Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Pahami Target Pasar, Manfaat dan Faktor Pertimbangannya

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Tentukan target pasar sebelum memulai usaha
Dalam menjalankan usaha di berbagai bidang, tentunya akan melibatkan pihak lainnya yaitu konsumen atau pembeli. Kebutuhan setiap konsumen tentu tidak sama, terutama dalam hal penggunaan suatu produk dengan merek tertentu. Maka dari itu kamu memerlukan pemahaman dan pemantauan mengenai target pasar dari produk yang kamu jual.
banner consideration shipping bg blue

Target untuk pasar tertentu sangat penting dalam bidang bisnis/usaha. Dengan mengetahui siapa saja target kamu di pasaran, maka kamu bisa merencanakan pergerakan pasar di masa mendatang. kamu juga bisa menentukan target tersebut dan menjadikannya strategi dalam hal berbisnis. Target konsumen selalu menjadi yang utama bagi para pelaku bisnis, ketika mereka menjalankan suatu usaha.

Apa yang dimaksud dengan target konsumen atau pasar? Jadi, target konsumen dalam bidang bisnis adalah hasil pertimbangan pelaku usaha, dengan memilih suatu kelompok yang menjadi sasaran dalam usaha tersebut. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemungkinan besar dalam membeli produk barang/jasa yang dijual.

Mereka akan mempertimbangkan serta menentukan target konsumen dengan tepat. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada sukses atau tidaknya bisnis yang dijalankan. Penentuan target ini akan bergantung pada segmentasi dan kondisi dari pasar itu sendiri. Lalu, apa saja manfaat dari target konsumen tersebut? Berikut penuturan lengkapnya:

1. Sebagai Gagasan dalam Pemasaran Agar Lebih Jelas



Dengan adanya penentuan target ini maka produk yang dijual akan lebih dikenal oleh masyarakat. Maka masyarakat pun tertarik untuk membeli produk tersebut. Maka gagasan di dalam pemasarannya pun lebih jelas jika ada sasaran konsumen. karena minat dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda dalam menggunakan produk.

2. Menemukan Kesempatan yang Tepat



Suatu usaha juga berkaitan dengan kesempatan. Maka sebaiknya kamu mendirikan serta menjalankan usaha yang sesuai dengan kesempatan. Kesempatan itu dilihat dari respon masyarakat sebagai konsumen yang juga berkaitan dengan target dalam hal penjualan.

3. Mengetahui serta Mengantisipasi Persaingan dalam Bisnis



Kamu juga akan mengetahui persaingan dalam bisnis yang sama jika kamu menentukan dahulu target konsumen, yang sesuai dengan bisnis kamu. Kamu juga bisa melakukan persiapan, misalnya saat ingin berjualan baju lihat dahulu apakah di lingkungan kamu sudah banyak yang juga berjualan baju. Jika ya, sebaiknya pilih produk lainnya.
banner consideration promotion bg blue

Faktor Pertimbangan Saat Menentukan Target Konsumen


Faktor pertimbangan ketika menentukan target konsumen/penjualan bisa dilihat dari faktor berikut:

1. Ukuran Segmen


Kegiatan produksi yang dilakukan dengan besar-besaran bagi suatu perusahaan besar biasanya akan memilih ukuran segmen yang juga besar. Sedangkan perusahaan kecil ukuran segmennya pun akan lebih kecil.

2. Pertumbuhan Segmen


Perhatikan juga bagaimana pertumbuhan segmen yang bentuknya analisis bagaimana bisnis tersebut berkembang, di masa mendatang. Misalnya, apakah hal itu bisa menjadi sebuah peluang yang menjanjikan atau tidak.

3. Menganalisis Sebuah Situasi


Lakukan analisis mengenai situasi pasar. Yaitu dengan memahami kondisi dari sisi distributor, konsumen, supplier dan juga bagian lainnya dalam menggunakan strategi analisis tersebut. Strategi analisis ini bisa berupa kelemahan, kekuatan, peluang atau ancaman.

4. Memerhatikan Sumber Daya


Faktor lainnya yang harus kamu pertimbangkan dalam menentukan target adalah sumber daya yang dimiliki perusahaan. Jika sumber daya ini diperoleh dari segala pihak maka sasaran kelompok yang akan ditentukan, harus dilakukan dengan hati-hati. Untuk meminimalisir kerugian yang mungkin dialami oleh berbagai pihak.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dengan menentukan target pasar dahulu sebelum memulai kegiatan bisnis, maka kamu juga bisa 
meminimalisir segala hal yang berkaitan dengan kerugian dalam berbisnis. Mengingat peran penting dari target pasar ini, maka jangan lupa untuk selalu menentukan target pasar dari usaha yang kamu lakukan ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.