini hanyalah angka rata-rata yang dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention. Setiap anak kemungkinan mengalami perkembangan yang berbeda. Biasanya dokter juga turut membantu memantau perkembangan tubuh anak melalui data yang dikumpulkan. Jadi, jangan panik ya saat anak tidak memenuhi angka rata-rata pertumbuhan di atas. 


Perkembangan Komunikasi 


Perkembangan bayi 2 bulan berikutnya adalah cara ia berkomunikasi. Saat bayi berusia 2 bulan, umumnya ia akan sering berkomunikasi dengan cara menangis. Tidak jarang, bayi juga akan mengeluarkan suara lain seperti deguk, bisikan, atau menggerutu. Di usia ini bayi juga sudah bisa mengenali suara maupun wajah orang tuanya. 


Meski belum bisa berbicara, di usia 2  bulan orang tua sudah harus mulai mengajak bayi berbicara. Dengan begitu, si kecil sudah bisa mengenali rangkaian kata-kata. Hal ini dapat menjadi bekal untuknya belajar melafalkan kata pertamanya. 


Perkembangan Otak


Di masa perkembangan bayi 2 bulan, bayi juga mengalami perkembangan otak yang luar biasa. Bayi sudah bisa menggunakan penglihatannya untuk melacak keberadaan orang dan benda di sekitarnya. Ia juga bisa menaruh perhatian tinggi untuk wajah-wajah yang ia lihat. Umumnya, mereka juga akan rewel jika sudah merasa bosan. 


Cobalah untuk menyebutkan nama-nama benda atau nama orang yang disukai oleh si kecil. Ia sudah bisa mengenali suara dan juga sudah bisa memberikan respon kecil. Misalnya dengan tersenyum atau mengeluarkan suara.


Perkembangan Motorik


Perkembangan bayi 2  bulan juga biasanya diiringi dengan perkembangan pada aspek motorik. Bayi sudah bisa menunjukkan gerakan lengan dan kaki yang lebih halus. Ia juga dapat mendorong ke atas saat berada dalam posisi tengkurap dan mengangkat kepalanya. Umumnya bayi juga sudah bisa menenangkan dirinya sendiri dengan menghisap jari tangannya. 


Bagi para orang tua, cobalah untuk melakukan tummy-time dengan cara posisikan si kecil tengkurap dan ajaklah ia berbicara. Ajak juga si kecil untuk menggerakkan kepala, lengan, dan kaki atau berikan mainan yang aman di sekelilingnya. 


Hal yang Harus Diwaspadai


Pada dasarnya setiap anak akan mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda. Namun, dilansir dari United Nations Children's Fund, Lemoparents perlu tetap waspada bila anak mengalami beberapa hal seperti berikut ketika sudah memasuki usia 2 bulan: 


  • Tidak dapat menempelkan mulut saat sedang disusui langsung atau melalui botol. 

  • Mengeluarkan banyak ASI atau susu formula dari sisi mulutnya saat sedang disusui.

  • Tidak tersenyum saat melihat orang-orang.

  • Tidak menunjukkan gerakan menarik tangan ke arah mulut.

  • Tidak memiliki respons saat mendengar suara keras.

  • Pandangannya tidak bisa fokus pada orang dan objek yang bergerak.

  • Tidak dapat mengangkat kepalanya saat tengkurap.

  • Tidak bisa menggunakan tangannya untuk aktif bergerak.


Saat Lemoparents menemukan si kecil mengalami tanda-tanda di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. 


Itu tadi beberapa hal yang terjadi pada masa perkembangan bayi 2  bulan. Di beberapa bulan pertama, kehadiran bayi akan sangat menyenangkan sekaligus menegangkan bagi para orang tua baru. Untuk itu, jangan ragu meminta saran dari dokter agar bisa membantumu, ya. 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.